Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh blogger pemula- Dunia blog memang tidak habis untuk dibicarakan. Terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia internet dan mulai membangun sebuah web site atau blog pastinya selalu memburu beberapa informasi yang berkaitan dengan bidang mereka yaitu menjadi seorang blogger.
 
Menjadi seorang blogger adalah jalan untuk menjadikan diri kita sebagai seorang penulis. Harus dipahami bahwa blogger merupakan aktivitas yang lebih banyak dalam kegiatan tulis menulis. 
Beberapa dari teman-teman kita yang mulai terjun ke dunia bloging (aktivitas ngbeblog) kurang memperhatikan bagaimana menjadi blogger yang sukses. Aktibitas blogger bukanlah kegiatan tanpa hasil. Banyak hal yang bisa diperoleh dari aktivits ngeblog, seperti :

1. Mampu mengasah kemampuan menulis yang kita miliki. 
Dengan menjadikan diri kita sebagai blogger maka akan melatih kita untuk menjadi penulis. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Kegiatan nge'blog tidak lepas dari yang namanya tulis menulis. Meskipun tulisan yang anda buat hanya  kalimat saja itu sudah sangat berarti bagi blog yang Anda kelola.

2. Menambah wawasan dan pengetahuan Anda
Sangat jelas sekali. Bila Anda ingin menulis maka anda harus banyak membaca. Tanpa membaca pastilah Anda tidak akan memiliki perbendaharaan kata yang cukup. Karena membaca dan suka menulislah seorang blogger di dalam perjalannannya mengelola sebuah blog akan semakin bertambah pengetahuannya.

3. Mengetahui informasi terupdate dan lahi trend
Ibaratnya blog adalah sebuah portal informasi maka anda juga harus mengetahui informasi terkini sehingga Anda bisa menulis dengan info atau hal yang baru dan unik dari yang lainnya.

4. Menghasilkan royalti.
Bila blog atau situs Anda semakin beken di dunia maya. Maka akan muncul peluang bagi para pengiklan untuk memasang iklan mereka di situs Anda. Hal hasil Anda akan mendapatkan keuntungan dari kondisi tersebut.

Beberapa keuntungan yang diperoleh dari menjadi seorang blogger tersebut tentunya menggiurkan beberapa orang. Sehingga berbagai motiv muncul saat meraka membuat sebuah blog. Hal yang paling umum adalah keinginan untuk mendapatkan pundi-pundi dolar dari sebuah penayangan iklan.

Berbisnis di internet bukanlah bisnis instan. Dimana Anda akan mendaptkan keuntungan dalam sekejap mata. Banyak diantara para blogger yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa menjadi seorang blogger yang berhasil.

Munculnya banyak blogger pemula adalah sebuah kabar baik bagi perkembangan intenet di Indonesia, demikian pula perkembangan teknologi informasi. 

Hal ini saya lihat pada sebuh group diskusi Indonesian Adsense Publisher Discusion yang di bangun oleh mbak Indri Lindiawati seorang blogger sukses pemilik juragancipir.com

Dalam group tersebut banyak sekali perbincangan tentang bagaimana menjadi seorang publisher yang sukses. Bahkan yang paling rame di forum tersebut adalah pertanyaan seputar andsense atau iklan.
Menjadi seorang blogger sukses menurut saya adalah manakala blog semakin rame pengunjunggnya. Dari sanalah maka akan datang keuntungan selanjutnya.
 
Karena keuntungan inilah maka banyak blogger pemula yang ingin mengharapkan kesuksesan yang cepat. Salah satunya yaitu blog bisa diterima oleh layanan iklan dari google.

Agar blog bisa lolos menjadi publihser google maka yang perlu diperhatikan adalah konsistensi dan kesabaran. Cobalah untuk sabar dan tetap fokus. 

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda blogger pemula diantaranya :

1. Bulatkan Niat
Penting diperhatikan sebagai seorang blogger pemula maka Anda harus fokuskan pikiran dan niat Anda untuk mengembang blog. Jangan punya pemikiran bahwa dalam semalam blog anda sudah akan terkenal bila hanya bermodal sebuah domain gratisan. Kecuali Anda memiliki modal dan mengiklankan blog Anda agar cepat ngetop. 
Jadi yang paling penting adalah bersabar dan tetap fokus. 

2. Pilih templete blog yang akan Anda terapkan.
Setelah Anda memutuskan untk mengelola sebuah blog maka pilihlah templete yang akan Anda terapkan. Usakan mencari templete yang sederhana dulu. Anda bisa menggunakan templete bawaan dari blogspot. Dengan menggunakan templete sederhana maka akan lebih baik dimata google. Banyak para sesepuh di antara komunitas blogger yang menyarankan kondisi demikian. Saya pun melaksanakan hal tersebut.

3. Tentukan kemana arah dan tujuan blog yang akan Anda kembangkan
Menentukan arah dan tujuan dari blog yang saya maksudkan disini adalah Anda harus lebih fokus tentang materi apa yang ingin disajikan dalam blog. Apakah hal-hal yang berbau dunia kesehatan, atau hal tentang pendidikan , bisa juga perjalanan hidup Anda, masih banyak arah atau pilihan topik yang akan Anda sajikan dalam blog. 

Kalau saya disini fokus saja dengan topik pendidikan dan blogging. Kedua topik ini saya pilih karena saya mencintai dunia pendidikan dan misteri dalam dunia blogger.  Nah, semua hal tersebut tergantung pada diri Anda sendiri, mau dibawa kemana blog yang sudah Anda dirikan tersebut.

4. Menulis dan menulis
Sebagai seorang blogger pemula jangan dulu berpikir tentang SEO atau apalah yang lainnya. Menurut saya cobalah mengisi blog dengan konten-konten yang menarik, serta tulislah apa yang ada di benak Anda. Jangan berpikir tidak begini dan begitu. Anda harus memiliki kepercayaan bahwa suatu saat nanti tulisan Anda pasti akan ada yang akan membaca. Sama seperti saya yang sangat yakin bahwa akan ada pengunjung yang akan mampir, seperti Anda sekarang ini yang dengan sabar membaca artikel ini. Saya sangat berterimakasih sekali atas apresiasi yang Anda berikan terhadap blog ini.

5. Sering membaca artikel di blog besar dan ternama
Inilah yang sering saya lakukan sebagai blog pemula. Berkunjung dan membaca semua artikel yang berbau internet marketing. Banyak situs terpercaya yang sangat telaten dalam memberikan beberapa informasi dalam hal solusi sebagai blogger pemula. Banyak blog sukses seperti, sugeng.id, juragancipir.com, dedyakas.com, mustteguh.com, dan banyak lagi yang lainnya. Saya sering mampir di blog-blog group IAPD, terutama bagi blog teman yang belum dimonetes menjadi publisher adsense, salah satunya blog mas Nino Artikel.  Mohon maaf mas kalau saya sebut disini. hehehe....

6. Sering nangkring di group sosial media
Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan sebagai blog pemula adalah sering nimbrung di group sosial media. Terutama di group yang membahas internet marketing. Dengan seringnya Anda ikut ambil bagian dalam diskusi disana, tidak menutup kemungkinan Anda akan dikenal oleh para anggita group yang lainnya. Apalagi Anda juga ikut berbagi tips yang pernah Anda gunakan. Maka bisa dipastikan akan ada beberapa anggota group yang akan singgah di blog Anda. Bila sudah demikian maka visitor pun akan bertambah.

7. Rajin berdoa dan berusaha
Hal ini penting dilakukan oleh semua orang, tidak terkecuali seperti Anda yang berkecimpung di dunia internet marketing. Apapun yang kita lakukan di dunia ini, semua rejekinya diatur oleh Tuhan. berdoa adalah salah satu jalan menyerahkan diri kepada-Nya atas semua hasil dari kerja keras kita. Dengan berdoa maka akan memberikan ketenangan bagi Anda. Pikiran yang tenang akan mampu menghasilkan ide-ide yang segar yang bisa Anda tuangkan ke dalam artikel untuk mengisi konten blog Anda. 

Untuk hasil yang sukses tidak bisa hanya dengan doa saja, tanpa dibarengi dengan berusaha. Berusahalah dengan sekuat tenaga dengan tanpa meninggalkan doa. Doa dan usaha adalah dua senjata handal bagi kita yang memerlukan motivasi yang tinggi dalam meraih prestasi.

Demikian, tips singkat dari saya semoga bermanfaat dan selalu berkunjung ke blog RIYANPEDIA.com 

Wasalam !!!!

0 Response to "Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel