WAJIB BACA BELUM BERJALAN DENGAN EFEKTIF, SOLUSINYA???

RIYANPEDIA.com - Wajib baca belum berjalan dengan efektif, solusinya?. Gaung wajib baca sudah bergema sejak pemerintah menetapkan peraturan adanya kegiatan wajib baca kepada siswa minimal 15 menit sebelum proses pembelajaran dilakukan. Cukup memberikan dinamika kepada proses pembelajaran di sekolah. Namun, wajib baca yang digaungkan pemerintah saya rasa sudah dilaksanakan oleh beberapa sekolah di Indonesia. Dengan gaung yang di dengungkan pemerintah maka wajib baca bisa berjalan dengan lancar.

Apakah wajib baca sudah berjalan efektif di sekolah anda?  Seberapa efektifkah kegiatan wajin baca yang Anda laksanakan di tampat Anda. Bagaimana cara Anda mengefektifkan wajib baca di sekolah?

Mungkin saja dari sekian pertanyaan yang saya ajukan di atas juga terbesit di pemikiran Anda.

#Wajib baca tumbuhkan budaya literasi
Wajib baca yang dilakukan di sekolah dasar selama 15 menit sebelum pembelajaran di mulai bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca siswa. Indonesia untuk saat ini masih memiliki literasi membaca yang sangat rendah. Bisa Anda lihat anak-anak sekarang lebih memilih menggunakan waktu luangnya untuk bermain game atau kumpul-kumpul ketimbang membaca. Padahal budaya baca sanagat besar mamfaatnya bagi pengetahuan kita.

Baca buku non pelajaran atau buku fiksi kini sudah mulai menjadi kegiatan pembiasaan di semua sekolah. Saya yakin hal tersebut juga dilakukan di sekolah Anda.

#Membaca buku non teks sebelum jam belajar di mulai
Siswa di sekolah dasar melaksanakan kegiatan wajib baca selama 15 menit. Tiap sekolah beragam dalam menyisipkan waktu baca buku pelajaran non teks. Yang paling menarik bagi saya adalah melakukan wajib baca setelah siswa selesai melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai piket. Jadi setelah siswa menyelesaikan tugas piketnya masing-masing maka biarkan mereka mencari dan memilih buku yang mereka sukai untuk di baca. Kegaiatan ini harus dilakukan secara rutin dan mesti berjalan dengan konsisten. Jangan sampai sekolah hanya melaksanakan wajib baca pada waktu di awal saja. Namun setelah pertengahan jalan, mandeg dan tidak berjalan.

Praktik di lapangan kegiatan wajib baca ini belum berjalan dengan baik. Kenapa demikian? Ada beberapa alasan yang mungkin saja saya dan Anda temukan dan lihat sendiri pada waktu kegiatan wajib baca.

Adapun beberapa kesalahan yang dilakukan siswa saat wajib baca dan menjadikan wajib baca tidak berjalan dengan efektig adalah sebagai berikut :

1. Siswa hanya pegang buku bukan membaca.

2. Masih ada beberapa siswa yang hanya sekedar membaca dan tidak memahami apa isi bacaan tersebut.

3. Siswa tidak antusias untuk membaca.

4. Ada siswa yang melakukan wajib baca menggunakan buku pelajaran.

Selain beberapa penyebab ketidak efektifan pelaksanaan pembelajaran disebabkan oleh siswa. Ada juga pelaksanaan wajib baca tidak mampu berjalan efektif karena kurang pekaan sikap guru. Adapun beberapa hal tersebut bila dilihat dari guru adalah sebagai berikut :

1. Guru belum maksimal memberikan pendampingan ketika siswa akan mencari buku yang mereka baca.

2. Guru belum maksimal mendampingi siswa pada waktu wajib baca.

3. Perlunya melakukan evaluasi terhadap kegiatan wajib baca untuk mengetahui kemampuan anak memahami apa yang telah dibaca.

Untuk memaksimalkan hasil wajib baca yang dilaksanakan para siswa setiap harinya di sekolah, dapat dilakukan sebuah keativitas oleh guru seperti berikut ini :

1. Saat wajib baca berlangsung, suruh anak untuk melakukan wajib baca secara berkelompok. Dalam satu kelompok mereka harus membaca buku cerita yang sama.

2. Setelah masing-masing anak selesai membaca buku cerita. Maka selanjutnya berikan mereka saling berdiskusi dengan bahasa sendiri untuk menceritakan kembali apa yang telah mereka baca.

3. Sebelum memasuki ruang kelas, seluruh siswa berbaris di lapangan. Guru memberikan arahan agar sukses di dalam belajar dan menyampaikan penghargaan atas kinerja siswa di dalam melaksanakan tugas wajib baca.

4. Saat anak akan memasuki ruang kelas selanjutnya mintalah mereka menceritakan apa yang telah mereka baca tadi dengan bahasa sendiri namun tetap dengan etika kesantunan berbicara.

5. Berikan penguatan atas apa yang telah siswa lakukan. Sekecil apapun usaha yang mereka lakukan maka hargailah. Walaupun dalam membaca siswa hanya mampu beberapa paragraf saja dan saat menceritakan kembali mereka juga mengalami kesulitan, maka guru harus memberikan motivasi kepada mereka.

Demikian tulisan singkat tentang wajib baca yang belum berjalam dengan efektif. Sehingga kami pun membagikan beberapa solusi pemecahan masalah tersebut. Semoga apa yang kami sampaikan disini dapat memberikan manfaat terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Wasalam !!!


0 Response to "WAJIB BACA BELUM BERJALAN DENGAN EFEKTIF, SOLUSINYA???"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel