Cara Mengatasi Sulitnya Login Laporan BOS

Cara mengatasi sulitnya login laporan BOS - Pelaporan dana BOS untuk semua jenjang pendidikan yang menerima bantuan dari dana ini, diwajibkan untuk melaporkan dana yang sudah digunakan setiap triwulan. Artinya dalam setahun sekolah harus melaporkan dana BOS yang telah direalisasikan sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah ( RKAS )


Untuk sekolah dasar juga melaporkan penggunaan dana tersebut. Karena sekolah dasar menerima dana BOS dengan kisaran perhitungan untuk tahun ini Rp850.000,00 per anak per tahun.

Dengan demikian besarnya dana BOS yang diterima maka perlu adanya pengawasan dan pelaporan dana secara rutin.

Mungkin bagi semua bendahara dana BOS sudah terbiasa mengakses website pelaporan dana BOS milik Kemdikbud yang beralamat di www.bos.Kemdiknas.go.id

Saya sangat yakin sekali kalau para bendahara juga mengetahui bagaimana sulitnya log-in atau masuk kedalam website ini. Tidak hanya karena masalah jaringan tapi memang kemungkinan karena situs ini terlalu banyak yang mengakses. Apalagi menjelang akhir triwulan, pasti leletnya minta ampun.

Untuk triwulan ke 2 di tahun anggaran 2016 pelaporan ke websiite laporan BOS sedikit mengalami kendala dalam hal masalah login. Disampingnya memang karena lambatnya akses untuk membuka situs tersebut.

Bila Anda masih ingat tampilan login laporan BOS sekarang ada sedikit perbedaan. Anda bisa amati pada tombol menu login nya. Tidak seperti pada pelaporan sebelumnya.

Pada tombol login yang dahulu kita tinggal memasukkan USERNAME dan PASSWORD yang memang khusus digunakan untuk akses pelaporan BOS. Mungkin sudah Anda lakukan hal tersebut untuk saat ini namun masih saja mengalami kendala saat login leporan BOS.

Sulitnya login laporan BOS untuk saat ini disebabkan karena perbedaan USERNAME dan PASSWORD yang akan dipakai.

Untuk login laporan BOS tahu jika ini tidak lagi menggunakan username dan PASSWORD yang dulu. Kini menggunakan USERNAME pada aplikasi DAPODIK. Bila ada kesulitan cobalah untuk memakai USERNAME dan PASSWORD DAPODIK anda. Atau tanyakan kepada operator sekolah.

KOMPONEN YANG DILAPORKAN DALAM LAPORAN BOS ONLINE

Dalam pelaporan BOS Online ada beberapa komponen jenis belanja yang harus dilaporkan, antara lain :

1. Pengembangan perpustakaan
2. Kegaiatan Penerimaan Peserta Didik Baru.
3. kegiatan Pembelajaran
4. Kegiatan ulangan dan ujian
5. Biaya habis pakai
6. Langganan Daya dan jasa
7. Perawatan sekolah
8. Pembayaran honor guru dan tenaga kependidikan
9. Pengembangan Profesi Guru.
10. Membantu siswa miskin
11. Pembiayaan pengelolaan BOS
12. Pembelian Komputer
13. Biaya perawatan sekolah lainnya. Jika semua komponen tersebut di atas sudah terpenuhi.

KESIMPULAN.

Untuk melakukan pelaporan BOS di tahun ini sedikit berbeda. Semula untuk login ke akun pelaporan BOS bisa dilakukan dengan memasukkan USERNAME dan PASSWORD yang sudah umum digunakan. Namun kini untuk melaporkan pertanggung jawaban dana BOS sedikit berbeda, dimana untuk login nya memakai USERNAME dan PASSWORD DAPODIK.

Demikian informasi singkat yang saya bagikan hari ini. Semoga bermanfaat wasalam


0 Response to "Cara Mengatasi Sulitnya Login Laporan BOS "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel