Langsung ke konten utama

JENIS-JENIS PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013

Jenis-jenis penilaian autentik pada kurikulum 2013 – Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 mengamanatkan kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Penilain yang dulu dengan kurikulum sebelumnya dirasa kurang pas, sebab hanya menyasar satu kemampuan saja, yaitu hanya kemampuan kognitif (pengetahuan) Padahal dalam pembelajaran, siswa tidak bisa hanya di nilai dari jenis kemampuan kognitif saja. Nah, di dalam pembelajaran dengan Kurikulum 2013 penilaian tidak hanya untuk kemampuan kognitif saja, aspek sikap dan ketermpilan juga diperhitungkan dalam kurikulum tersebut.
Penilaian Autentik merupakan jawaban atas semua itu. Mengapa harus dilakukan penilaian secara autentik? Sebelum lebih lanjut akan dibahas tentang penilaian autentik, berikut akan dilakukan pembahasan tentang apa itu penilaian autentik.

Pengertian penilaian autentik
Penilaian autentik adalah suatu istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian laternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya  dengan cara mensimulasikan situasi yang didapat di dalam dunia nyata.
Menurut American Library Association, Penilaian autentik didefinikasikan sebagai proses evaluasi untuk mengukur kinerja, prestasi dan sikap-sikap peserta didik pada aktivitas yang relevan dalam pembelajaran.
Penilaian autentik adakalanya disebut penilaian responsif, suatu metode yang sangat populer dan hasil belajar peserta didik yang memiliki ciri khusus. 
Penilaian autentik akan bermakna bagi guru untuk menentukan cara-cara terbaik agar semua siswa dapat mencapai hasil akhir, meski dengan satuan waktu yang berbeda. Dalam penilaian autentik memandang penilaian dan pembelajaran adalah merupakan dua hal yang saling berkaitan. Penilaiain autentik harus mencerminkan dunia nyata. 

Jenis-jenis penilaian autentik
Dalam rangka melaksanakan penilaian autentik guru harus memahami secara jelas tujuan yang ingin dicapai. Adapun jenis penilaian autentik yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, sikap dan keterampilan adalah sebagai berikut :

a. Penilaian Sikap
Masalah penilaian sikap pada kurikulum 2013 sebelumnya (sebelum revisi) dilakukan sepenuhnya oleh guru. Namun, kini setelah dilakukan pembenahan penilaian sikap menjadi tanggung jawab guru agama dan PKN. Penilaian sikap masuk kedalam komponen ( KI-1) Contoh muatan yang masuk kedalam KI-1 adalah : ketaatan beribadah, bersikap jujur, berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan tugas, serta toleransi dalam beribadah. Sedangkan contoh sikap sosial yang masuk kedalam ranah KI-2 antara lain: sika jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan melalui penilaian observasi, penilian diri, penilaian antar teman dan jurnal.
  1. Observasi.  Merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan  indera, baik secara langsung mapun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
  2. Penilaiandiri. Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta perserta didik untuk mengemukakan  kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. 
  3. Penilaian antar teman. Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai sikap dan keseharian antar teman.
  4. Jurnal catatan guru. Merupakan catatan pribadi guru di luar dan di dalam kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan siswa.
b. Penilaian Pengetahuan
Aspek pengetahuan dapat dinilai dengan cara berikut ini :
  1. Tes tulis. 
  2. Tes Lisan
  3. Penugasan
c. Penilaian Keterampilan
ASpek penilaian keterampilan dapat dinilai dari :
  1. Penilaian kinerja
  2. Penilaian proyek
  3. Penilaian fotofolio
Demikian dulu ulasan singkat yang bisa saya berikan, lebih lanjut akan saya bahas jenis-jenis penilaian autentk pada kurikulum 2013 dengan lebih detail lagi. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Salam pendidikan !!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar