4 Sumber Belajar Yang Bisa Dimanfaatkan Guru Untuk Menunjang Pembelajaran

4 sumber belajar yang bisa dimanfaatkan guru untuk menunjang pembelajaran - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang terencana oleh guru. Perencanaan pembelajaran yang baik harusnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk senantiasa aktif dalam pembelajaran.

Pembelajaran yang konvensional memberikan gambaran dimana siswa hanya sebagai pendengar atas apa yang disampaikan guru. Siswa hanya menonton apa yang guru tunjukan. Kini di era baru sekarang ini, dimunculkan paradigma pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Kini sumber belajar tidak hanya dari guru. Dengan kreatifitas guru dalam mengajar, maka anda beberapa sumber belajar yang bisa dimanfaatkan guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.

Berikut ini akan beberapa sumber belajar yang bisa kita manfaatkan, antara lain :

1. Lingkungan
Pembelajaran yang aktif dan kontekstual harus dekan dengan lingkungan siswa. Sumber belajar lingkungan merupakan sumber belajar yang dekat dengan siswa. Anda bisa menggunakan lingkungan sekolah untuk mengajarkan tentang tumbuhan kepada siswa. Siswa akan dengan mudah menemukan dan mengamati contoh tumbuhan, misalnya tumbuhan yang berbatang keras atau yang berbatang lunak. Bila anda berkeinginan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, maka harus anda perhatikan ketersediaan lingkungan sebagai sumber belajar. Jangan sampai informasi yang diharapkan ditemukan siswa pada lingkungan malah tidak ada sama sekali, karena tidak tersedia. Maka dari itu penting untuk menganalisis tujuan pembelajaran yang akan anda lakukan. Setelah itu anda akan memilih lingkungan yang tepat untuk dijadikan sebagai sumber belajar.

2. Narasumber
Sumber belajar berikutnya adalah seorang narasumber. Menggunakan narasumber sebagai sumber belajar tergantung pada tujuan pembelajaran yang anda susun. Bila anda mengiginkan sisw memiliki pengetahuan prosedural tentang cara memberikan pertolongan pada teman yang luka, maka anda bisa menggunakan tenaga medis puskesmas setempat untuk dijadikan sebagai narasumber. Jadi, sekali lagi anda harus menyesuaikan tujuan pembelajaran yang akan anda capai.

3. Buku / Internet
Sumber belajar yang satu ini mungkin sudah sering dilakukan. Penting sekarang bagi anda untuk memberikan rambu-rambu atau petunjuk bagi siswa untuk mencari informasi di dalam buku. Sehingga siswa akan benar-benar membaca buku dengan baik sehingga memperoleh informasi dari buku sebagai sumber belajar.

Intenet merupakan samudra luas yang bertebaran segala jenis informasi didalamnya. Menjadikan internet sebagai sumber belajar memang membutuhkan kehati-hatian dari guru. Sebab kalau tidak didampingi maka siswa akan tersesat kedalam informasi yang tidak valid dan tidak wajar. Untuk itu bila menginginkan internet sebagai sumber belajar, maka guru bisa mensiasati membuat sebuah situs yang kaya akan konten pendidikan. Kemudian siswa secara pribadi mengakses konten tersebut.

4. Museum
Bila anda ingin membelajarkan siswa anda tentang sejarah, maka sesekali anda mengupayakan museum sebagai sumber belajar siswa. Selain siswa dapat mengamati secara langsung peninggalan sejarah, siswa juga akan memiliki sikap bagaimana pentingnya menghargai jasa perjuangan para pahlawan.

Demikian ulasan singkat tentang sumber belajar yang bisa dimanfaatkan guru sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Bila anda kesalahan penulisan dari artikel ini atau kurang lengkap, mohon masukannya dalam komentar dibawah ini. Sekian dan semoga bermanfaat, wasalam !!!

0 Response to "4 Sumber Belajar Yang Bisa Dimanfaatkan Guru Untuk Menunjang Pembelajaran"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel