Cara Mudah Membedakan Beras Plastik dengan Beras Asli

Cara mudah membedakan beras plastik dengan beras asli - Sudahkah Anda makan hari ini? Hehehe... bagi yang berpuasa mungkin tidak. Konsumsi makanan pokok kita setiap harinya adalah beras. Tidak tanggung-tanggung Indonesia merupakan salah satu negara yang konsumsi berasnya sangat tinggi. Hampir setiap jenis olahan makanan kita juga tidak lepas dari yang namanya beras. Anda bisa temukan sendiri jenis makanan olahan dengan bahan dasar beras di daerah Anda.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan beras di Indonesia, ada-ada saja orang nakal yang membuat beras sitetis atau yang lebih dikenal dengan nama beras plastik. Dengan adanya isu berita demikian maka secara otomatis kita harus memiliki kemampuan dasar cara membedakan beras plastik.  Cara membedakan beras plastik dengan beras asli tidak harus dengan alat yang mahal dan canggih. Cara yang dilakukan cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah sendiri. Bagaimana caranya? Berikut akan saya sampaikan bagaimana cara yang mudah dalam membedakan beras plastik dengan beras asli.

Cara mudah membedakan beras plastik dengan beras asli adalah sebagai beriku :

1. Dengan cara merendam
Setelah Anda membeli beras beberapa kilogram maka cobalah untuk merendamnya. Tapi saya yakin setiap akan memasak pastilah kita melakukan cara ini. Rendamlah beras dengan air bersih tentunya. Bila beras itu adalah beras asli maka tidak akan banyak yang mengapung bahkan tidak akan ada yang mengapung. Tetapi bila beras tersebut dari bahan sintetis maka anda akan temukan butiran beras yang mengapung.

2. Uji dengan cara menumbuk
Membedakan beras plastik dengan beras asli berikutnya bisa anda lakukan dengan menumbuk beras. Cara menumbuk beras pastilah setiap orang sudah mengetahuinya. Nah, bila beras plastik yang anda tumbuk pastilah tidak akan menemukan butiran tepung, karena beras plastik tidak mengandung karbohidrat, namun bila beras asli sudah pasti akan menjadi tepung.

3. Dengan cara dibakar
Cara pengujian berikutnya bisa anda lakukan dengan membakar beras. Hehehe… jangan anda bakar semua beras. Kalau semua bisa rugi, apalagi beras itu nantinya beras asli. Bakar beras secukupnya saja. Bila beras asli anda bakar pastilah akan menjadi arang atau abu hitam. Nah, kalau beras plastik akan meleleh, menggumpal dan menyatu. Bila seperti itu beras yang ada miliki maka jangan dikonsumsi lagi deh.

4. Membedakan dengan cara digigit
Mungkin anda sering melihat para penjual beras di toko atau warung sering menggigit beras. Nah, jika beras tersebut asli maka akan muncul butiran tepung. Tapi kalau beras plastik akan penyok dan tidak hancur. Memang cara ini tidak bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang benar 100% untuk membedakan beras asli dengan palsu, karena dalam satu karung beras ada banyak butiran beras yang belum tentu semuanya itu beras plastik.

5. Melihat dari segi warnanya
Cara membedakan yang satu ini yaitu dengan melihat dari warna beras. Warna beras yang asli tentunya tidak akan putih total tetapi ada sedikit keruhnya. Kalau beras plastik akan berwarna putih bersih tanpa ada cacatnya. Bahkan mungkin  tidak ada yang patah-patah.

6. Dengan cara meraba
Tangan kita memiliki sensitifitas yang sangat tinggi. Cobalah Anda meraba beras yang anda beli. Beras yang asli akan terasa kasar pada bagian permukaannya sedangkan beras yang plastik akan terasa licin.

7. Buktikan dengan cara dimasak
Mungkin cara ini adalah cara yang mendekati tepat dalam membedakan beras plastik dengan beras asli.  Jika anda sudah biasa membuat bubur tentu tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Nah, jika suatu waktu anda membuatnya lagi dan ternyata durasi yang dibutuhkan untuk memasaknya jauh lebih lama maka itu bisa jadi salah satu cirinya.

Demikian cara mudah membedakan beras plastik dengan beras asli, semoga ini bisa dijadikan sebagai cara sederhana agar kita bisa waspada. Tapi semua kembali berpulang kepada kita sendiri untuk meyakini makanan yang kita konsumsi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Membedakan Beras Plastik dengan Beras Asli "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel