Aktivitas yang Cocok Dilakukan Saat Kegiatan Tengah Semester Part : II

Sebelumnya saya sudah memposting kegiatan tengah semester part I, dan kini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya. Seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa kegiatan tengah semester merupakan agenda rutin dari sekolah untuk melaksanakannya. Apalagi sekarang ini sudah memasuki bulan September. Tentunya bulan ini adalah bulan paling sibuk bagi para guru di sekolah, salah satunya sekolah dasar. Mengapa? Banyak agenda yang harus sekolah jalankan, beberapa diantaranya Kegiatan Tengah Semestr, Ulangan Tengah Semester dan menyusun rapor tengah semester.

Disamping perlombaan, untuk mengisi aktivitas tengah semester juga dilakukan dengan kegiatan sosial yang bisa memupuk kepekaan siswa akan arti kehidupan sosial. Saya yakin Bapak/Ibu sudah mempersiapkan kegiatan tersebut bagi semua siswanya. Berikut ini akan saya sajikan beberapa kegiatan pilihan yang cocok dilakukan saat kegiatan tengah semester.

1. Aktivitas kerja bakti sekolah
Mungkin sudah setiap kali siswa anda melakukan kegiatan pemberishan di lingkungan sekolah. Akan tetapi pada hari efektif tentunya tidak bisa berjalan dengan maksimal. Sebab siswa harus mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketika memasuki kegiatan tengah semester, anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengajak siswa melakukan kerja bakti di sekolah. Banyak sisi sekolah yang kurang tersentuh, bila anda benar-benar mau untuk memperbaikinya. Misalnya saja kamar kecil di sekolah. Kondisi ruangan yang satu ini kurang mendapat sentuhan. Cobalah anda dan siswa ajak mereka untuk membersihkan bersama ruangan tersebut.

2. Kerja bakti sekitar lingkungan sekolah
Penting bagi anda untuk lebih mendekatkan kepedulian siswa anda untuk mengajak siswa melakukan kegiatan sosial di lingkungan sekitar sekolah. Bisa saja anda mengajak para siswa membersihkan tempat ibadah, saluran air, balai desa dan tempat lainnya yang menurut anda tidak terlalu sulit untuk dijangkau dan mudah mengerjakannya.

3. Berkebun di sekolah
Saya yakin pasti ada lahan sempit yang bisa Anda gunakan untuk kebun sekolah. Mengajak siswa untuk berkebun tentu akan memberikan mereka pengalaman yang berbeda. Selain itu dengan berkebun maka akan menambah pengetahuan mereka tentang pekerjaan dan belajar berwirausaha.

4. Berwisata ketempat bersejarah di daerah setempat. 
Selain perlombaan dan kerja bakti pada kegiatan tengah semester bisa Anda lakukan dengan mengajak siswa berwisata ketempat bersejarah. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada siswa. Mangkin faktor yang perlu Anda pertimbangkan disini adalah biaya akomodasi siswa Anda.

Apa pun pilihan kegiatan yang akan Anda lakukan semua itu pastinya sudah Anda pikirkan sebelumnya. Yang terpenting dalam kegiatan tengah semester adalah memberikan keceriaan sekaligus menumbuhkan karakter dalam diri anak.
Selamat melaksanakan kegiatan tengah semester dalam waktu dekat ini.
Wasalam....

0 Response to "Aktivitas yang Cocok Dilakukan Saat Kegiatan Tengah Semester Part : II"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel