Berapa Lama Kemampuan Siswa Menyerap Pelajaran?

RIYANPEDIA.com - Berapa lama kemampuan siswa menyerap pelajaran -  Dalam kegiatan pembelajaran yang guru lakukan di kelas pastinya sudah teralokasikan waktunya. Mulai dari awal pembelajaran atau pembukaan, memasuki inti pelajaran hingga menutup kegiatan pembelajaran. Semua sudah dialokasikan oleh guru dengan sangat baik, sesuai dengan alokasi waktu perminggu untuk setiap muatan pelajaran. Rata-rata dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk sekolah dasar waktu satu jam pelajaran lamanya adalah 35 menit. Terkadang ada beberapa mata pelajaran yang diajarkan berdurasi 2 jam hingga 3 jam pelajaran. Itu berarti sekitar 70 menit dan 105 menit.

Kemampuan setiap orang untuk menyerap pelajaran tentu akan sangat berbeda tergantung dari tingkat usia, minat, dan kesehatannya. Jelas siswa yang kurang sehat atau kurang minat tidak akan mampu menyerap pelajaran dalam waktu yang lama.

Sebuah studi dilakukan bahwa kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran selama 20 menit. Kalau kita lihat dan bandingkan dengan jumlah jam tatap muka jelas berbeda sekali. Hal itu bukan berarti guru harus mengurangi jam mengajar.

Kemampuan siswa menyerap pelajaran memang sangat terbatas. Selama 20 menit, siswa masih mampu untuk menyerap pelajaran dengan baik. Selebihnya siswa akan cepat bosan bahkan tidak mampu mengingat dengan baik apa yang kita sampaikan.

Mengetahui kondisi seperti itu sering kali guru tidak menyadari hal tersebut. Bahkan guru bisa berbicara selama 50 menit. Mohon maaf, mungkin tidak semua guru demikian. Saya yakin masih banyak guru-guru yang lebih memperhatikan kualitas pembelajaran yang mereka lakukan daripada sekedar menuntaskan materi pelajaran.

Dengan kemampuan siswa menyerap pelajaran yang hanya bertahan selama 20 menit, maka guru harus lebih kreatif dalam memberikan selingan atau ice breaker kepada siswa. Ingat, anda mungkin sering mengikuti diklat , workshop atau sejenisnya. Bila sekian lama narasumber berbicara, saya yakin anda pun akan sedikit bosan. Apalagi siswa anda yang merupakan anak yang masih sangat dekat dengan dunia bermain, tentu anda tidak bisa mengharuskan mereka duduk dan mendengarkan anda selama berjam-jam.

Untuk itu cobalah anda memberikan selingan kapada siswa anda setelah 20 menit berlangsung kegiatan pembelajaran. Mungkin dengan mengajak mereka bernyanyi atau bisa juga dengan game yang memberikan mereka aktivitas gerak tubuh. Dengan cara seperti itu, tubuh akan siap kembali menerima kegiatan selanjutnya. Disamping itu aktivitas fisik dalam ruang lingkup kecil akan mengurangi peluang anak mengantuk dalam menerima pelajaran. Selain itu juga sangat baik bagi kesehatan seperti jantung.

Jadi, atur alokasi waktu mengajar anda. Pilihlah 20 menit pertama untuk memberikan materi pokok kepada siswa. Selanjutnya selingi dengan kegiatan konfirmasi melalui permainan. Bila anda melakukan dengan sunguh-sunguh saya yakin, anda akan menjadi guru yang selalu dikangenin oleh siswanya.

Demikian artikel singkat yang bisa saya bagikan kali ini. Terimakasih atas kunjungan anda di website RIYANPEDIA.com dan nantikan artikel menarik lainnya. Wasalam !!!

0 Response to "Berapa Lama Kemampuan Siswa Menyerap Pelajaran?"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel