Berbagai Pendekatan dalam Pembelajaran IPA


Berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPA - saya yakin Anda telah menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran yang ada lakukan. Apabila hasil proses pembelajaran yang anda inginkan mencapai hasil yang maksimal maka Anda perlu menggunakan pendekatan dalam belajar-mengajar. Pendekatan pada hakikatnya sebagai usaha untuk mengembangkan keaktifan pembelajaran.
Pendekatan dalam pembelajaran merupakan proses mengalanmi untuk memperoleh hasil yang lebih baik.  Dalam mengajarkan IPA dapat digunakan berbagai pendekatan.
Adapun berbagai pendekatan yang bisa Anda gunakan dalam pembelajaran IPA adalah :

1. Pendekatan Lingkungan
Untuk membuktikan bahwa tumbuhan bereaksi terhadap rangsangan, mungkin Anda perlu membawa siswa ke lapangan rumput yang ditumbuhi putri malu. Atau saat Anda akan mengajarkan bagaimana penyerbukan bunga oleh kumbang  atau terjadinya pemcemaran sungai. Banyak pelajaran yang menyangkut hewan, tumbuhan, dan ilmu alam yang dapat Anda manfaatkan dari lingkungan alam.

2. Pendekatan Konsep
Ketika Anda mengajarkan IPA atau pembelajaran tematik yang berkaitan dengan konsep IPA maka guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetahui konsep dalam IPA.
Untuk siswa SD sebaiknya Anda tampilkan konsep nyata yang dapat Anda tunjukkan bendanya. Dengan anda memnerikan contoh nyata dalam pembelajaran maka siswa akan lebih mudah memahaminya.
Beberapa konsep nyata misalnya: kapur, kursi, almari, papan, pensil. Jadi untuk siswa SD konsep nyata lebih baik.

3. Pendekatan Nilai
Pendekatan nilai wujudnya yang nyata adalah keyakinan Anda sebagai guru mengenai hidup, keadilan, kebenaran, pengorbanan, dan sebagainya. Siswa adalah individu yang mempunyai nilai-nilai yang berbeda satu dengan lainnya. Anda sebagai guru hendaknya dalam menggunakan pendekatan nilai, misalnya dalam memberikan pelajaran ilmu kesehatan dan gizi dalam menjelaskan perlu menyesuaikan diri dengan masyarakat darimana siswa berasal.
Dalam menggunakan pendekatan nilai dalam pembelajaran harus sesuai dengan nilai yang dianut di sekolah tempat Anda mengajar.

4. Pendekatan Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah adalah suatu proses dimana siswa mememukam alternatif dalam suatu penyelesaian masalah.
Menurut Jhon Dewey langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pendekatan pemecahan masalah adalah ;
- adanya masalah yang dipecahkan siswa
- siswa merumuskan masalah
- siswa membuktikan hipotesa
-siswa mengamhil kesimpulan
Pendekatan pemecahan masalah akan melatih siswa untuk selalu berpikir kritis.
Banyak masalah dalam IPA yang bisa dijadikan tantangan untuk siswa dalam memcahkannya. Seperti kenapa bisa terjadi gerhana matahari atau bulan, mengapa kelelawar terbang dalam keadaan gelap.
Cara yang terbaik bagi Anda dalam membimbing siswa untuk memecahkan masalah adalah langkah demi langkah.
Dalam pendekatan pemecahan masalah,siswa harus mengembangkan kebiasaan untuk menemukan keputusan, mempertimbangkan bukti yang ada dan menarik kesimpulan sementara.

5. Pendekatan Penemuan
Dalam pendekatan penemuan ini siswa dibiarkan menemukan sendiri  atau mengalami proses mental sendiri.
Dalam pembelajaran IPA pendekatan penemuan ini banyak digunakan. Pendekatan penemuan ini, siswa menemukan sendiri suatu konsep. Tentunya sudah dipersiapkan sebelumnya oleh guru.

6. Pendekatan Ikuiri
Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri adalah suatu pendekatan yang menggunakan cara bagaimana atau ajalan apa yang dilakukan oleh siswa untuk sampai pada penemuan itu sendiri. Dalam pendekatan inkuiri siswa merumuskan hipotesa dan menguji sendiri hipotesis tersehut.


















0 Response to "Berbagai Pendekatan dalam Pembelajaran IPA"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel