Langsung ke konten utama

Cara Menumbuhkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya

Cara Menumbuhkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya – Bagi Anda sebagai guru tentunya memberikan yang terbaik bagi siswa adalah hal yang utama dilakukan. Tentunya melibatkan siswa di dalam kegiatan belajar adalah syarat agar siswa mampu mencapai pencapaian maksimal di dalam dirinya. 

Melibatkan siswa di dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa agar mereka berani bertanya. Namun, terkadang keberanian siswa untuk bisa bertanya tidak muncul begitu saja. Semua itu butuh pembiasaan dan pelatihan.

Tidak munculnya keberanian siswa ketika kegiatan belajar mengajar tidak serta merta karena faktor dalam diri siswa, namun bisa juga karena situasi lingkungan belajar siswa yang tidak mendukung keberanian siswa itu muncul.

Keberanian siswa untuk bertanya perlu ditumbuhkan. Dengan memiliki keberanian untuk bertanya menandakan siswa tersebut memiliki tingkat pemikiran kritis yang cukup tinggi. Disamping itu ketika siswa berani bertanya disana kita akan ketahui, sejauh mana siswa memahami materi yang sudah kita sampaikan.

Dengan adanya siswa yang bertanya dalam kegiatan belajar mengajar akan memberikan suasana belajar yang aktif dan tidak satu arah saja. Kalau dahulu siswa hanya duduk diam dan menyimak apa yang disampaikan oleh guru, namun dengan keberanian siswa untuk bertanya mereka akan bisa menanyakan apa yang mereka belum mengerti sekaligus juga mencari kebenaran atas dualitas pemikiran tentang sesuatu yang belum mereka berhasil pecahkan.

Bagaimana cara menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya?


Menumbuhkan keberanian siswa bisa dilakukan oleh guru melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa cara yang bisa dilakukan guru dalam menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya :

1. Berikan kehangatan dalam proses belajar

Ketika anda dekat dengan orang yang anda kenal, maka anda akan dengan mudah mencari tahu bagaimana orang tersebut. Demikian juga sebaliknya saat suasana orang yang ada dekat anda itu adalah orang yang judes dan pemarah, saya yakin anda akan menjauhi orang tersebut.

Demikian pula dengan siswa Anda. Bila Anda menunjukkan kehangatan di dalam belajar, makamereka akan merasa dekat dengan Anda sehingga mereka tidak akan canggung ketika bertanya kepada guru.

Menjadi guru yang berwibawa mamang adalah hal yang utama. Namun menjadi guru yang mampu memberikan ispirasi dan ngangenin ketika anda permisi   atau tidak hadir di kelas maka akan mereka rasakan sesuatu yang kurang dalam diri mereka ketika belajar.

2. Berikan siswa penghargaan saat berani bertanya.  

Saat siswa berani menyampaikan sebuah pertanyaa , maka sudah merupakan kewajiban guru memberikan penghargaan kepada mereka yang berani menyampaikan pertanyaan yang akan diajukan.

Sampaikan kepada teman-teman lainnya bahwa anak yang bertanya bukanlah anak yang bodoh. Mereka ini adalah anak yang kritis. Maka dari itu siswa diharapkan jangan takut.

3. Lakukan pendekatan secara personal 

Bila siswa Anda ada yang kelihatan takut atau malu-malu untuk bertanya. Maka cobalah dengan mendekati mereka satu persatu untuk menanyakan hal yang belum mereka pahami. Cara ini dangat sederhana dan saya yakin mungkin sudah dilakukan. Namun sudahkah maksimal melakukan.


4. Terima pertanyaan mereka dengan menunjukkan sikap bahwa Anda memperhatikan pertanyaan yang dibilan guru. 


 Saat siswa Anda mengajukan pertanyaan maka pandanglah mereka dan berikan senyuman dengan mata yang tulus akan memberikan kesan bahwa dirinya anda hantosias sekali bila siawa tersebut masih menguntarakan oleh siswa

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang bisa penulis bagikan. Semoga bermanfaat. 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar