Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Materi Menanggapi Penjelasan Narasumber

Materi menanggapi penjelasan nara sumber - Selamat berjumpa kembali sahabat RIYANPEDIA.com artikel kali ini kami khususkan untuk adik-adik sekolah dasar atau guru sekolah dasar yang mengajar di kelas 5. 

Materi tentang menanggapi penjelasan dari nara sumber akan adik-adik pelajari di awal semester I untuk sekolah yang masih menerapkan kurikulum KTSP.

Baik, langsung saja. Mungkin Adik-adik pernah menonton tayangan televisi? terutama tayangan berita. Pasti kita akan temuakan disana bagaimana seorang reporter menyajikan sebuah berita dengan bahasa yang sangat santun dan tentunya jelas. 

Liputan yang menyajikan tayangan wawancara dengan seorang nara sumber mungkin pernah kalian tonton?  Tahukah Adik-adik apa itu nara sumber?
Seseorang sedang melakukan wawancara

Menurut wikipedia, Narasumber adalah istilah umum yang merujuk kepada seseorang, baik mewakili pribadi maupun suatu lembaga, yang memberikan atau mengetahui secara jelas tentang suatu informasi, atau menjadi sumber informasi untuk kepentingan pemberitaan di media massa.

Nah, apakah kalian sudah memahami apa itu nara sumber? Intinya Narasumber adalah orang yang memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Apa yang dipelajari di kelas 5 tentang menanggapi penjelasan Narasumber?


Adapun yang akan kita pelajari di kelas 5 semester 1 tentang menanggapi penjelasan dari Narasumber adalah sebagai berikut :
  1. Belajar mendengarkan penjelasan dari narasumber.
  2. Belajar menulis pokok-pokok penjelasan dari narasumber.
  3. Belajar menanggapi penjelasan dari narasumber
  4. Belejar menceritakan kembali tentang penjelasan dari narasumber.
Itulah yang akan kita pelajari di kelas 5 semester 1 tentang materi menanggapi penjelasan dari narasumber. Semua itu akan kita bahas satu-persatu disini. 

Ayo, kawan lanjutkan membaca lagi :D

Mendengarkan penjelasan dari narasumber sangatlah penting. Karena tanpa mendengarkan dengan baik kita tidak akan bisa memahami dengan tepat apa yang disampaikan oleh narasumber. 

Berikut ini bisa Adik-adik baca atau Bapak/Ibu. Guru bisa jadikan sebagai bahan referensi di dalam mengajar nantinya di kelas.

Berikut ini adalah contoh hasil wawancara yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar :

Pada hari libur kemarin, Desi tinggal di rumah pamannya selama satu Minggu. Paman Intan bernama Joko, ketua kelompok tani di desanya. Pada suatu hari, Desi  bertanya, ”Paman, mengapa petani di sini menanam padi? Mengapa tidak menanam buah atau sayuran?” Pertanyaan Desi tersebut mendapat penjelasan dari pamannya.
”Begini Desi, saat ini musim penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah di sini termasuk sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama. Nah, selagi air  melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami padi. Padi termasuk tanaman yang membutuhkan banyak air. Jadi, musim hujan begini saat paling tepat untuk menanam padi.
Namun, tidak berarti petani di sini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada musim kemarau, ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada juga petani yang menanam buah-buahan, seperti semangka dan melon.” Paman Joko menjelaskan dengan lancar.
”O . . . begitu. Selain itu, yang ditanam pada musim kemarau apa Paman?” tanya Desi lagi.
”Yang ditanam lainnya adalah palawija,  misalnya, kacang tanah, jagung, atau kedelai.
”Mengapa petani menanam sayuran dan  palawija pada musim kemarau, Paman?” tanya Desi.
Paman Joko pun menjelaskan, ”Hal itu karena tanaman sayuran dan palawija termasuk kurang cocok ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tanaman tersebut tidak memerlukan air.”
”Semua tanaman membutuhkan air. Namun, tanaman sejenis palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah tempat tanaman itu tumbuh tidak boleh basah atau tergenang air terus-menerus. Jika air sampai menggenang terus-menerus, akar atau batangnya dapat membusuk,” tambah Paman Joko.

Dari contoh bacaan hasil wawancara diatas terlihat bahwa sebagai narasumber adalah Paman Joko sedangkan pewawancaranya adalah Desi.

Adapun pokok pembicaraan mereka adalah :

  1.  Pada musim penghujan, yang paling tepat adalah menanam padi.
  2.  Pada musim kemarau, para petani menanam sayuran atau buah-buahan.
  3.  Petani di desa Paman Danu juga ada yang menanam palawija.
  4. Sayuran dan palawija ditanam pada musim kemarau karena termasuk tanaman yang kurang cocok ditanam pada lahan banyak air.
  5.  Kadar air yang diperlukan tanaman berbeda-beda. 

Rangkuman

Untuk mencari informasi yang tepat maka sebaiknya kita harus mencari narasumber yang tepat. Misalnya, ingin mengetahui bagaimana proses menanam padi, maka kita harus mencari seorang petani untuk dijadikan sebagai seorang narasumber.

Saat bertanya kepada narasumber sebaiknya kita mempersiapkan bahan pertanyaan yang akan kita ajukan. Jangan sekali membuat pertanyaan diluar dari apa yang akan ingin diketahui.

Tulis dengan lengkap pokok-pokok pikiran dari informasi yang disampaikan oleh narsumber. Sehingga kita tidak akan dapat memahami dengan jelas apa yang disampaikan oleh narasumber.

Demikian rangkuman singkat tentang materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD tentang materi menanggapi penjelasan dari narasumber,

Bila bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan. 

Wasalam !!!



0 Response to "Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Materi Menanggapi Penjelasan Narasumber"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel