Disket Kini Mulai Jarang Ada di Pasaran, Apa Penyebabnya Ya ?

Menulis tidak hanya dilakukan di atas kertas atau buku tulis. Dengan perkembangan jaman yang semakin maju, media menulis tidak lagi berupa buku. Komputer atau laptop merupakan media yang kini makin populer dikalangan para pelajar, guru, wiraswasta, pelaku dunia hiburan, hingga ibu rumah tangga pun kian maju dengan perangkat laptop di tangan.

Menyimpan hasil dari karya yang dibuat dalam komputer memerlukan adanya tempat penyimpanan file. Dan yang paling umum sekitar tahun 1997'an adalah media penyimpanan file berupa disket.mungkin Anda masih ingat dengan benda yang satu ini?

Disket di era itu paling banyak digunakan di berbagai perkantoran. Walaupun saat itu sudah ada CD dan flishdisk namun yang paling umum saya temukan adalah disket.
Dengan kapasitas sekitar 35MB, tentunya menambah rasa percaya dirinya pemiliknya kala itu. Saya sendiri sangat bangga sekali manakala sudah mampu mengoperasikan komputer dan menyimpan filenya di dalam disket.

Ada ruang khusus dalam setiap CPU komputer kala itu. Benda yang bentuknya persegi tersebut dan sangat tipis sering pula dikenal dengan nama 3 setengah flopy A. Demikianlah kala itu ketenaran disket yang memberikan kebanggaan si'empunya.
Memang kalah kita melihat kelemahan disket kala itu dengan alat penyimpanan data di jaman sekarang ini sangat jauh kala. Ibaratnya kalau kita bedakan kehidupan jaman penjajahan dengan jaman kemerdekaan. Jelas kalau kita cari bedanya 

maka akan tampak jelas sekali.
Disket dengan kapasitas kurang lebih 35mb jelas tidak mampu menyimpan file besar seperti mP3 misalnya atau gambar-gambar dalam jumlah yang banyak. Kelemahan inilah yang membuat diaket kini sudah mulai terlupakan.

Di samping itu ternyata ada hal lain yang membuat disket kini makin jarang ditemukan dipasara.

Satu, disket memiliki kemapuan menyimpan data yang sangat minim. Kalau orang ingin menyimpan banyak data maka mereka harus membeli banyak diaket pula. Waduh... Jelas hal ini kurang praktis.

Kedua, sangat rentan dengan virus. Dulu ketika saya masih sering rental komputer sering menyimpan file data pada disket. Karena seringnya colok sana sini maka viruspun semakin rentan sekali mesuk merusak data dalam disket.

Ketiga, semua perangkat komputer dan laptop saat ini sudah tidak lagi menyertakan tempat 3 setengah flopy A. Yang merupakan usb bagi disket.  Ibaratnya sepatu Anda membelinya tapi jarang dipakai, mubazir jadinya.
Itulah tiga penyebab kenapa disket sekarang ini sudah mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Bila Anda masih memiliki benda tersebut maka simpan baik-baik, apalagi di dalamnya berisi data penting. Dengan jarangnya digunakan benda tersebut siapa tahu nantinya akan jadi benda bersejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sarat akan pengetahuan.

Demikian ulasan kami, semoga artikel ini memberikan manfaatnya yang berarti bagi Anda. Wasalam...!!!

0 Response to "Disket Kini Mulai Jarang Ada di Pasaran, Apa Penyebabnya Ya ?"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel