Hargai Setiap Perbedaan yang Ada Pada Diri Mereka

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi diantara makhluk lain ciptaan-Nya. Manusia tumbuh dan berkembang penuh dengan cinta kasih. Di awal kelahirannya kedunia ini, kita manusia lahir dalam sebuah kesamaan. Tidak mampu berbuat apa, hanya bisa menangis, dan tidak membawa apa-apa.

Pada masa perkembangannya bayui yang tumbuh kemudian menjadi balita. Balita yang tumbuh dengan penuh keceriaan dan segala kemampuan yang sudah mampu mereka tunjukkan. Ada yang sudah mampu merangkak, ada pula yang sudah mampu mengambil sesuatu yang sesuai dengan apa yang diminta oleh orang tuanya. Sungguh masa yang sangat luarbiasa.

Menginjak masa sekolah, anak mulai mengenal lingkungan yang lebih luas lagi. Mereka belajar mengenal orang lain. Teman, guru dan lingkungan yang berbeda dari rumah tempat mereka tingal. Dimasa awal sekolah ini banyak perbedaan yang tampak dalam diri anak. Ada anak yang sangat berani untuk bergaul dengan teman baru di sekolahnya, dan ada pula yang sedikit takut ketika mereka ditinggal oleh orang tua mereka. Melihat kondisi demikian, kadang ada beberapa orang tua yang sedikit kesal melihat buah hati mereka demikian. Bahkan ada yang agak marah saat melihat anak mereka yang sudah lama bersekolah di kelas awal, menangis saat ibunya meninggalkan anak tersebut untuk memasak di rumah. Wah, sungguh pemandangan yang membuat hati saya sedikit tersentuh melihat kondisi anak demikian.

Ketika anda mengajar di kelas anda akan menemukan puluhan anak yang memiliki minat dan kemampuan yang berbeda. Mungkin saja anda akan menemukan siswa ketika anda mengajar, mereka akan cepat sekali memahami apa yang anda sampaikan. Disisi lain ada siswa yang sampai berkali-kali anda jelaskan dan berikan contoh tetap saja mereka sulit memahami apa yang anda ajarkan. Apakah anak tersebut memang bohoh? Atau apakah anda yang tidak bisa mengajar dan memberikan pengalaman kepada siswa anda?

Kita tidak bisa menyalahkah begitu saja siswa tersebut. Kita juga tidak harus menghakimi guru yang sudah berusaha memberikan segala upaya agar siswa tersebut mampu berkembang seperti yang lainnya.

Disinilah perbedaan setiap individu aka kita bisa lihat. Semua orang memiliki kemampuan yang berbeda. Semua itu sudah merupakan karunia Tuhan. Akan tetapi, sejauh mana usaha kita yang akan dilakukan untuk mengubah semua itu, maka disanalah akan muncul kerja keras dan mampu merubah semua yang sudah ditakdirkan.

Kemampuan setiap orang selalu anda. Setiap anak sudah dibekali dengan kelebihan dan kekurangan. Ibaratnya sebuah titik hitam di selembar kertas. Untuk apa kita melihat titik hitam itu dan menjadikan itu sebagai sebuah kelemahan. Padahal masih ada lembaran putih yang begitu luasnya.

Inti yang saya maksudkan disini adalah, kita sebagai guru atau orang tua sudah seharusnya melihat kelebihan anak kita dan bukan kekurangannya. memfasilitasi kelebihan yang mereka miliki maka akan menjadikan mereka berjaya dan bisa sejajar dengan anak lainnya yang juga memiliki kelebihan.

Mari kita lebih bijaksana sebagai guru dan orang tua. Hargailah setiap perbedaan yang mereka miliki. Dorong dan fasilitasi kemampuan mereka. Dengan begitu emas yang berkilauan akan tampak dalam diri mereka.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat. (gnr)


0 Response to "Hargai Setiap Perbedaan yang Ada Pada Diri Mereka"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel