10 CARA BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK ANAK


10 Cara belajar yang efektif untuk anak – Tiada hari tanpa belajar. Itulah moto yang harus ditanamkan kepada anak. Tugas seorang anak yang masih duduk dibangku sekolah adalah belajar. Belajar dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Belajar tanpa cara yang benar tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Efektifitas kegiatan belajar akan lebih baik dari pada frekusensinya.

Anak Anda belajar setiap hari di rumah tetapi sambil nonton televisi. Saya bisa pastikan anak tidak akan mampu belajar dengan efektif. Konsentrasi anak akan teruntuk, dan mereka paling akan lebih fokus pada acara televisi dibandingkan dengan apa yang dipelajari. Belajar yang efektif akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Nah, bagaimana menciptakan belajar yang efektif? Itulah yang akan kami sajikan sekarang ini, silahkan dibaca dengan seksama dan semoga bermanfaat.
Ada 10 cara belajar yang efektif untuk anak menurut versi RIYANPEDIA.com yang akan kami ulas. 10 cara tersebut adalah :

1. Tentukan waktu yang tepat

Seperti kata pepatah makanlah ketika Anda benar-benar lapar. Jadi waktu makan yang baik ketika kita sedang lapar. Kalau tidak lapar yang makanan akan terbuang percuma. Efektifnya belajar akan tercapai bila waktu ketika belajar itu tepat. Di sekolah mungkin jam belajar sudah diatur dengan baik oleh sekolah melalui jadwal pelejaran. Selanjutnya di rumah adalah tanggung jawab orang tua untuk mengatur waktu belajar anak.

Untuk anak usia SD lebih baik dibelajarkan sejak dini belajar setiap hari. Kata belajar setiap hari jangan sampai memporsir diri berjam-jam. Mungkin sehari cukuk 2 jam saja dengan pembagian waktu, sepulang sekolah, setelah makan malam. Dengan waktu belajar yang rutin seperti ini anak tidak akan terbiasa menggunakan belajar kebut semalam atau belajar ketika ulangan. Sungguh tidak baik apabila anak terbiasa dengan belajar sistem kebut semalam.

2. Gunakan tempat yang paling disukai atau tempat favorit

Belajar akan lebih efektif apabila dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Agar suasana menyenangkan maka lebih dilakukan ditempat  yang paling disukai. Belajar di rumah bisa dengan memilih salah satu sudut rumah untuk tempat belajar, mungkin di serambi rumah, teras rumah, gasebo, di taman, belakang rumah, dibawah pohon, atau kamar tidur. Itu semua  tergantung anda sendiri. Yang jelas tempatnya memberikan kenyamanan untuk belajar.

3. Belajar untuk memahami

Sering kali anak belajar mengahapal materi pelajaran. Menghapal materi pelajaran hanya akan memberikan ingatan jangka pendek. Namun, bukan berarti menghapal itu jelek. Banyak materi pelajaran juga memang harus dihapalkan anak.

4. Mengaktifkan belajar kelompok.

Agar anak Anda lebih semangat lagi belajarnya cobalah sekali waktu memberikan mereka kesempatan untuk belajar kelompok. Orang tua hendaknya bisa memfasilitasi anak. Mungkin dengan menyediakan makanan favorit mereka.

5. Membuat catatan penting

Agar belajar tambah efektif cobalah untuk membuat cacatan terhadap materi yang dianggap penting. Tujuan mencatat tidak selamanya jelek. Otak kita memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengingat. Nah, dengan  mencatat beberapa materi penting akan memudahkan anak untuk mengingat materi.

6. Mengulang mempelajari
Nah agar hasil belajar semakin baik cobalah untuk selalu mengulang mempelajari materi yang sudah diberikan. Cara ini memang sangat sederhana namun kadang anak enggan melaksanakannya.

7. Menandai point-point penting pada buku pelajaran.

Cobalah membantu anak untuk menandai mana point penting dari materi yang pembelajaran. Dengan menandai seperti itu maka akan lebih mudah untuk memahaminya.

8. Belajar sambil mendengar musik

Untuk cara belajar yang satu ini mungkin tidak semua anak menyukainya. Tapi cara ini akan menumbuhkan motivasi yang tinggi. Mendengarkan musik sambil belajar mungkin bisa Anda coba.

9. Berikan hadiah

Agar belajar anak semakin efektif cobalah memberikan hadiah saat mereka mampu menunjukkab hasil yang baik. Hadiah yang diberikan tidak harus mahal. Mungkin saat mereka belajar Anda menyiapkan makanan favorit mereka. Dengan cara ini maka anak akan lebih bersemangat belajar dan mencapai hasil yang efektif.

10. Tetap fokus

Agar hasil belajar semakin efektif maka anak harus belajar untuk fokus. Fokus adalah berkonsentrasi dengan sepenuhnya pada kegiatan belajar. Mengatur waktu kapan bermain dan kapan untuk belajar. Semua dilakukan dengan proporsi yang seimbang.

Demikian ulasan singkat darj kami tentang 10 cara belajar yang efektif untuk anak.

Semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Wasalam...


0 Response to "10 CARA BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK ANAK"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel