Makin Banyak Membaca Maka Menulis Makin Lancar

Banyak membaca maka menulis makin lancar -   Membaca mungkin suatu kegiatan yang belum banyak dilakukaan oleh masyatakat kita sekarang. Mungkin Anda pun pernah membaca di media masa tentang kebiasaan membaca masyarakat sekarang ini.

Beberapa pemikiran yang muncul dimasyarakat selama ini kadang sangat unik. 
Yang saya maksudkan masyarakst disini adalah warga masyarakat desa. Bahkan di desa saya sendiri sikap masyarakat tentang membaca sangat beragam.
Masyarakat pedesaan tidak begitu semangat yang namanya membaca. Mungkin karena fasilitas yang terbatas atau mungkin karena budaya membaca memang belum menjadi kebiasaan bagi para warga masyarakat desa.

Membaca bagi beberapa kalangan seperti para pelajar, penulis dan pendidik adalah sebuah kebutuhan. Bagaimana tidak, karena dengan belajar maka akan memperoleh wawasan baru tentang sesuatu. 

Membaca bagi masyarakat kita selama ini memang masih diidentikkan dengan sebuah profesi seseorang. Jadi membaca hanya untuk pelajar, penulis ataupun kalangan orang yang terdidik dan bertitile. Hemmm... Sebuah pemikiran yang amat sempit rasanya. Semoga saja membaca bisa dibudayakan mulai dari keluarga kita masing-masing. Bila sudah dari ruang lingkup kecil kita belajar kan maka pastilah akan menjadi sebuah kebiasaan bagi anak cucu kita kelak. 

Membaca memang sangat memberikan dampak yang sangat luas bagi beberapa jenis keterampilan lainnya, salah satunya adalah menulis. 

JANGAN ANGGAP ENTENG DENGAN MENULIS. 

Menulis merupakan sebuah keterampilan kebahasaan dimana kita bisa menuangkan ide, pendapat dan sebuah informasi secara tertulis kepada orang lain melalui serangkaian kata yang tersusun dengan padu sehingga mampu menyampaikan arti. 

Menulis bagi beberapa kalangan tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobi saja. Namun, menulis juga bisa mendatangkan rupiah bagi Anda.  Kini banyak yang menerima jasa penulis artikel di sebuh situs-situs yang bisa Anda jadikan tempat untuk menyalurkan hobi sekaligus mendatangkan uang.

Untuk harga dari sebuah artikel itu sangat relatif. Ada yang membeli 200 kata untuk Rp 20.000, Memang sangat kecil namun bila dalam sehari Anda bisa menulis 2 artikel dengan panjang 400 kata. Wah bisa anda hitung itu. ( 2 x 2 x 20.000 ) = Rp80.000

Empat puluh ribu rupiah bisa anda kantongi dengan mudah. Kemudian bisa anda hitung berapa penghasilan sebulannya. 80.000 x 30 = 240.000 Nah itu baru hanya dua artikel saja dalam seharinya. Anda bisa hitung sendiri bila mampu menyelesaikan sebanyak 10 artikel setiap harinya. Lumayan penghasilan tambahan untuk sebulan.

Memulai sebuah aktivitas menulis memang terasa berat apabila untuk menulis suatu topik yang memang tidak kita kuasai dengan baik. Bila Anda mengalami kondisi seperti ini maka cobalah untuk menulis pengalaman pribadi Anda sendiri. Tentunya pengalaman yang memang bisa untuk Anda bagikan.

Tulislah pengalaman tersebut kata demi kata. Jangan dulu memperhatikan tidak begini dan begitu. Yang terpenting adalah tulis dan tulis.

Aktivitas menulis akan makin lancar bila kita selalu memiliki perbendaharaan kata yang baik. Perbendaharaan kata bisa kita lakukan dengan memperbanyak membaca. Dengan membaca otomatis kita akan mengisi kemampuan kita dengan ilmu baru dari hasil kita membaca. Apa yang kita baca tersebut bisa kita tulis kembali dengan bahasa dan daya serap kita sendiri sehingga akan memiliki gaya bahasa yang berbeda dengan aslinya namun inti dari apa yang dibaca masih tetap sama dengan aslinya.

Banyak membaca memang akan memberikan kelancaran anda di dalam menulis. Anda bisa lihat asilnya sendiri. Tulisan yang Anda buat bisa anda publikasikan sendiri. Entah itu dalam media masaa baik cetak maupun elektronik, atau bisa juga anda mempublikasikan tulisan anda lewat situs internet yang anda buat sendiri atau menjual artikel yang anda buat seperti apa yang saya jelaskan sebelumnya.

Jadi, jangan malas untuk membaca bila anda ingin pintas menulis. Karena hanya dengan membaca kemampuan menulis anda bisa anda asah dan terus tingkatkan. Demikian ulasan singkat saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Makin Banyak Membaca Maka Menulis Makin Lancar"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel