Cara Mengajari Anak Membaca dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan- Mengajari anak agar terampil membaca memang bukanlah perkara mudah. Perlu kegiatan yang menyenangkan agar anak tidak bosan dengan pembelajaran tersebut. Banyak para orang tua yang sudah menitipkan anak mereka di tempat lembaga bimbingan membaca swasta dengan maksud agar anak diberikan latihan membaca di luar jam sekolah. Cara ini sudah cukup lumrah dilakukan oleh para orang tua. Mengingat pekerjaan para orang tua yang begitu sibuk, dengan menitipkan sang anak di tempat bimbingan membaca berharap akan meningkatkan kemampuan membaca pada anak.

Tidak semua orang tua memiliki biaya yang cukup untuk menyekolahkan anak pada lembaga bimbingan belajar membaca swasta. Biaya pembelajaran disanapun tidak murah. Memang siswa diberikan cara-cara membaca yang mudah dilakukan olah anak.  Kembali kepada biaya tadi, bila tidak mencukupi, semua itu bisa disiasati dengan melakukan kolaborasi antara guru dan orang tua di rumah.

Membaca adalah sebuah keterampilan untuk memahami simbul-simbul tertulis dan menyuarakannya sehingga memiliki makna yang bisa dimengerti oleh orang lain. Mengajar/mengajari merupakan sebuah kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh guru, orang tua dan orang dewasa lainnya dengan tujuan agar terjadi sebuah perubahan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan tentunya memberikan pengalaman dimana memposisikan anak tidak pada situasi yang tertekan. Kegiatan menyenangkan juga akan menumbuhkan semangat anak untuk melakukan dengan baik. Dan lebih penting lagi tingkat kesukaan anak pada cara belajar yang menyenangkan akan lebih lama. 

Bila anak mengalami kesulitan membaca semua itu bisa dilakukan dengan berkolaborasi antara guru dan orang tua. Bagaimana cara tersebut berikut ini akan saya sampaikan. 

Cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan sangatlah penting. Memang semua itu butuh waktu yang tidak instan. Semua butuh proses dan kedisiplinan antara anak, guru dan orang tua di dalam belajar dan mengajari anak keterampilan membaca secara mudah dan menyenangkan. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan oleh guru dan orang tua untuk menciptakan pembelajaran membaca yang menyenangkan bagi anak :

1. Kegiatan yang dilakukan guru di sekolah
Mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan di sekolah pastilah sudah dilakukan oleh semua guru. Namun, mungkin saja tidak bisa berhasil hingga 100 persen. Semua itu memang bisa saja terjadi, sebab banyak anak yang diajari guru tiap sekolah dan tiap kelas tidaklah sama. Semakin banyak anak di tiap kelas maka semakin ekstra tugas yang diemban guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Menyadari hal itu, bukan berarti guru menyerah dan tidak berusaha menciptakan suasana belajar yang mudah dan menyenangkan anak. Dalam kaitannya dengan kegiatan membaca, guru bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut :

a) Gunakan media gambar
Sebelum mengajari anak membaca huruf sebaiknya guru kelas masih menggunakan media gambar. Metode ini hampir sama seperti apa yang dilakukan oleh guru PAUD pada pusat Pendidikan Anak Usia Dini. Membaca gambar merupakan permulaan anak untuk gemar membaca. Gambar yang anda gunakan bisa berhubungan dengan kegiatan harian anak. Cara ini akan membuat anak menyenangi kegiatan yang anda berikan, sehingga mereka akan mudah memahami pembelajaran yang anda berikan. 
Bagaimana proses kegiatan pembelajarannya, berikut ini akan saya sampaikan :

  • Guru mengawali kegiatan dengan mengajak anak bernyanyi, misalnya menyanyikan lagu " Dua Mata Saya "
  • Dari lagu itu guru kemudian menunjukkan gambar organ-organ tubuh manusia. Saran saya ambil contoh gambar organ tubuh yang sudah diketahui anak, kalaupun ingin memperkealkan organ tubuh lain, bisa menggunakan contoh gambar organ tubuh luar. 
  • Berikan kesempatan kepada anak untuk mengambil sebuah gambar organ yang mereka ketahui. 
  • Bila sudah, maka mulailah dengan meminta anak meperlihatkan gambar tersebut dan selanjutnya menyampaikan apa nama gambar yang anak ambil
  • Anak meletakkan gambar yang sudah diambil di papan tulis. Kemudian guru menempelkan kata sesuai gambar.
  • Anak diminta untuk membaca kembali kata yang ditunjukkan guru sambil melihat gambar. 
  • Anak membaca kata dimana sudah disertai gambar pada sesuai dengan kata tersebut.
  • Anak dilatih terus menerus dengan menggunakan media gambar lainnya namun masih tetap dengan metode yang sama.
  • Setelah beberapa pertemuan, guru menghilangkan beberapa huruf pada kata tersebut, kemudian anak melengkapinya kembali.
  • Kemudian selanjutnya sampai gambar tersebut dihilangkan dan tinggal kata saja kemudia anak belajar membacanya.
Dengan menggunakan cara mengajar membaca demikian maka akan meningkatkan motivasi anak.


0 Response to "Cara Mengajari Anak Membaca dengan Mudah dan Menyenangkan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel