Enam Cara yang Bisa Anda Lakukan dalam Menjalin Komunikasi Dengan Anak

Riyan Pedia dot Com Halo sahabat Riyan Pedia informasi kali ini adalah tentang menjalin komunikasi dengan anak. Komunikasi merupakan hubungan timbal balik antara pembicara dan pendengar. Berkomunikasi tentunya harus menggunakan Tutur bahasa. Baik itu bahasa lisan maupun tulisan. Sering kali terjadi miskomuniksi antar individu sehingga menyebabkan apa yang akan kita sampaikan tidak bisa sampai dengan benar.

Menjalin komunikasi terhadap keluarga merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam menjalankan keharmonisan antar keluarga. Komunikasi terhadap anak adalah salah satu bentuk komunikasi dengan keluarga yang harus anda lakukan dengan baik. Jangan sampai anak yang anda sayangi jadi membandel dan lebih mendengar pengaruh dari luar daripada dengan anda sendiri sebagai orang tuanya.

Menjalin komunikasi yang baik dengan anak tentunya harus dilakukan dalam setiap langkah kehidupan keluarga anda. Tentnya semua itu harus anda lakukan dengan tidak kaku. Bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan anak? Berikut akan saya kupas dalam artikel ini. Cekidot!

1. Saat makan bersama
Anda bisa menjalin bentuk komunikasi yang baik bersama anak anda ketika makan bersama. Dalam suasana yang nyaman ketika makan, anda bisa memulai menanyakan hal-hal yang menyenangkan dan kurang menyenangkan yang dialami anak anda. Mungkin pengalaman anak anda saat di sekolah, atau selama anak berinteraksi dengan temannya. Dengan suasana yang nyaman dan dalam situasi makan, anak akan menceritakan bagaimana kegiatan yang mereka alami.

2. Moment ulang tahun
Komunikasi dengan anak sebenarnya bisa anda lakukan kapan saja. Namun, memilih moment yang tepat seagai langkah awal dalam menciptakan komunikasi yang baik dengan anak, bisa anda lakukan saat moment ulang tahun dengan anak anda. Di moment  tersebut anak akan sangat bahagia apabila anda merayakanya.

3. Mengajak anak untuk duduk bercengkrama
Sesibuk apapun anda saya rasa harus menyempatkan diri untuk mengajak anak duduk bercengkrama. Ajak mereka untuk berbincang-bincang. Topik yang anda angkat harus menyesuaikan dengan dunia anak. Mungkin dari hobi anak anda, cita-cita dan pengalaman yang pernah dialami anak anda. Dengarkan apa yang ingin mereka sampaikan. Masukkan nilai-nilai budipekerti dari refleksi sikap yang anak anda sampaikan.

4. Jadilah pendengar yang baik
Sediakan waktu ditengah kesibukan bekerja untuk mendengar keluhan anak. Biasanya orangtua hanya maunya didengarkan dan dituruti oleh anak. Saat ini belajarlah mendengar keluhan anak.  Bisa jadi masalah besar justru muncul karena orangtua yang mengabaikan keluhan anak.

5. Bicaralah dengan jelas dan singkat
Cukup berbicara dengan jelas dan singkat apa yang ingin disampaikan, agar anak bisa langsung mengerti  apa yang sedang kita bicarakan. Jika anak belum juga paham, maka ulangilah dengan perlahan. Dibutuhkan kesabaran hingga anak benar-benar mengerti.

6. Kontak mata
Salah satu cara berkomunikasi yang baik dengan anak adalah kontak mata. Kontak mata penting dalam berkomunikasi. Usahakan kontak mata antara anak dan orangtua sejajar. Misalnya, ketika kita sedang berkomunikasi dengan anak sebaiknya tidak sedang berdiri, karena kontak mata sulit terjadi dan komunikasi menjadi kurang efektif. Jika kontak mata terjadi, orangtua bisa menyampaikan maksudnya dengan baik, serta dapat meyalurkan energi positif kepada anak.

Nah, demikianlah cara yang bisa anda lakukan dalam menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wasalam !!!

0 Response to "Enam Cara yang Bisa Anda Lakukan dalam Menjalin Komunikasi Dengan Anak"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel