5 Makanan Sehat Penunjang Gizi Anak

5 Makanan sehat penunjang gizi anak - Makanan sehat merupakan menu makanan yang harus anda sajikan di meja makan keluarga. Beberapa dari kita mungkin masih beranggapan kalau makanan sehat itu sangat mahal. Makanan sehat tidak harus mahal, yang terpenting makanan tersebut mengandung zat penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kabohidrat, protein, lemak, vitemin dan mineral merupakan kandungan zat yang harus ada dalam makanan yang kita kunsumsi setiap hari. Dimana kita bisa temukan kandungan zat tersebut dalam makanan?

Mungkin anda masih ingat ketika anda duduk di bangku sekolah dasar. Bapak/Ibu guru kita sudah memberikan ilmu tentang itu. Nah, kali ini saya akan mengajak kita untuk mengingat kembali tentang zat yang terkandung dalam setiap jenis makanan.

1. Karbohidrat. 
Jenis zat ini merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai penunjang energi bagi tubuh kita. Terdapat dalam nasi, roti, jagung, dan ketela pohon.

2. Protein
Protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun. Ini membantu proses pertumbuhan tubuh. Anda yang memiliki anak di usia pertumbuhan maka sediakan pada menu makanan mereka jenis makanan yang mengandung protein. Apa saja contoh makanan yang mengandung protein? contohnya adalah tempe, tahu, daging, ikan, kerang dan kacang-kacangan.

3. Lemak
zat makanan yang satu ini memiiliki fungsi sebagai penunjang cadangan makanan bagi tubuh. Sehingga kalau tubuh terlambat makan, maka cadangan makanan yang tersimpan di dalam lemak akan digunakan oleh tubuh.

4. Vitamin
Zat makanan yang satu ini tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh tubuh. Namun, sebagai pelengkap gizi, vitamin sangat dianjurkan selalu anda dalam setiap makanan yang akan dikonsumsi anak.Vitamin banyak terdapat pada buah, seperti pisang, apel, jeruk, pepaya, tomat, sayuran, telur, susu, mentega, dan kacang-kacangan.

5. Mineral
Makanan yang anda konsumsi harus ada kandungan mineralnya, sehingga bila anda kekurangan mineral tubuh anda akan terasa lemah. Apa saja contoh kandungan mineral? susu, kacang, ikan laut, sayuran hijau, kol, wortel

Nah, tidak sulit bukan untuk membuat menu makanan sehat setelah anda mengetahui apa saja contoh makanan sehat. Makanan sehat tentu akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi penunjang kesehatan gizi anak. Namun, terkadang karena keseibukan para orang tua terkadang anak tidak memperoleh makanan sehat penunjang kesehatan anak. Anak sering jajan di luar rumah yang kualitas makanan belum terjamin. Seperti jajan di pinggir jalan. Bisa juga jajanan yang dijual di kantin sekolah, kadang juga tidak memberikan gizi yang cukup bagi anak.

Berikut ini akan kami sajikan 5 makanan sehat penunjang gizi anak, bila anda tertarik silahkan terapkan dan berikan yang terbaik untuk anak anda, seperti :

1. Makanan pokok tidak selalu harus dengan nasi
Sajikan makanan sehat kepada anak dengan makanan pokok yang mencukupi. Makanan pokok merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Nah, dengan adanya karbohidrat yang cukup maka anak anda akan semakin sehat. Tetapi, perlu anda ketahui bahwa makanan yang mengandung karbohidrat tidak hanya nasi saja. Jadi penting pula anda memberikan selingan makanan sehat lainnya sebagai pengganti nasi. Misalnya dengan roti, jagung, atau jenis makanan lainnya.


2. Tahu dan Tempe makanan murah namun tidak murahan
Jangan dipandang remah makanan sehat yang satu ini. Tahu dan tempe merupakan jenis makanan yang mudah anda dapatkan di pasar. Makanan sehat ini mengandung banyak protein nabati yang akan membantu anak dalam proses pertumbuhan. Anda pun bisa mengolah makanan tersebut menjadi berbagai jenis makanan menarik lainnya. Mulai dari tempe santan, tempe manis, atau tempe penyet. Namun, anda tidak harus melulu menggunakan tahu tempe sebagai sumber protein bagi anak. Sekali-kali anda harus menggantinya dengan makanan lainnya. Misalnya daging, telor dan ikan. Nah, jadi murah dan tidak sulit bukan untuk membuat makanan sehat?

3. Berikan Buah-buahan yang beragam pada anak
Sehabis makan anda bisa memberikan buah-buahan sebagai pencuci mulut. Jeruk dan pisang saya rasa jenis yang buah yang paling mudah anda temukan. Selain karena mudah diperoleh juga harganya terjangkau. Anda juga bisa memanfaatkan lahan di pekarangan anda untuk menanam jenis buah-buahan. Memberikan buah-buahan kepada anak akan sangat bermanfaat sekali. Sebab buah merupakan sumber vitamin yang  sangat diperlukan oleh tubuh.

4. Minum susu dua kali sehari
sebagai asupan makanan sehat penunjang gizi anak selanjtunya adalah dengan cara memberikan susu dua kali sehari kepada anak anda. Susu bisa diberikan ketika sarapan pagi. Kemudian di malam hari sebelum tidur. Susu sangat bagus untuk melengkapi gizi yang anak anda butuhkan. Sehingga dengan memberikan susu, maka makanan anak anda akan menjadi sempurna dengan pemberian susu.

5. Sayuran yang beragam
Nah, selain mengkonsumsi daging makanan sehat sebagai penunjang gizi anak juga perlu akan serat. Serat banyak diperoleh dari makanan sayuran. Sayuran yang murah dan mudah bisa anda kreasikan sebagai makanan sehat. Misalnya daun singkong, bayam, sawi, kol, wortel dan terong bisa anda peroleh dengan mudah. Jadi, berikan makanan anak anda sayuran sehingga tidak kekurangan serat.

Makanan sehat tidak terlalu sulit untuk anda buat. Dengan memanfaatkan sumber yang ada di sekitar kita. Sehat itu tidak harus mahal, yang penting asupan gizi yang terkandung di dalam makanan. Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang makanan sehat penunjang gizi anak. Selamat menerapkannya dan jangan lupa untuk membagikannya dengan yang lainnya. Selalu kunjungi Riyan Pedia dot com untuk memperoleh artikel menarik lainnya. Wasalam ... !!

0 Response to "5 Makanan Sehat Penunjang Gizi Anak"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel