Bagaimana Gambaran Full Day School ( FDS ) yang Mulai Diwacanakan?

Bagaimana gambaran full day school yang mulai diwacanakan? Baru-baru ini mungkin sudah banyak Anda temukan informasi tentang wacana Full Day School yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Memang untuk sementara wacana ini belum dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia. Seperti yang disampaikan Muhadjir bahwa semua ini perlu dilaksanakan pilot projek terlebih dahulu sebelum dilaksanakan secara menyeluruh. 

Gambaran tentang Full Day School ini nantinya akan memberikan waktu belajar yang lebih lama pada siswa terutama peningkatan dan pembentukan karakter dan etika. Siswa akan pulang pada pukul 5 sore.  Hal tersebut didasari dengan banyaknya waktu yang terbuang secara percuma ketika siswa pulang sekolah tanpa pengawasan dari orang tua yang baru pulang kerja sampai pukul 5 sore. Nah, dengan adanya FDS tersebut maka, orang tua siswa bisa menjemput anak dan pulang bersama.

Nah, dengan adanya program Full Day School inilah dapat memangkas waktu kosong siswa dan memperpanjang waktu belajar di sekolah. Dengan adanya waktu sekolah yang lebih lama, maka diharapkan siswa akan lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah sehingga akan meningkatkan kemampuan siswa.

Sebagai kompensasi dari adanya program sehari penuh di sekolah, maka siswa akan memperoleh waktu libur lebih lama, yaitu dua hari dalam seminggu. Hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur. Sekali lagi hal tersebut baru sebatas gagasan. 

Muhadjir mengatakan, untuk mewujudkan sistem tersebut diperlukan biaya tambahan dalam bentuk iuran rutin atau sumbangan sehingga sekolah tidak sepenuhnya gratis, sebagaimana program pemerintah selama ini.

Komite sekolah juga akan diperkuat untuk menyaring siswa yang layak memperoleh bantuan biaya sekolah dan subsidi dari pemerintah.

Wah, apapun program dari pemerintah pastinya sudah dipikirkan dengan matang-matang dan untuk kepentingan masyarakat. Semoga kedepan pendidikan di negeri ini semakin maju dan bisa memberikan yang terbaik bagi negeri dan anak negeri ini. 

Demikian ulasan singkat yang bisa kami sajikan. Informasi ini disadur dari jetjetsemut.blogspot,com

0 Response to "Bagaimana Gambaran Full Day School ( FDS ) yang Mulai Diwacanakan?"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel