Anies Baswedan Resmi Digantikan Oleh Muhadjir Effendy Sebagai Mendikbud

Mungkin seluruh warga Indonesia kemarin menyimak atau bahkan membaca di media online berita tentang reshuffel kabinet Jokowi jilid II.  Dalam pergantian kabinet kerja tersebut, sungguh tidak terduga Bapak Anies Baswedan yang selaku Mendikbud dan sudah menjabat kurang lebih 20 bulan. ** Maaf, kalau tidak salah, kini harus digantikan oleh menteri yang baru, Muhadjir Efendy.

Bagaimanapun juga sebagai menteri, Pak Anies harus menerima keputusan dari Bapak Jokowi. Selama ini dirasa menteri Anies sudah bekerja sesuai dengan program nawacita presiden. Alasan kenapa diganti, untuk hal ini Admin kurang tahu dengan pastinya. Namun, apapun keputusan presiden yang pasti itu semua untuk kebaikan masyarakat Indonesia terutama dalam bidang pendidikan.


Setelah sehari dilantik, menteri baru pun mulai melaksanakan tugasnya. Seperti yang dikutip dari JPNN, Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan, sebagai menteri pengganti Anies Baswedan, dirinya hanya menjalankan visi dan misi milik Presiden Jokowi.

Guru besar sosiologi Universitas Negeri Malang (UM) itu menyatakan baru mendapat kabar penunjukan sebagai menteri di Kabinet Kerja Selasa malam. Namun, Muhadjir enggan menjelaskan detail kronologi sampai bisa diangkat sebagai RI-27.

Muhadjir membeberkan, ada dua tugas utama yang diberikan presiden kepadanya, yakni mempertajam pendidikan vokasi dan melaksanakan kartu Indonesia pintar (KIP). ”Mas Anies sudah membuat fondasinya. Saya nanti melanjutkan,” katanya.

Instruksi terkait vokasi dan KIP itu tidak lepas dari tujuan utama kocok ulang menteri-menteri Kabinet Kerja. Di antaranya adalah keterkaitan dengan memperpendek kesenjangan dan tenaga kerja. Menurut Muhadjir, program Indonesia pintar itu terkait dengan kesenjangan akses belajar. Sedangkan pendidikan vokasi terkait dengan penyediaan tenaga kerja terampil.

Sementara itu, saat disinggung soal kurikulum dan guru, Muhadjir menuturkan, tidak ada masalah berarti. Dia menyatakan akan melanjutkan program kurikulum yang saat ini sudah berjalan.
Untuk urusan guru, Muhadjir mengatakan merupakan masalah laten di dunia pendidikan. ”Urusan guru itu masalah klasik. Terkait guru tidak tetap, kompetensi, dan kesejahteraan,” ujarnya.

0 Response to "Anies Baswedan Resmi Digantikan Oleh Muhadjir Effendy Sebagai Mendikbud"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel