Apa Itu Program Guru Pembelajar?

Apa itu program guru pembelajar? - Program guru pembelajar merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal ini, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Program guru pembelajar pada dasarnya tercetus dari hasil Uji Kompetensi Guru ( UKG ) tahun 2015. Pada waktu UKG tersebut nilai minimal yang diharapkan bisa dicapai para guru adalah 55. Hasil akhir yang diperoleh secara keseluruhan memang sudah mampu melampaui batas minimal tersebut.

Meskipun dengan hasil yang sudah mampu lebih dari apa yang diharapkan, namun Kementerian melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (DitjenGTK) tetap akan berusaha meningkatkan hasil UKG tersebut dimana pada tahun 2016 ini ditargetkan nilai minimal hasil UKG adalah 65.

Untuk itulah pemerintah membuat sebuah Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar. Dalam pelaksanaan program ini nantinya melibatkan berbagai kalangan mulai dari pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga kemasyarakatan hingga orang tua siswa. Partisipasi ini pun nantinya bisa dengan berbagai cara salah satunya mendukung terselenggaranya program tersebut.
Pelaksanan Program Guru Pembelajar ini nantinya akan dilaksanakan melakui tiga cara. Yaitu: pelaksanaan melalui metode daring /online, melalui moda tatap muka dan kombinasi ( moda daring dan tatap muka)

Guru merupakan agen pembelajar sejati

Ilmu pengetahuan selalu berkembang terus. Tidak ada istilah tidak memperbaharui pengetahuan yang kita miliki. Apalagi bagi seoranh guru yang mana salah satu tugasnya adalah membelajarkan siswanya. Bagaimana mungkin guru akan bisa membelajarkan siswanya dengan baik bila guru tidak membelajarkan dirinya setiap waktu.
Program guru pembelajar yang dicanangkan pemerintah akan membentuk guru sebagai seorang pembelajar yang sejati.

Dengan melaksanakan kegiatan belajar setiap waktu dan dijadikan sebagai sebuah kebutuhan maka tentu akan menjadikan kemampuan guru yang lebih mumpuni.
Guru sebagai agen pembelajar menumbuhkan jiwa pembelajar bagi guru itu sendiri. Tidak hanya menuntut siswa untuk belajar tetapi guru pun mesti melaksanakan tugas belajar sebagai sebuah kebutuhan.

Dengan menjadi guru pembelajar maka akan meningkatkan kompetensi guru di dalam melaksanakan tugas hariannya. Semoga dengan menjadi guru pembelajar maka kualitas guru dan pendidikan di Indonesia semakin maju.

Salam Pendidikan

0 Response to "Apa Itu Program Guru Pembelajar?"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel