Memanfaatkan Youtube Sebagai Media Pembelajaran

Memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran - kegiatan pembelajaran tentunya merupakan sebuah kegiatan yang terencana sebagai bentuk atau tindakan untuk membelajarkan seseorang. 

Kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan baik tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang dari guru. Perencanaan tersebut meliputi : penyusunan rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran. Pentingnya ketiga komponen tersebut diperhatikan agar apa yang menjadi tujuan pembelajaran bisa tercapai tepat sasaran.

Pentingnya guru membuat perencanaan pembelajaran secara mandiri.
Mengapa saya tekankan pada pentingnya guru dalam menyusun rencana pembelajaran secara mandiri. Ada beberapa diantara guru-guru yang enggan untuk menyusun rencana pembelajaran sendiri dan malah menggunakan rencana pembelajaran yang biasa di unduh melalui internet. Dimana kalau kita lihat belum tentu rencana pembelajaran tersebut sesuai diterapkan di kelas yang akan kita ampu.
Berkaitan dengan menciptakan pembelajaran yang menarik, sudah tentu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan bermakna dalam kegiatan pembelajaran. 

Media pembelajaran audio visual yang lebih dikenal dengan video, bisa anda jadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di sekolah. Penting anda perhatikan adalah pemilihan media untuk materi pembelajaran.

Media pembelajaran dengan memanfaatkan youtube merupakan pilihan yang sedikit memerlukan kehati-hatian anda dalam menggunakan sebagai media pembelajaran. Sebab kita ketahui di situs YouTube beragam konten ada disana. Jadi penting untuk anda menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran tidak secara Online.

Jangan sampai secara tidak sengaja media yang Anda tayangkan malah memberikan tayangan yang negatif.
Jadi yang perlu Anda pahami adalah 
cari > pilih > ambil > dan gunakan.

Bila Anda kreatif Anda bisa membuat Chanel YouTube sendiri. Kemudian meng-upload materi pelajaran di Chanel tersebut. Kemudian menginformasikan kepada siswa Anda untuk mengunduh materi tersebut di Chanel yang sudah Anda buat.

Ada beberapa kemudahan yang bisa Anda berikan kepada siswa.

Satu, siswa bisa belajar Internet dengan aman dan menyenangkan. Dengan adanya media yang bisa siswa unduh langsung akan memberikan kemampuan bagi mereka untuk belajar secara mandiri.

Kedua , Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan siswa Anda. Sekaligus membantu mereka belajar.

Keriga, dengan banyaknya akses ke Chanel YouTube anda, maka peluang semakin terkenal sekaligus bisa menghasilkan pundi uang dari sana.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran ?

Baiklah selamat mencoba dan terimakasih atas kunjungan Anda ke situs Riyan Pedia. Semoga artikel ini memberikan manfaatnya bagi kita semua. Wasalam!!

3 Responses to "Memanfaatkan Youtube Sebagai Media Pembelajaran"

  1. Kunjungan balik bos. Kayknya ini bisa jadi inspirasi saya untuk membuat video yang akan diunggah di youtube

    BalasHapus
  2. tapi kan harus semua murid punya hp canggih bos....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus canggih untuk dapat mengakses video di youtube, asal dapat mengakses internet

      Hapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel