Cara Terbaik Mengajari Anak Belajar Menulis

Cara terbaik mengajari anak belajar menulis. Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya pandai menulis? Menulis di sekolah dasar memang sudah mulai dibelajarkan sejak di bangku kelas 1.

Kadang orang tua mengalami sedikit kesulitan ketika mengajari anak belajar menulis. Yang namanya anak kecil mereka akan cenderung lebih memilih kegiatan yang menyenangkan bila Anda mengajari menulis dengan cara yang kaku dan bersifat memaksa mereka.

Kali ini riyanpedia.com akan berbagai cara dalam mengajari anak belajar menulis. Semua akan dibahas pada artikel ini.

1. Buatlah kegiatan menulis menjadi menyenangkan
Anak-anak akan lebih tertarik pada kegiatan yang menyenangkan. Jadi saat Anda akan mengajari mereka menulis maka sebaiknya gunakan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan mengajak mereka belajar sambil bermain. Menyisipkan kegiatan belajar dalam aktivitas permainan mereka, tentu tidak akan membuat mereka merasa tebebani dan malah akan lebih menyukai aktivitas tersebut.

2. Mengajari menulis dimana saja
Kegiatan belajar anak tidak harus dilakukan di dalam ruangan atau tempat resmi. Menulis bisa Anda lakukan dimanapun. Misalnya saat Anda mengajak anak bermain ke pantai. Anda bisa mengajari anak menulis melalui media pasir. Bila anda mengajak anak bermain di sebuah pertamanan, anda bisa menggunakan tempat tersebut untuk menciptakan belajar yang nyaman kepada anak.

3. Hindari memaksa anak untuk belajar
Yang namanya paksaan pastilah tidak nyaman. Demikian halnya dengan belajar menulis yang akan dilakukan oleh anak Anda. Sebagai orang tua jangan sekali memaksa mereka. Apalagi dengan perkataan dan sikap yang marah manakala melihat mereka tidak belajar atau belum mahir di dalam menulis. Yang terpenting yang harus anda lakukan adalah sebaiknya lebih pada menumbuhkan semangat belajar mereka. Dengan semangat belajar maka anak akan tumbuh inisiatif sendiri untuk belajar tanpa harus dipaksakan oleh orang tua untuk belajar.

5. Lengkapi dengan fasilitas belajar yang menarik
Anak sekolah dasar merupakan anak yang masih tumbuh dan berkembang penuh dengan stimulus dan media. Jadi ketika Anda akan mengajari mereka suatu keterampilan, maka berikanlah sebuah media pendukung. Media menulis misalnya pensil yang lucu, buku tulis bergambar disertai dengan tulisan-tulisan yang bisa mereka tebalkan, atau garis putus-putus yang bisa mereka hubungkan untuk menjadi sebuah rangkaian huruf yang memiliki sebuah arti.

Beberapa Teknik yang Anda Bisa Gunakan dalam Mengajari Anak Belajar Menulis dengan Baik, adalah sebagai berikut :

1. Latihan memegang pensil
Mungkin keterampilan ini sudah diajarkan oleh guru di sekolah. Namun, tidak ada salahnya Anda memberikan penguatan kepada anak. Berikan mereka contoh bagaimana memegang pensil yang baik dan benar. Dimasa awal anak akan belajar menulis, sering sekali terlihat anak salah dalam memegang pensil. Apabila tidak segera diperbaiki maka akan menimbulkan kesulitan anak di dalam menulis nantinya.

2. Latihan membuat rumput
Ini merupakan kelanjutan anak di dalam belajar menulis. Anda bisa memberikan contoh gabar rumput. Gambar rumput disini adalah gambar garis sederhana, yaitu vertikal dan horisontal. Berikan kesempatan anak untuk membuat coretan hambar rumput pada buku mereka. Sesekali berikan penguatan dan penghargaan atas apa yang sudah mereka buat. Sedikit pujian yang anda berikan akan menambah semangat mereka.

3. Menebalkan Gambar
Mengajari anak-anak cara menulis dapat dimulai dengan melakukan teknik menebalkan. Dalam hal ini, teknik menebalkan tidak hanya dalam bentuk tulisan melainkan juga diterapkan dalam bentuk gambar.

Anda bisa memilih gambar-gambar yang paling disukai anak, misalnya bunga. Maka Anda bisa mencari gambar-gambar bunga dan mengajak anak-anak untuk menebali gambar tersebut.

4. Menebalkan Garis Putus-putus
Jika Anda berhasil melatih anak menebalkan gambar, materi selanjutnya yang dapat diberikan adalah menebalkan garis putus-putus. Sediakan aneka gambar dengan garis putus-putus dan perintahkan anak untuk menghubungkan tiap garis-garisnya.

5. Mengenalkan Huruf
Selanjutnya Anda dapat menunjukkan gambar pada anak beserta namanya. Misalnya gambar gajah dan di bagian bawahnya juga tertulis gajah. Lalu, Anda dapat menunjukkan gambar tersebut pada anak sambil mengatakan ini gajah. Lakukan secara berulang dengan gambar yang beraneka ragam.

Demikian ulasan singkat tentang cara terbaik dalam mengajari anak belajar menulis. Semoga tulisan sederhana ini memberikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda di website riyanpedia.com dan jangan lupa membagikan tulisan ini bila anda rasa menarik. Saran dan komentar anda sangat kami harapkan. Terimakasih dan Wasalam !!!

0 Response to "Cara Terbaik Mengajari Anak Belajar Menulis"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel