Jenis-jenis Kebutuhan Anak Usia SD

riyanpedia.com- Jenis-jenis kebutuhan anak usia SD. Anak usia sekolah dasar merupakan anak dengan masa yang sangat unik. Perkembangan anak berjalan dengan sangat alot. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya. Anak dari masih bayi hingga menjadi dewasa sudah memerlukan kebutuhan fisik dan psikis. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut terjadi perubahan kebutuhan dan perkembangan seorang anak menuju dewasa. Kebutuhan yang paling banyak akan dibutuhkan adalah kebutuhan sosial psikologisnya daripada kebutuhan fisiknya sejalan dengan usianya.

Pada dasarnya kebutuhan individu dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu kebutuhan fisiologis dan psikologis (Cole dan Brunce, 1959)

Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan primer seperti makan, minum, tidur, atau perlindungan diri. Sedangkan kebutuhan psikologis yang disebut kebutuhan sekunder dapat mencakup kebutuhan untuk mengembangkan kepribadian pada seseorang. Misalnya, kebutuhan untuk dicintai, kebutuhan utuk mengaktualisasikan diri, kebutuhan untuk memiliki sesuatu, di mana kebutuhan psikologis tersebut bersifat lebih rumit dan sulit untuk didentifikasi.

Sementara itu Maslow (1994; dalam Mulyanni Sumantri, Perkembangan Peserta Didik ) membagi berbagai aspek kebutuhan secara berjenjang menjadi tujuh aspek, dimana aspek pertama merupakan aspek paling mendasa. yaitu :

  1. Kebutuhan fisiologis, seperti : rasa lapar, rasa haus dan sebagainya.
  2. Kebutuhan akan rasa aman seperti : merasa aman dan terlindungi, jauh dari bahaya.
  3. Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki, seperti : berafeliasi dengan orang lain, diterima dan menerima.
  4. Kebutuhan akan penghargaan, seperti : berprestasi berkompetisi, dan mendapat dukungan serta pengakuan.
  5. Kebutuhan estetika, seperti : Keserasian, keteraturan, dan keindahan
  6. Kebutuhan aktualisasi diri, seperti : mendapat kepuasan diri dan menyadari postensi.
Sementara itu Lindgren dalam Mulyanni Sumantri, 2007 mengklasifikasikan kebutuhan dasar anak usia SD menjadi empat aspek yang sebenarnya sudah ada dalam teori kebutuhan menurut Maslow. Klasifikasi kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Kebutuhan jasmaniah, termasuk keamanan dan pertahanan diri  yang diberikan kepada anak.
  2. Perhatian dan kasih sayang kepada anak
  3. Kebutuhan untuk memiliki. Kebutuhan anak yang terkait dengan mencari teman atau pegangan diri pada orang lain.
  4. Aktualisasi diri. Kebutuhan yang terkait dengan pengembangan diri yang lebih rumit dan bersifat sosial.
Berikut ini akan dijelaskan Jenis-jenis kebutuhan anak usia SD, Kebutuhan anak usia SD dapat diklasifikasikan menjadi 4 jenis, antara lain :

1) Kebutuhan jasmani pada anak usia SD
Kebutuhan anak usia SD sangat berfariasi. Karena perkembangan tubuh dan juga kognitifnya, anak usia SD membutuhkan makna yang bergizi sehinagga perkembangan fisik dan intelektualnya tidak terhambat.  Berkaitan dengan kebutuhan pemeliharaan dan pertahanan diri, anak usia SD memasuki tahapan perkembangan sosial dan moral yang memperihatinkan. Pada masa usia SD anak juga sudag mulai merasakan adanya kebutuhan untuk melindungi diri dari bahaya baik fisik maupun 

0 Response to "Jenis-jenis Kebutuhan Anak Usia SD"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel