Lindungi Anak Dari Pengaruh Negatif Smartphone


Lindungi anak dari pengaruh negatif smartphone - Akhir-akhir ini pangsa pasar smartphone sangat berkembang dengan cepat. Pembaharuan produk datang dengan derasnya. Konsumen pun dimanjakan dengan berbagai kemampuan yang hebat dari yang namanya smartphone.
Semua orang tergiyur tidak terkecuali anak-anak. Karena fitur yang ditawarkan cukup banyak salah satunya game online. Anak-anak mudah sekali terpengaruh dan bermain berlama-lama dengan smartphonenya. Bila seperti ini maka akan sangat mengganggu kegiatan anak, salah satunya belajar.
Tidak ada yang salah bila anak menggunakan smartphone. Sebab itu semua kembali ke Anda sebagai orang tua. Sisi positif dan negatif dari smartphone bagi anak itu kadang relatif bagi orang tua, yang dalam hal ini memang telah membelikan smartphone pada anak. Pengaruhnya juga akan dirasa berbeda bagi setiap orang. Ada orang tua yang beranggapan membelikan smartphone pada anak sangar berpengaruh positif, dimana anak mereka jadi lebih mengenal teknologi sejak dini. Bahkan orang tua kadang tampak senang ketika melihat anaknya sudah bisa dan mahir menggunakan gadget.
Mohon maaf sebelumnya ini berdasarkan pengamatan saya pribadi saat melihat orang tua yang membelikan gadget pada anaknya dan tampak bangga manakala anak mereka sudah bisa browsing dan hal lainnya. Mudah-mudahan Anda tidak termasuk dalam golongan orang tua demikian. Sekali lagi ini berdasarkan pengamatan pribadi saya.
Bagaimana Tindakan Orang Tua Terhadap Perkembangan Smarphone
Sebagai orang tua tentu akan selalu memberikan yang terbaik buat anak. Kini banyak anak usia SD yang sudah sangat akrab sekali dengan smartphone. Sadar atau tidak beberapa orang tua tidak begitu mengangap serius terhadap kondisi ini. Dengan gadget yang caggih yang mereka bawa, mereka begitu mudahnya mengakses konten-konten yang mereka inginkan.
Apakah mungkin mereka akan bertemu dengan konten negatif?
Semua itu pasti bisa. Anda bisa lihat sendiri saat melakukan browser di google. Berbagai konten bisa Anda temukan disana, tidak terkecuali konten negatif. Inilah yang harus kita khawatirkan terhadap perkembangan anak. Selama ini banyak tindakan kurang bersahabat banyak terjadi pada anak. Siapa penyebabnya? Mungkin sebagian dari masyarakat ada yang akan mengatakan pengaruh internetlah.

Internet dan Smartphone Seperti Dua Sisi Mata Uang yang Tidak Bisa Dipisahkan
Berbicara tentang internet tentu di zaman sekarang ini pikiran Anda pasti akan tertuju ke smartphone juga demikian sebaliknya bila Anda membawa smartphone pastilah internet pasangannya.
Di era digital sekarang ini memang smartphone mempermudahkan segala usaha Anda yang berbau online. Pun demikian termasuk dalam dunia pendidikan. Banyak konten-konten pendidikan yang bisa kita unduh dan dijadikan sebagai bahan belajar anak. Namun, apakah anak kita sudah mampu memilih dan memilah informasi dan konten di internet? Semua itu kembali ke kita lagi untuk mendidik mereka menggunakan internet dan smartphone dengan mudah. Kita sebagai orang tua jangan hanya berdiam diri saja. Mulailah belajar sedikit-demi sedikit tentang perkembangan teknologi.

"Maaf ini saya sampaikan khusus kepada para orang tua yang belum begitu menguasai perkembangan teknologi. Bagi Anda yang memang sudah terbiasa dengan teknologi cobalah lebih sering melihat gadget anak Anda. Jangan sampai disana ada konten negatif. Lebih baik Anda yang merazia sebelum orang lain menemukan hal itu pada anak Anda".

Sikap Orang Tua di Rumah dalam Upaya Melindungi Anak dari Pengaruh Negatif Smartphone dan Internet.
Menghalangi anak untuk menggunakan teknologi tentu tidak mungkin. Kita pasti ingin anak kita bisa mengunakan teknologi dengan bijak dan bukan menjauhinya. Demikianhalnya dengan smartphone dan internet. Sebagai orang tua yang bijak kita bisa melakukan tindakan berikut ini untuk melindungi anak dari pengaruh negatif smartphone dan internet diantaranya :
  1. Cobalah Anda ajak anak berkomunikasi. Dengan komunikasi maka anak akan lebih terbuka dan pastinya tidak akan ada sesuatu hal yang disembunyikannya. 
  2. Cobalah anda mengecek isi smartphone anak dengan bahasa yang halus dan tidak mengintrograsi anak. 
  3. Bila Anda terlanjur membelikan smartphone cobalah untuk mengatur kuota internetnya. Intinya anda membelikan senapan tanpa peluru. 
  4. Atur waktu anak untuk bermain dengan smartphone.
  5. Yang paling penting dilakukan meningkatkan kesadaran anak akan arti penting bijak menggunakan smartphone dan jangan sampai disalah artikan. Dengan menciptakan kesadaran dalam diri mereka maka itu sama halnya anda sudah membentengi anak dari pengaruh negatif dari internet.
Demikian ulasan singkat saya kali ini, semoga bermanfaat. Mohon saran dan kritikannya. Wasalam!!!

0 Response to "Lindungi Anak Dari Pengaruh Negatif Smartphone"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel