Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran


Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran - Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih diutamakan pada Kurikulum 2013 (K-13)

Mengapa harus pendekatan Saintifik?

Dalam pembelajaran dengan Kurikulum 2013 kegiatan lebih difokuskan terhadap aktivitas siswa. Jadi, siswalah yang menjadi pusat pembelajaran dan bukan guru yang  ceramah di depan sambil menulis benerapa ringkasan materi di papan tulis.

Dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tentunya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkembangkan jiwa ilmiah dan berpikir kritis.
Menumbuhkan kemampuan anak untuk berpikir kritis tentunya harus dilatih sejak dini dan diberikan stimulus kepada mereka. Melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran di Kurikulum 2013, sikap ilmiah itu ditumbuhkan selanjutnya akan berkembang terus dalam setiap tahapan pendidikan anak.

Apa saja pendekatan saintifik tersebut?

Dalam pendekatan saintifik ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan di dalam melaksanakan pembelajaran. Apa saja pendekatan saintifik tersebut berikut akan saya paparkan kepada Anda.

1. Mengamati

Mengamati merupakan sebuah aktivitas yang melibatkan panca indra, Ketika kita mengamati, maka tidak hanya mata saja yang berusaha untuk memahami apa yang diamati. Tetapi mata, mulut, anggota gerak dalam hal ini adalah tangan, juga ikut ambil bagian di dalam menuntaskan pekerjaan pengamatan tersebut.

Di dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik, 

0 Response to "Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel