Budidaya Tanaman Sayuran di Sekolah Melatih Kewirausahaan Siswa

Budidaya tanaman sayuran di sekolah melatih kewirausahaan siswa - Di zaman yang serba sulit sekarang ini memang untuk mencari sebuah pekerjaan sangatlah sulit. Apalagi bagi mereka yang hanya tidak memiliki pendidikan tinggi. Mengajarkan siswa untuk bisa berwirausaha akan menjadikan mereka bukanlah hanya penerima sebagai buruh saja. Menciptakan lapangan usaha sendiri dengan modal secukupnya namun tekad yang kuat untuk menjadi seorang wirausahawan akan mendorong segala kemajuan dalam diri.
Melatih siswa untuk belajar berwirausaha bisa dilakukan secara tidak langsung. Misalnya kegiatan penghijauan di sekolah diselipkan dengan kegiatan kewirausahaan. Dengan kegiatan secara tidak langsung tersebut, maka siswa akan melakukan dua kegiatan secara tidak langsung pula, sehinagga kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan mengalir dan tidak kaku.

Budi daya tanaman sayuran

Tanaman sayuran merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Jenis tanaman ini pun merupakan komuditi makanan yang paling sering kita konsumsi. Sayuran kaya akan serta dan vitamin bagi tubuh. Tidak hanya itu, tanaman sayuran pun bisa dijadikan sebagai wahana untuk menghijaukan sekolah. Dengan penataan yang baik dan perawatan yang rutin maka tanaman sayuran mampu mengiasi sekolah sehingga mempercantik penampilan sekolah. Disamping itu juga, tanaman sayuran yang ditanam di sekolah bila digeluti dengan baik oleh siswa dibawah pembinaan guru akan menjadi peluang bisnis bagi sekolah dan siswa tersebut. Jenis tanaman sayuran yang bisa Anda coba untuk tanam di sekolah misalnya tomat, sayur hijau, ketela pohon, cabai, bayam . Tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru. Mungkin kelihatannya begitu aneh menanam sayuran di sekolah. Tetapi dengan cara demikian kita akan bisa membelajarkan ank akan arti kebesihan, kerja keras, dan kewirausahan.

Melatih kewirausahaan siswa melalui kegiatan menanam sayuran

Memulai belajar kewirausahaan bagi anak bisa kita latih sejak kecil. Di sekolah memang tidak ada pembelajaran secara langsung mengajarkan siswa untuk berwirausaha. Namun, semua itu bisa dibelajarkan secara tidak langsung. Pada aktivitas menanam sayuran di sekolah bisa kita belajarkan siswa untuk berwirausaha. Membelajarkan mereka berwirausaha dengan menanam sayuran dengan cara mengajak siswa untuk bercocok tanam pada beberapa tempat di sekolah. Anda bisa mengajak mereka untuk bercocok tanam di belakang kelas maupun di depan kelas dengan mengatur tempat dan media tanam yang layak dan memiliki nilai artistik. Hasil dari penjualan sayuran tersebut kemudian bisa di jual oleh siswa di warung dekat sekolah. Hasil penjualan sayuran tersebut bisa menjadi kas bagi sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan di kelas tersebut atau bagi siswa. Demikian informasi singkat, semoga bermanfaat !!

0 Response to "Budidaya Tanaman Sayuran di Sekolah Melatih Kewirausahaan Siswa"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel