ADMINISTRASI YANG DISIAPKAN OLEH GURU TERSERTIFIKASI


Menjadi guru sekarang ini merupakan sebuah profesi yang sangat diiadamkan oleh banyak kalangan. Terlihat dari menigkatnya mahasiswa keguruan yang membludak disemua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sungguh sangat mulia bila semua Anak muda mau untuk melanjutkan pendidikannya dan menjadi seorang guru.

Guru memang merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Karena ditangan gurulah masa depan negeri ini bisa menuju ke arah yang lebih maju. Perhatian pemerintah selama ini sudah sangat tinggi terhadap para guru. Semua itu terlihat dari adanya peningkatan nafkah yang diterima guru. Sertifikasi merupakan sebuah program dari pemerintah yang pada intinya untuk meningkatkan kesejahteraan guru serta profesionalisme guru.

Program sertifikasi guru yang setiap tahun dilangsungkan oleh pemerintah memberikan sebuah tempat yang tertinggi kepada guru untuk menjadi seorang yang profesional. Tidak semua guru bisa dengan mudah untuk mengikuti program ini. Setelah guru lolos dalam program sertifikasi tersebut maka guru akan memperoleh sertifikat pendidik. Dengan sertifikat pendidik tersebut maka guru akan memperoleh hak sertifikasi. Hak sertifikasi tersebut berupaka tunjangan profesi guru (TPG) . Tunjangan profesi yang diperoleh guru sebesar satu kali gaji pokok dan dibayarkan setiap triwulan sekali.

Sebagai guru yang sudah mendapatkan hak tunjangan profesi tentu tidak boleh hanya memikirkan tunjangannya semata. Ada hal diluar itu yang menjadi tanggung jawab guru yang harus dipenuhi. Disamping tututan terpenuhinya jam mengajar, guru tersertifikasi harus memenuhi kewajibannya yaitu Administrasi guru.  Saya yakin kalau seluruh guru yang sudah lolos sertifikasi pastilah sudah mempersiapkan dengan lengkap administrasi kelas dan administrasi guru.

Sekarang ini guru yang sudah tersertifikasi segala hak yang diperolehnya itu harus dibarengi dengan kewajiban di dalamnya. Ada beberapa kabar yang admin pernah dengar, kalau ada beberapa sekolah yang mendapat audit tentang sertifikasi tersebut. Bayangkan bila ketika diaudit anda tidak memiliki kelengkapan administrasi dengan baik, wah bisa menyebabkan Anda mengembalikan segala hak yang sudah Anda peroleh tersebut. Dan parahnya bila apa yang sudah Anda terima terus sudah Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya. Bila diminta mengembalikan betapa sulitnya bagi Anda.

Adapun administrasi yang harus Anda siapkan sebagai guru yang sudah tersertifikasi mungkin sebagian yang akan saya sampaikan disini sudah Anda buat. Tidak ada salahnya saya akan mengupas sedikit sekedar untuk mengingatkan rekan guru. Karena bagiamana pun juga sebagai manusia kita tidak akan luput dari yang namanya lupa.
Administrasi guru yang harus disiapkan guru tersertifikasi tersebut diantaranya :

1. Analisis kalender pendidikan
Administrasi kalender mungkin setiap daerah memiliki kalender pendidikan yang sedikit berbeda. Dimana kalender pendidikan ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provensi masing-masing. Guru mungkin bisa dengan mudah mendownload administrasi kalender pendidikan tersebut.
Setelah guru mendownload administrasi kalender pendidikan tersebut maka tugas guru untuk menganalisisnya seusai dengan kondisi hari efektif di masing-masing sekolah.
Tujuan guru menganalisis kembali kalender pendidikan adalah untuk memudahkan guru membuat program pembelajaran. Bila guru sudah menganalisis dan menentukan hari efektif maka administrasi guru yang lainnya seperti program semester, program tahunan dan rencana pembelajaran bisa diselesaikan dengan baik.
Analisis kalender pendidikan ini merupakan administrasi yang harus disiapkan oleh guru yang telah tersertifikasi.

2. Program Tahunan
Program tahunan adalah administrasi guru yang satu ini mungkin sudah ada di meja Anda. Kalau belum saya sarankan segera buat. Karena bila nanti ada audit tentang tunjangan sertifikas, maka  program tahunan akan menjadi salah satu administrasi yang akan diperiksa.
Program tahunan memuat tentang alokasi waktu sebuah kompetensi dasar yang akan dilaksanakan oleh guru.

3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Dari semua administrasi guru yang harus disiapkan yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Rencana pembelajaran merupakan sebuah perlengkapan yang sangat penting yang harus Anda siapkan. Ibaratnya adalah sebagai sebuah skenario dalam pembelajaran. Bagaimana pembelajaran akan berjalan dengan baik bila tidak ada perencanaan di dalamnya.

4. Jurnal Harian Guru
Sebagai guru yang profesional tentunya Anda harus mampu mengagendakan kegiatan harian Anda.
Melalui jurnal harian maka semua aktivitas Anda di sekolah bisa terekam dengan baik.
Administrasi ini patut Anda buat karena guru sertifikasi dan sudah menerima tunjangan profesi akan selalu diperiksa jurnalnya.
Tidak hanya oleh kepala sekolah dan pengawas tetapi para pengampu keprofesionalan guru busi saja sewaktu-waktu waktu akan memeriksa Anda.
Jadi tidak ada salahnya anda membuat dan menyiapkan administrasi tersebut. 

5. Program remidi dan pengayaan.
Ciri seorang guru yang profesional adalah mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan memberikan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran yang diampunya.
Maka dari itu program remedial dan pengayaan adalah program tidak lanjut yang dibuat oleh guru.
Administrasi ini memuat perencanaan kegiatan pembelajaran bagi siswa yang masih kurang mampu dalam pembelajaran serta bagi siswa yang telah menguasai materi pembelajaran.
Mari jika belum beberapa administrasi guru tersebut hendaknya dipersiapkan sesegera mungkin.
Memasuki tahun ajaran baru ini, kita sebagai guru harus sudah siap dengan amunisi.
Amunisi kita tiada lain adalah administrasi kita sebagai guru.
Semoga kita sebagai guru mampu melaksanakan segala tugas yang diberikan dengan baik.
Salam pendidikan
Dan salam no day without writting articles...

Wasalam...



































0 Response to "ADMINISTRASI YANG DISIAPKAN OLEH GURU TERSERTIFIKASI"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel