Cara Membiasakan Siswa Berbicara Sopan di Sekolah Langsung ke konten utama

Cara Membiasakan Siswa Berbicara Sopan di Sekolah

Cara membiasakan siswa berbicara sopan di sekolah - Memiliki anak yang sopan tentunya merupakan dambaan semua orang tua. Melalui pendidikan di keluarga dan di sekolah, para orang tua menginginkan anaknya menjadi sosok anak yang sopan.

Sopan santun merupakan sebuah tingkah laku yang mampu menyesuaikan dirinya dengan norma dan aturan yang berlaku. Sopan santun sering dikaitkan dengan bagaimana seseorang di dalam berprilaku, berbicara, dalam pergaulan sehari-hari. Sikap sopan santun sering pula di tunjukkan dengan salam, senyum dan sapa.

Siswa sekolah dasar perlu dibelajarkan bagaimana bersikap sopan di sekolah. Cara yang paling mudah dilakukan di sekolah adalah dengan cara pencontohan dan pembiasaan. Berikut ini akan kami sajikan bagaimana membiasakan siswa berbicara yang sopan di sekolah.
Senantiasa berbicara sopan dalam berinteraksi dengan siswa

1. Guru mengajar dan berinterasi dengan siswa dengan bahasa yang sopan
Guru adalah sosok yang di gugu dan ditiru. Untuk itulah sudah seharusnya guru bisa menjadi panutan berbicara sopan di sekolah. Jangan anda sering mengeluarkan celotehan yang bernada mengejek siswa, ketika salah seorang siswa ada yang melakukan kesalahan. Cobalah selalu menggunakan kata yang sopan dalam setiap anda berinteraksi di sekolah. Ingat kata pepatah, guru kencing berdiri, siswa kencing berlari.

2. Segera memperbaiki ketika siswa berkata tidak sopan
Kebiasaan yang sering dilakukan oleh siswa sekolah dasar ketika mereka bermain dengan teman mereka, kemudian terjadilah tindakan salin ejek, satu sama lain. Dengan saling ejek, maka tidak jarang keluar kata-kata kasar dari mulut mereka. Ketika guru menemukan situasi seperti ini, segera perbaiki sikap siswa tersebut. Mungkin dengan jalan menegurnya atau bisa juga dengan memberikan penjelasan kepada anak tersebut bahwa apa yang ia lakukan adalah sebuah tindak ketidak sopanan dalam berbicara. Dan hal itu dilarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Memberikan penghargaan bagi anak yang senantiasa berbicara sopan
Setiap tindakan yang dilakukan siswa di sekolah hendaknya selalu kita hargai. Apalagi tindakan tersebut adalah sebuah sikap sopan santun dalam berbicara. Ketika menemukan siswa yang senantiasa menunjukkan sikap demikian berdasarkan pengamatan yang anda lakukan, maka segera berikan penghargaan kepada siswa tersebut. Penghargaan yang bisa anda berikan kepada siswa, tidak harus berupa materi. Anda bisa menjadikan contoh bagi siswa lainnya. Anda bisa menyampaikan kepada seluruh siswa secara terbuka, bahwa siswa Si A memikiki sikap yang sopan dalam keseharian. Baik ketika bertemu dengan guru, sopan dengan teman dan sopan kepada seluruh tamu yang datang ke sekolah.

Berbicara sopan di sekolah bisa dilakukan oleh siswa apabila mereka senantiasa melihat contoh dan diberikan penyadaran apabila sudah melakukan sebuah kesalahan. Sopan santun dalam hidup sangatlah penting. Kita hidup di dunia ini tidak sendirian, ada banyak masyarakat lain. Dengan sopan santun dalam berbicara kita mampu memberikan penyejukan hati bagi siapa saja yang berinteraksi dengan kita.

Demikian artikel sederhana ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Wasalam dan jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya di RIYANPEDIA.com

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

  1. Keren mas riyan. Hal itu sangat penting, agar etika anak bisa terjaga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Mata Lhoong, etika berbicara kadang kini sudah mulai menurun. Anak-anak kadang karena pergaulan semakin kurang sopan dalam berbicara kepada orang yang labih tua. Terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !