Langsung ke konten utama

6 Cara Ampuh Membuat Anak Gemar Membaca

RIYANPEDIA.com - 6 cara ampuh membuat anak gemar membaca. Tidak semua anak gemar membaca. Mengapa demikian? Mungkin karena bagi mereka membaca itu hanyalah kegiatan yang bersifat kaku dan tidak mengasikan seperti kala mereka bermain, menggambar, atau berolahraga. Jadi, banyak anak yang tidak menyukai aktivitas membaca.

Membaca sangatlah bermanfaat terutama bagi anak-anak. Dengan gemar membaca maka anak akan memperoleh banyak informasi yang bisa ditemukan dalam buku. Membaca juga akan membawa imajinasi anak lebih tinggi. Gemar membaca juga akan memberikan kesempatan kepada anak untuk menjadi orang sukses nantinya.
Butuh kiat dan trik dari orang tua agar anak gemar membaca. Kunci sukses membuat anak gemar membaca adalah menciptakan kegiatan membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anda tentu sepakat bila anak pasti akan lebih tertarik pada kegiatan yang menyenangkan. Rangkaikan sebuah kegiatan membaca yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Bila ini sudah Anda lakukan maka tinggal menunggu bagaimana hasil yang bisa diperoleh dari tindakan yang sudah Anda lakukan. Jangan sekali Anda meremehkan atau menyepelekan kiat untuk menciptakan situasi membaca yang menyenangkan bagi anak. Bila Anda tidak fokus pada kegiatan tersebut maka dipastikan hasilnya akan sangat jauh dari harapan. Anak-anak akan memilih kegiatan yang lebih menyenangkan dari membaca, bila anda selalu hanya menyuruh anak untuk membaca tanpa memberikan contoh atau pendampingan kepada anak Anda.

Berikut ini tips dan cara berikut ini bisa anda gunakan untuk membuat anak Anda gemar dalam membaca.

6 Cara Ampuh Membuat Anak Gemar Membaca

  • Siapkan bahan bacaan yang pendek
Saya yakin diawal-awal anda duduk di bangku sekolah dasar pastilah belum begitu tertarik dengan bahan bacaan. Ketika disajikan buku atau disuruh ke perpustakaan, Anda mungkin tidak membaca buku melainkan hanya melihat-lihat gambar pada buku. Kalaupun membaca itu hanyalah pada buku yang tipis dan lebih banyak gambar daripada bahan bacaan. Nah, bila Anda menginginkan anak Anda gemar membaca, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat mereka agar tertarik dengan buku. Cara ampuh agar mereka menyukai buku adalah dengan memberikan bahan bacaan buku yang memiliki cerita pendek. Jangan anda memberikan bahan bacaan yang tebal. Berusahalah terlebih dahulu dengan buku yang memiliki konten gambar lebih banyak. Dari sana harus membina terus kemampuan anak, agar mereka tertarik dengan buku sehingga tumuh semangat gemar membacanya. Ingat anak pun sama dengan masa kecil kita dahulu. Apakah Anda sudah menyukai bahan bacaan yang berat pada waktu anda masih muda? Nah, anak pun demikian, mereka akan lebih memilih bahan bacaan yang ringan  dan menarik

  • Ikut serta dalam kegiatan membaca anak
Cara berikutnya adalah Anda mesti ikut serta dalam membaca. Jangan sampai anak diminta untuk membaca tetapi Anda sendiri malah asik menonton. Ikutlah bersama anak saat mereka membaca. Anda harus bisa menjadi contoh bagi anak-anak. Ambil bahan bacaan yang bersifat umum. Dengan Anda ikut serta ketika anak membaca maka anak Anda akan merasa nyaman karena didampingi oleh orang tua. 
  • Pelan-pelan
Semua perubahan yang terjadi butuh proses. Demikian halnya dengan membaca. Jangan sampai Anda memaksakan diri agar anak gemar membaca. Mulailah dengan materi ringan yang anak sukai. Mungkin dengan komik atau buku cerita, sebelum anda memberikan materi pelajaran yang agak berat.
  • Jangan memaksa
Kegiatan apapun bila dilakukan dengan paksaan tidak akan membuahkan hasil yang baik. Sama halnya dalam membuat anak gemar membaca. Cobalah anda melakukannya dengan sabar. Jangan sekali memaksa anak agar membaca. Yang terpenting adalah melakukan kegiatan membaca secara rutin dan berkelanjutan. Bila ini sudah Anda pegang teguh, maka anak akan dengan sendirinya tumbuh keinginan untuk membaca. 
  • Berikan penghargaan
Cara membuat anak gemar membaca memang memerlukan sebuah proses. Manakala anak sudah mampu melaksanakan kegiatan tersebut, maka Anda sebaiknya menghargai usaha mereka. Berikan penghargaan yang layak bagi anak. Dengan memberikan anak sebuah benda yang disukainya atau hanya sekedar ucapan hebat bahwa ia telah mampu menyelesaikan membaca sebuah buku. 
  • Berikan kesempatan anak untuk menceritakan apa yang dibaca
Bagi orang tua sangatlah diajurkan untuk bisa mendengarkan dan memberikan anak kesempatan untuk menceritakan apa yang telah mereka baca. Bahkan Anda harus berupaya untuk memberikan reword atas pencapaian yang sudah anak lakukan. Dengan adanya penghargaan, maka anak akan merasa lebih dihargai atas usaha yang telah mereka lakukan

Demikian tips singkat tentang 6 cara ampuh membuat anak gemar membaca. Membaca sangatlah bermanfaat bagi perkembangan pengetahuan buah hati Anda. Membaca merupakan sebuah keterampilan yang harus dibiasakan dan dilatih. Bila sudah demikian maka, anak akan menjadi anak yang cerdas dan kebanggaan Anda. (gnr)


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

  1. Balasan
    1. Trimakasih mas Abdul Hamid sudah mau mampir.

      Hapus
  2. Bermanfaat sekali mas, Seharusnya sedari dini memang anak-anak perlu di tanamkan mindset yang gemar membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mas Nino atas masukannya. Apalgi bagi seorang blogger. Membaca itu adalah modal, Betul kan mas?

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih Kang Rifqi atas kunjungannya.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !