Tips Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja

Tips cara menjaga hubungan harmonis dengan rekan kerja - Hallo sahabat Riyan Pedia senang sekali bisa berbagi tips kali ini. Mungkin dari sekian banyak sahabat pastilah sudah memiliki pekerjaa tetap, yang biasa orang bilang sebagai orang kantoran. Tentunya kerja sebagai orang kantoran atau mungkin sebagai buruh perlu memperhatikan hubungan baik dengan rekan kerja agar tercipta keharmonisan dalam bekerjasama.

Keharmonisan dalam bekerja di tempat kerja tentunya akan memberikan semangat dan suasana yang nyaman. Tentu Anda tidak menginginkan adanya permusuhan antar sesama rekan kerja.

Seiring dengan perjalanan dalam menjalankan tugas di tempat kerja tentunya pasti ada persaingan untuk bisa menunjukkan hasil kerja. Namun, terkadang persaingan tersebut membuat sebuah perselisihan dalam tempat kerja. Mungkin anda pernah mengalami kejadian tersebut di tempat kerja anda? Wah saya yakin pasti hal tersebut akan sangat mengganggu Anda. Bahkan tidak jarang perselihan tersebut bisa berjung pada tindakan lain yang diluar batas kemanusian. Tentu tidak perlu saya bahas disini.

Yang menjadi pokok dalam menjaga hubungan yang harmonis di tempat kerja adalah dengan cara kesadaran dan rendah hati. Namun, tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan. Berikut akan saya sampaikan beberapa cara yang bisa anda lakukan di dalam memjaga hubungan yang harmonis dalam dunia kerja.

1. Bersikap sopan dan santun
Penting sekali diperhatikan sikap kita di dalam bekerja. Sikap yang sopan dan santun tentu akan memberikan kesan bahwa anda memang adalah orang baik. Cara menunjukkan sikap sopan dan santun bisa anda lakukan misalnya: 
- sering bertegur sapa saat bertemu dengan rekan kerja. Mungkin ketika anda akan pergi ke kantin cobalah memberikan salam dan saling bertegur sapa.

Sikap sopan ini hendaknya anda tunjukkan kepada semua orang. Jangan anda hanya bersikap sopan kepada atasan saja sedangkan rekan kerja yang lainnya yang mungkin tidak memiliki jabatan anda acuhkan begitu saja. Bila demikian maka anda akan dipandang sebagai orang yang sombong.

2. Jangan suka membicarakan kekurangan teman kerja
Entah itu pria atau wanita biasanya pada jam istirahat paling suka ngerumpi. Kalau tidak masalah keluarga yang dijadikan topik pembicaraan, bisa juga mengusik kekurangan teman kerja.


Bagaimana benar bukan? Mungkin saja ini salah satu topik yang sering anda dengar di ruang kantor. Kalau memang benar saya sarankan anda jangan ikutan menyambung topik tersebut. Biarkan rekan lain yang membahas dan anda lebih baik dengarkan saja.

Membicarakan kekurangan rekan kerja mungkin menjadi hal yang sangat enak di bahas bagi beberapa orang yang memang membenci orang yang dibicarakan tersebut.

Membicarakan orang teman kerja kepada orang lain yang nota bena ia juga bekerja di tempat yang sama maka itu ibaratnya akan menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

Kenapa???

Karena ketika Anda membicarakan kekurangan teman kerja anda pada teman lain maka tidak menutup kemungkinan ia akan menceritakan apa yang anda sampaikan kepada teman tersebut. Kalau sudah demikian siapa yang akan rugi. Tentunya Anda sendiri.

Hubungan rekan kerja menjadi tidak harmonis, suansana kerja saling curigai dan tidak ada kepercayaan, saling menjatuhkan, pokoknya semua serba jelek.

3. Jangan terlalu dekat dengan atasan
Mengapa dekat dengan atasan saya masukkan sebagai salah satu perilaku yang harus anda hindari dalam mejaga keharmonisan di tempat kerja.

Saat Anda dekat dengan atasan maka secara otomatis akan mempengaruhi pendangan rekan kerja anda terhadap anda sendiri.

Saat kita dekat dengan atasan maka begitu ada salah satu teman yang mendapat sangsi atau penilaian buruk dari atasan maka mereka akan berpikir bahwa kitalah yang mempengaruhi atasan.
Mungkinkah demikian???
Jawabannya pasti mungkin, karena tidak ada yang tidak mungkin.

4. Berusaha menbantu teman tanpa pandang bulu
Kadang ada beberapa dari kita ketika memberikan bantuan kepada orang lain masih berpikir dari A sampai Z.

Padahal orang yang akan kita bantu tersebut adalah rekan kerja kita sendiri. Bila kita masih berpikir demikian maka akan sangat sulit kedepanya bagi diri kita sendiri. Yang namanya kesulitan setiap orang pasti akan mengalaminya cepat atau lambat.

Dengan memberikan pertolongan kepada orag lain berarti kita sudah menanam kebaikan yang mana hasilnya akam kita nikmati dikemudian hari.

Hukum karma akam selalu berjalan. Jadi bila hari ini kita menanam kebaikan maka hasil yang akam kita peroleh adalah kebaikan pula. Demikian juga sebaliknya. Bila menanam keburukan maka akan buruk pula yang kita peroleh.

Demikian ulasan singkat tentang tips cara menjaga hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Wasalam !!!

0 Response to "Tips Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel