-->

Kegiatan Yang Sebaiknya Dilakukan Siswa Sepulang Sekolah

Kegiatan belajar yang sebaiknya dilakukan siswa sepulang sekolah  - Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar sepulang sekolah sudah merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan oleh siswa. Jam belajar di sekolah hanya beberapa jam saja. Di sekolah dasar kegiatan pembelajaran sudah dimulai pada pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 12.30 .  Dengan durasi waktu demikian pastilah siswa tidak seluruhnya mampu memahami sekaligus meyerap semua isi materi pelajaran di sekolah.

Sepulang sekolah para siswa seharusnya melakukan beberapa kegiatan yang wajib untuk dilakukan serta dibiasakan. Berikut ini akan saya sajikan kegiatan apa sajaaa yang sebaiknya dilakukan oleh siswa sepulang sekolah

1. Makan siang


Tentu belajar sejak pagi hingga siang hari sangat menguras tenaga. Mengisi kembali energi dengan makan siang wajib dilakukan sepulang sekolah. Siswa bisa menerapkan menu makanan sehat yang sudah diperoleh di sekolah. Kalau belum bisa memasak, maka sebaiknya ajurkan kepada orang tua tentang jenis makanan sehat dan bergizi seimbang. 

Berapa porsi makan siswa yang tepat agar tetap sehat?

Jawaban atas pertanyaan ini sangat relatif sekali. Ada anak yang kenyang dengan hanya memakan satu piring nasi dengan lauk tahu tempe, ada juga anak yang masih lapar setelah menghabiskan dua piring nasi dengan lauknya.  Yang terpenting adalah bukan tentang jumlah makanan, melainkan menu makanan yang dimakan dan makanlah yang cukup. Jangan makan hingga perut benar-benar kenyang sampai sakit perut. Bukannya tambah sehat malah menyebabkan sakit. Jadi penting untuk   diperhatikan menu makanan yang dimakan dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidur siang


Mungkin beberapa siswa tidak terbiasa dengan tidur siang sepulang sekolah. Beberapa anak lebih memilih untuk bermain dengan teman daripada beristirahat sejenak. Tidur siang tidak harus lama, saya sarankan cukup 15 menit saja. Dengan tubuh dapat tidur siang sejenak, maka tubuh akan kembali segar dan siap untuk melakukan aktivitas hingga sore nanti.

3. Mengulang pelajaran 


Setelah tidur siang maka kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh siswa adalah mengulang kembali pelajaran yang diterima di sekolah. Penting sekali untuk mengulang kembali pelajaran yang diperoleh di sekolah. Dengan kegiatan ini maka siswa tidak akan ada alasan lupa mengerjakan PR. Bila sudah mengulang kembali pelajaran, maka siswa akan mengetahui kemampun diri sendiri. Mana yang belum dipahami dan mana yang sudah bisa dikuasai. 

Apa yang dilakukan saat mengulang kembali pelajaran?

Beragam cara bisa siswa lakukan untuk mengulang kembali materi pelajaran. Membaca catatan yang sudah dibuat. Catatan pelajaran yang sudah dibuat tadi pagi di sekolah mestinya dibaca kembali. Memberikan garis bawah pada materi pelajaran yang dipertegas oleh guru.  Selain itu mengulang kembali pelajaran bisa siswa lakukan dengan mengerjakan soal-soal latihan yang membahas tentang materi pelajaran tersebut.


4. Menyusun kembali jadwal pelajaran


Membuat jadwal pelajaran di sekolah mungkin merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan. Ketika siswa belajar di rumah, maka siswa pun wajib menyusun jadwal pelajaran mandiri. Jadwal pelajaran di rumah dimaksudkan disini adalah jawdal kegiatan belajar yang  dilakukan siswa sepulang sekolah. Dalam jadwal tersebut tersusun waktu, kapan siswa  mengulang kembali pelajaran, jam berapa mengerjakan PR, Jam berapa mempelajari materi pelajaran esok hari. Nah, semua itu mungkin perlu bimbingan dan bantuan dari guru atau orang tua.

5. Perbanyak membaca buku

Membaca merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh siapa saja. Terlebih lagi bagi seorang siswa. Dengan membaca maka kita bisa menambah pengetahuan kita. Cobalah Anda bisakan diri untuk selalu membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan dan tidak hanya sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang semata.

Berapa lama waktu membaca yang ideal?

Lama waktu membaca itu sangat relatif sekali. Ada anak yang menghabiskan waktunya berjam-jam untuk membaca buku diperpustakaan sekolah. Kemudian ia pun melakukan hal yang sama di rumah. jadi yang terpenting adalah membaca dengan memahami apa yang dibaca. Kerena bila kita sudah mampu memahami apa isi bacaan dan bisa menceritakan kembali kepada orang lain, maka disitulah keberhasilan kita di dalam membaca.

6. Bermain


Nah, kegiatan yang satu ini jangan lupa untuk dilakukan. Belajar memang wajib tapi jangan terlalu memporsir diri untuk belajar dari pagi hingga malam hari. Penting sekali untuk menyelingi dengan kegiatan bermain. Tetapi jangan sampai keasikan bermain dan melupakan belajar. Semua harus dilakukan secara seimbang, yang terpenting utamakan adalah belajar.

Demikian tips singkat tentang kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh siswa sepulang sekolah. Penting bagi semua orang tua untuk bisa menjadi guru bagi anak-anaknya ketika berada di lingkungan keluarga. Meskipun kita tidak bisa mengajari mereka, paling tidak kita bisa mendampingi anak kita dan tidak menggganggu situasi belajar mereka. Penting juga bagi orang tua untuk selalu menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, bila bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan dan terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa mampir selalu di RIYANPEDIA.com



0 Response to "Kegiatan Yang Sebaiknya Dilakukan Siswa Sepulang Sekolah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel