Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )

Manfaat penelitian tindakan kelas -  Penelitian tindakan kelas mempunyai manfaat yang cukup besar, baik bagi guru, pembelajaran maupun bagi sekolah. Berikut ini akan saya sampaikan manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas yang saya kutip dari sebuah buku Penelitian Tindakan Kelas, IGK Wardani.

1. Manfaat Penetitian Tindakan Kelas bagi Guru

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas bagi guru mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :

a. Penelitian Tindakan Kelas bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya. 
Karena bagaimanapun juga sasaran akhir dari sebuah Penelitian Tindakan kelas (PTK ) adalah adanya perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini akan menimbulkan rasa puas bagi guru, karena ia sudah melakukan usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikelolanya. Disamping itu hasil PTK akan di sebarkan kepada teman sejawat, sehingga dapat memacu rekan kerja lainnya untuk mencobakan hasil tersebut dan mencoba melakukan perbaikan pembelajaran di kelasnya.

Disamping itu, guru-guru yang membaca sebuah hasil PTK akan seolah-olah merasakan masalah yang dihadapinya. Jika masalah yang dihadapinya mirip dengan masalah yang diteliti melalui PTK, guru tersebut dapat memanfaatkan temuan PTK untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, meskipun kondisi kelas yang dihadapinya cukup unik. 

Dengan demikian sasaran manfaat PTK semakin meluas. Tidak hanya pada guru yang melakukan PTK tersebut, tetapi juga akan dilaksanakan pada kelas-kelas yang gurunya termotivasi untuk melakukan PTK.


b. Dengan melakukan PTK guru dapat mengembangkan keprofesionalannya di dalam memperbaiki pembelajaran.
Melalui PTK guru mampu berkembang secara profesional. Guru mampu menemukan sendiri masalah yang dihadapi dalam poembelajaran di kelas. Kemudian memperbaiki masalah yang dihadapi dalam pembelajaran tersebut melalui PTK. 

Perkembangan kemampuan guru akan diasah. Mulai dari kempuan pemula, sampai ke ahli. Semua butuh proses yang harus dilalui oleh guru. 

c. PTK membuat guru lebih percaya diri
PTK mampu membuat guru berkembang sabagi insan yang profesional, maka sebagai konsekuensinya PTK juga mampu membuat guru sebagai isan yang lebih percaya diri. Guru yang mampu menganalisis dan mengatasi kelemahannya adalah guru yang percaya diri. Guru mampu membuat PTK apalagi mampu mempublikasikannya. Sungguh merupakan sesuatu yang patut untuk dibanggakan.

d. Melalui PTK, guru berkesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.
PTK tentunya merupakan sebuah penelitian yang berawal dari masalah yang ditemukan sendiri oleh guru di dalam pembelajaran yang dia ampu. kemdian guru menganalisis masalah tersebut dan mencari solusi untuk mengatasinya. Disinilah pengetahuan guru dan keterampilan yang ia miliki diasah dan dikembangkan. Dengan membaca sumber-sumber yang berkaitan dengan masalah yang dialaminya menjadikan pengetahuan guru semakin bertambah.

2. Manfaat PTK Bagi Pembelajaran Siswa

Mengacu kepada karakteristik PTK sebagai penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran dengan sasaran akhir adalah hasil belajar siswa diharapkan akan meningkat.  Sebaliknya jika kesalahan dalam pembelajaran dibiarkan begitu saja maka hasil belajar siswa pun akan tetap sama bahkan cenderung menurun.


3. Manfaat PTK Bagi Sekolah
Sekolah yang para gurunya melakukan PTK tentu akan memetik banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut diantaranya menjadikan sekolah berkembang dengan pesat. Bila kegiatan pembelajaran sudah diperbaiki pastilah akan meningkatkan hasil belajar siswa. Bila hasil belajar sudah meningkat, maka prestasi sekolah pun demikian. 

0 Response to "Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel