Inilah Manfaat Mengantar Anak ke Sekolah Setiap Hari

RIYANPEDIA.com - Inilah manfaat mengantar anak ke sekolah setiap hari.  Anak merupakan karunia dari Tuhan yang tiada taranya. Sehingga sering orang mengatakan tanpa adanya anak di dalam sebuah keluarga akan terasa begitu hampa dan sunyi. Anak merupakan individu yang sangat unik. Mereka mungkin terlihat begitu kecil dan lugu. Namun, dibalik semua itu anak sejatinya menyimpan segala potensi yang sudah melekat dari dalam dirinya semenjak lahir. Untuk menggali segala potensi yang dimiliki anak, sudah kewajiban dari orang tua untuk memberikan wahana bagi anak untuk mengembangkan segala potensi yang ia miliki. Mengembangkan potensi anak tentunya tidak serta merta bisa dilakukan sendiri oleh orang tua. Perlunya orang tua bekerjasama dengan pihak lain, salah satunya adalah sekolah.
Pentingnya sekolah bagi anak tidak hanya sekedar untuk menumbuhkan potensi yang mereka miliki. Sekolah merupakan dunia masyarakat kecil yang bisa anak jadikan sebagai tempat untuk bersosialisasi. Sekolah juga merupakan tempat pendidikan resmi yang diamanatkan oleh pemerintah untuk mendidik dan melatih anak sehingga bisa berkembang sesuai dengan postensinya.

Ketika anak sudah mulai bersekolah maka kewajiban orang tua sangat dibutuhkan untuk menyukseskan belajar anak. Salah satu kewajiban orang tua ketika masih memiliki anak yang masih duduk di sekolah dasar adalah mengantar anak ke sekolah setiap hari. 

Mengantar anak ke sekolah setiap hari mungkin tidak semua orang tua bisa melakukan pekerjaan yang satu ini. Berbagai alasan dimiliki para orang tua untuk berhalangan mengantar anak ke sekolah. Tentunya hal ini tidak bisa kita salahkan, mengingat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan para orang tua. Namun, bagaimanapun juga anak adalah hal yang harus diutamakan dalam setiap langkah di kehidupan ini, termasuk mengantar anak ke sekolah setiap harinya.

Buat Anda yang setiap harinya sibuk dengan pekerjaan sampai menyuruh pembantu atau bahkan tidak sama sekali untuk mengantarkan anak ke sekolah akan lebih berpikir setelah mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh ketika mengantar anak ke sekolah.  Berikut selengkapnya apa saja manfaat yang bisa di dapatkan.

1. Lebih dekat dengan anak

Manfaat mengantar anak ke sekolah pertama adalah membuat orang tua lebih dekat dengan anak. Mungkin Anda sudah sering berkomunikasi dengan anak saat jam sarapan di rumah. Namun, alangkah baiknya ketika hal tersebut berlanjut hingga anak sampai di sekolah. Anak akan merasa lebih dekat dengan anda dan Anda pun akan mendapat kesempatan untuk memberikan motivasi kepada anak agar lebih bersemangat lagi dalam menuntut ilmu di sekolah.

2. Mengetahui kondisi sekolah anak
Manfaat berikutnya saat mengantar anak ke sekolah adalah mengetahui bagaimana kondisi sekolah. Kondisi sekolah yang dimaksudkan disini tidak hanya kondisi fisik tetapi bagaimana suasana sosial anak di sekolah. Pagi hari saat Anda mengantar anak ke sekolah, disana Anda akan dapat melihat apa saja aktivitas yang anak Anda lakukan bersama guru dan siswa lainnya. Mengetahui kondisi sekolah seperti ini penting bagi Anda. Karena Anda bisa memberikan masukan apabila ada pelayanan dari sekolah yang dirasa kurang.

3. Berkomunikasi dengan guru tentang perkembangan anak
Manfaat selanjutnya dari mengantar anak ke sekolah adalah memberikan waktu lebih banyak bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak Anda belajar di sekolah. Waktu yang singkat tersebut tentunya akan sangat berarti bagi Anda. Kemajuan dan kelemahan anak akan segera Anda ketahui. Anda juga bisa bekerja sama dengan guru apabila memang ada kesulitan yang dialami anak di dalam belajar di rumah. Dengan adanya kerjasama antara keluarga dan sekolah maka perkembangan dan potensi yang anak miliki akan mampu dikembangkan secara optimal. Demikian pula dengan terhadap kelemahan anak di dalam belajar.

4. Melindungi anak dari tindak perilaku kejahatan
Bila sudah ada yang mengantar anak ke sekolah. Apalagi yang mengantar adalah orang tua anak sendiri, tentu rasa aman akan sangat terasa bagi anak. Anda pun tidak akan merasa khawatir. Banyak sekarang ini muncul tindak kejahatan yang terjadai pada anak. Jadi dengan mengantar anak Anda ke sekolah tentu akan lebih melindungi anak.

5. Jalinan kerjasama yang kuat dengan sekolah
Seperti yang sudah disampaikan bahwa kerjasama antara keluarga dan sekolah akan memberikan hasil yang baik dan lebih menguntungkan anak. Kerjasama ini sangat dibutuhkan oleh sekolah, mengingat waktu belajar anak lebih banyak berada di lingkungan keluarga. Jadi sekolah akan dapat merencanakan pembinaan yang sesuai terhadap anak.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat mengantar anak ke sekolah setiap hari , jadi apakah Anda merasa malas untuk mengantarkan anak Anda pada orang lain? Mari dampingi anak ketika berangkat ke sekolah. (gnr)


0 Response to "Inilah Manfaat Mengantar Anak ke Sekolah Setiap Hari"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel