Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Siswa SD Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Siswa SD

Riyan Pedia dot Com. Kali ini Riyan Pedia akan membagikan sebuah tips tentang cara mudah membuat puisi untuk siswa SD. Mungkin bagi beberapa orang tua dan guru di sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam mengajari siswa dalam membuat puisi. Di sekolah dasar materi membuat puisi sudah mulai dibelajarkan di bangku kelas 5. Namun, puisi sudah diperkenalkan melaui nyanyian di kelas-kelas rendah.

Membuat siswa mampu menuangkan ide mereka dalam sebuah puisi  memang tidak mudah. Perlu kiat dan motivasi yang harus dilakukan oleh guru di sekolah. Berikut ini rangkaian strategi yang bisa guru lakukan dalam melatih siswa agar mudah dalam membuat sebuah puisi.

1. Menemukan ide puisi
Cara mudah membuat puisi yang pertama harus dilakukan adalah melatih siswa anda untuk menemukan ide yang akan ditulis. Ide bisa datang darimana saja. Ide yang akan dijadikan puisi bisa bersumber dari pengalaman pribadi. Ide yang akan dijadikan puisi bisa juga bersumber dari pengalaman orang lain. Menemukan ide dalam membuat puisi bisa anda bantu dengan membawa sebuah benda ke dalam kelas. Misalnya saja sebuah pensil atau tas sekolah. Dengan benda tersebut siswa diarahkan untuk menemukan sebuah gagasan dalam membuat sebuah puisi. 

2. Tuntun siswa untuk mengembangkan ide
Setelah siswa berhasil menemukan ide yang akan dibuat menjadi sebuah puisi. Maka cara mudah selanjutnya dalam menulis puisi untuk anak SD adalah menuntun mereka mengembangkan ide yang sudah ditemukan. Disini siswa dilatih menuliskan gambaran dari sesuatu yang akan digambarkan. Misalnya akan membuat puisi yang bertema pahlawan. Tuntun siswa untuk menemukan bagaimana perjuangan pahlawan dalam melawan penjajah, apa yang sudah para pahlawan korbankan demi sebuah kemerdekaan, bagaimana cara kita sekarang ini menikmati sebuah kemerdekaan dari perjuangan pahlawan.

Dengan menemukan gagasan pengembangan tersebut, maka siswa tidak akan kesulitan di dalam menuliskan kalimat sebuah puisi. Peran serta guru sangat mendukung sekali kesuksesan siswa di dalam menulis sebuah puisi.

3. Menyusun setiap kalimat dengan kata kiasan
Cara mudah berikutnya adalah menambahkan kata kata kiasan dalam setiap susunan kalimat yang telah dibuat. Membaca puisi adalah membaca dengan indah. Jadi kekuatan sebuah puisi terletak dalam kalimatnya yang diisi dengan makna kiasan. Misalnya tema pahlawan tadi bisa kita susun menjadi sebuah kalimat yang berisikan kata kiasan seperti kalimat berikut ini.

Kalimat asli : " Pahlawan berjuangan dengan penuh semangat!"
Kaliamat kiasan : " Pahlawan dengan semangat membara laksana api berjuang mengusir penjajah!

Dengan menambahkan kalimat-kalimat kiasan maka kalimat puisi akan terasa lebih hidup. Jadi berikan kesempatan kepada siswa anda untuk berimajinasi dalam menuangkan ide tulisan dalam bentuk puisi.

Motivasi dan stimulus dari guru sangat mempengaruhi hasil penulisan siswa. Demikian tulisan sederhana ini, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Wasalam!!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar