Cara Menjaga Diri Agar Terhindar dari Flu atau Pilek

Cara menjaga diri agar terhindar dari flu atau pilek. Musim hujan sudah tiba. Pastinya anda harus persiapkan ketahanan diri anda. Mengapa? Karena pada waktu musim hujan, tubuh sering mengalami penurunan daya tahan sehingga mudah terkena penyakit, salah satunya sakit flu atau yang lebih dikenal dengan nama pilek oleh masyarakat umum.

Tentunya menjaga diri agar terhindat dari penyakit flu atau pilek jauh lebih baik daripada mengobatinya. Apalagi biaya berobat sekarang ini tidaklah murah, oke bagi anda yang memiliki jasa asuransi. Namun, bagaimanapun juga yang namanya sakit tidak ada enaknya.

Adapun cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit flu atau pilek adalah sebagai berikut: 


1. Menjaga kebersihan tangan
Menjaga kebersihan tangan sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anda. Bagaimana tidak, karena tangan yang kotor akan berakibat buruk bagi kesehatan. Kalau sudah badan sakit pastilah daya tahan akan berkurang. So, pastikan anda selalu mencuci tangan sebelum makan. Ingat cuci tangan harus tepat, pakai sabun dan air bersih dan mengalir. Cuci tangan jangan terlalu cepat. Cukup dengan 20 detik. Yah, kalau tidak sempat mengukur waktunya, jadi lamanya kurang lebih sama dengan anda dua kali menyanyikan lagi "Selamat Ulang Tahun "

2. Istirahat yang cukup
 Tubuh tidak hanya perlu makanan dengan gizi yang seimbang. Tubuh juga butuh  istirahat, Nah, agar anda bisa terhindar dari flu atau pilek, cobalah untuk mengatur waktu istirahat yang cukup. Tidur siang jangan terlalu lama dan di malam hari jangan terlalu sering begadang. Waktu istirahat orang dewasa antara 8 - 10 jam, untuk anak-anak bisa menjapai 10 - 13 jam sedangkan usia balita bisa mencapai 11 - 14 jam. Bila tidur siang anda cukup 15 menit saja. Jangan terlalu lama, entar bangunnya pusingg...

3. Perbanyak makanan yang kaya akan karbohidrat
Bila musim hujan pastilah suhu udara diluar tubuh akan turun. Kondisi ini akan membuat udara diluar akan terasa dingin. Dengan perbanyak memakan makanan yang kaya akan karbohidrat maka akan meningkatkan kalori dalam tubuh. Kalori  ini lah yang akan menjaga tubuh kita dari kondisi dingin. Tubuh akan tetap berada pada suhu yang ideal. Tentu tubuh akan lebih kebal dari yang namanya flu.

4. Minum suplemen
 Makanan yang kita konsumsi setiap harinya tentulah belum mengandung kandungan zat yang ideal. Maka dari itu dengan mengkonsumsi suplemen akan memberikan kekuatan baru bagi tubuh kita. Suplemen yang anda konsumsi harus sesuai dengan dosis, Jangan sampai berlebihan dan jangan keterusan. Cukup sekali dalam seminggu atau mungkin sebulan.

5. Pakai masker saat berkendaraan
Bila anda seorang yang sering melakukan aktivitas dengan mengendarai sepeda motor, sangat disarankan untuk selalu memakai masker. Debu dan udara diluar tentu memiliki beragam kandungan tidak terkecuali virus flu, Dengan memakai masker maka akan mengurangi peluang virus dan debu tersebut terhirup.

6. Rajin berolahraga
Paling penting dari semua itu akan lebih lengkap bila anda menyertakan olahraga sebagai gaya hidup anda. Dengan rajin berolahraga akan meningkatkan ketahanan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka badan anda akan sehat. Berolahraga tidak harus lama, cukup dengan berjalan atau lari-lari kecil sudah memberikan efek yang besar bagi anda.

Nah, mumpung tubuh anda masih sehat dan tidak terserang flu atau pilek, maka tidak ada salahnya anda mencoba menerapkan apa yang kami sajikan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Semoga bermanfaat !!!

0 Response to "Cara Menjaga Diri Agar Terhindar dari Flu atau Pilek"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel