Tips Mengusir Kebosanan Siswa Belajar di Sekolah

Riyan Pedia dot Com. Tips mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah. Belajar merupakan sebuah aktivitas yang bisa dibilang menguras tenaga dan pikiran. Banyak siswa yang mengalami kelelahan yang luar biasa ketika sedang belajar, baik di rumah maupun di sekolah. Selain rasa lelah, siswa juga bisa mengalami kebosanan di dalam belajar.

Setiap manusia bisa mengalami kebosanan jika melakukan aktivitas yang berulang-ulang setiap harinya. Begitu juga dengan siswa di sekolah yang mulai dari hari Senin hingga hari Sabtu harus berangkat ke sekolah mengikuti pelajaran hingga hari Sabtu. Belum lagi bagi sekolah yang melakukan kegiatan ekstrakurikuler di hari Minggu. Mereka harus mengikuti kegiatan pembelajaran hingga bel pulang tanda kegiatan pembelajaran telah usai berdentang. Dari semua rutinitas tersebut selain kelelahan, siswa juga bisa mengalami sebuah efek yang paling ringan yaitu kebosanan.

Munculnya perasaan bosan dari anak terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah akan berakibat buruk bagi prestasi siswa tersebut. Rasa malas yang berdampak pada keterpaksaan siswa mengikuti pembelajaran tersebut dapat mempersulit internalisasi materi dan nilai-nilai yang ditanamkan oleh guru di sekolah.

Peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan akan mengurangi pengaruh kebosanan siswa dalam belajar.


Ada beberapa cara yang bisa guru lakukan untuk mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah. Bagi anda guru kreatif pastilah sudah melakukan segala upaya dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah bisa anda lakukan dengan kegiatan sebagai berikut ini :

1. Menyelipkan selingan humor disela pembelajaran
Selama belajar di kelas apalagi guru yang mengajar tidak bisa menciptakan pembelajaran yang dinamis pastilah siswa akan sangat bosan dalam menerima pembelajaran. Kebosanan tersebut tidak akan terjadi manakala anda melakukan kegiatan pembelajaran dalam suasana yang ceria. Keceriaan dalam kegiatan belajar salah satunya bisa anda lakukan dengan menyelipkan selingan homor kepada siswa. Perlu juga anda perhatikan kalau humor yang anda berikan tidak sampai menyinggung perasaan salah seorang siswa.

2. Menyisipkan game dalam setiap pembelajaran
Tips mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah selanjutnya adalah dengan cara menyisipkan game dalam setiap pembalajaran. Game bisa anda rencanakan sebelumnya atau langsung saat itu juga dilakukan dengan cara spontan, Anak usia sekolah dasar akan sangat senang dengan kegiatan yang berbau kompetisi. Nah, dengan melakukan game kecil di setiap pembelajaran akan mampu mengusir kebosanan belajar mereka.

3. Membuka dan menutup kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi
Mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah bisa anda lakukan dengan mengajak siswa bernyanyi ketika membuka dan menutup pelajaran. Bernyanyi tentu akan membuat siswa menjadi ceria. Pilih siswa secara bergantian setiap harinya untuk memimpin bernyanyi di depan kelas.

4. Menghias kelas dengan aneka gambar dan pernak-pernik pajangan siswa
Tips mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah selanjutnya adalah dengan cara memajang hasil karya pernak-pernik siswa di kelas. Dengan kelas yang dipenuhi banyak pajangan tentu akan memberikan suasana yang berbeda bagi siswa. Rasa bosan siswa akan teratasi. Hiasan bisa anda pajang secara bergantian. Hal ini perlu anda lakukan sehingga suasana kelas tidak akan terkesan monoton.

Nah, demikianlah beberapa tips singkat yang bisa Riyan Pedia bagikan kali ini. Mungkin saja apa yang kami sampaikan disini sudah lebih dulu anda lakukan. Atau anda memiliki tips yang mungkin bisa dibagikan disini. Bila anda silahkan hubungi kontak kami, dan kami akan siap mempublikasikan tulisan anda di website Riyan Pedia dot Com.

Salam pendidikan !!!

0 Response to "Tips Mengusir Kebosanan Siswa Belajar di Sekolah"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel