Ingin Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas Lebih Greget? Coba Terapkan PAIKEM GEMBROT dalam Pembelajaran Langsung ke konten utama

Ingin Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas Lebih Greget? Coba Terapkan PAIKEM GEMBROT dalam Pembelajaran

Ingin kegiatan belajar mengajar di kelas lebih greget, coba terapkan PIKEM GEMBROT dalam pembelajaran - Selamat berjumpa kembali sahabat setiap situs RIYANPEDIA.com, senang sekali kami bisa kembali hadir ditengah-tengah kegiatan online anda dan menyajikan informasi pendidikan dan pembelajaran.

Yang namanya kegiatan pembelajaran tentunya merupakan kegiatan yang membutuhkan perencanaan, persiapan, peniaian dan tindak lanjut. Semua proses tersebut rutin dilakukan oleh guru dalam setiap kegiatan pembelajaran yang akan dilakukannya.

Terkadang persiapan yang sudah matang kerap kali tidak mampu berjalan dengan baik. Alhasil guru tidak serta merta mampu menuntaskan apa yang menjadi tujuan pembelajaran tersebut. Rasa keengganan untuk merenungkan apa penyebab kekurangan berhasilam tersebut jarang mau dilakukan. Mungkin beberapa guru ada yang melakukan hal tersebut.

Pembelajaran yang menyenangkan dan ramah anak merupakan jawaban untuk menciptakan pembelajaran yang lebih greget. Mungkin anda akan heran mengapa saya mengatakan greget.

Greget disini merupakan kegitan pembelajaran yang lebih semangat. Baik dilihat dari siswa, guru, dan media pembelajarannya. Siswa yang greget dalam belajar menunjukkan sikap yang memiliki keingin tahuan yang tinggi. Mampu menanya, mengamati dan mengomunikasikan apa yang ditanyakan guru. Serta menunjukkan sikap yang haus akan ilmu. Memiliki minat baca yang tinggi merupakan sikap greget dalam belajar siswa.

Nah, kali ini kami menawarkan pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM GEMBROT. Pendekatan ini merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Menyenangkan Gembira Berbobot. Berikut ini akan kami sajikan bagaimana pengertian serta pelaksanaanya di dalam pembelajaran di kelas.

1. Aktif
Dalam pembelajaran dengan PAIKEM GEMBROT anda sebagsi guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan sisww yang aktif. Cara yang terpenting dalam mewujudkan siswa aktif adalah memusatkan semua kegiatan pembelajaran kepada siswa. Jangabn setiap pembelajaran selalu di dominasi guru. Berikan siswa kesempatan mengamati, menanya, dan menyampaikan apa yang mereka temukan dan ketahui. 

Misalnya, ketikan ada siswa yang menanyakan sesuatu tentang materi yang baru dibahas maka jangan anda buru-buru menjawabnya. Berikan kesempatan siswa lain untuk menyampaikan apa yang mereka ketahui. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan atau menggambarkan sesustu misalnya bangun datar atau bangun ruang. Dan masih banyak lagi kegiatan aktif yang bisa anda berikan dalam pembelajaran di kelas. 

2. Inovatif
Pembelajaran yang inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan inovasi dalam setiap pembelajaran yang anda lakukan. 
Artinya disini siswa anda senatiasa dilatih untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dari pengetahuan yang mereka miliki. Misalnya pengetahuan siswa tentang lingkaran. Selanjutnya siswa membuat lingkaran untuk dirangkai menjadi hiasan dinding seperti bentuk cakra misalnya atau bisa juga bentuk lainnya. 

3. Kreatif
Dalam setiap kegiatan pembelajaran yang anda lakukan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah. Disini dalam prakteknya. Mungkjn siswa belajar untuk menjumlahkan suatu bilangan yang  sama secara berulangkali dilakukanlah dengan cara perkalian. 

4. Efektif
Pembelajaran yang anda lakukan harus berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Tidak boros waktu.

5. Menyenangkan
Ciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Ciri siswa yang merasa pembelajaran menyenangkan adalah menunjukkan keasikan mereka di dalam belajar sampai lupa jam istirshat salah satu contohnya.

6. Gembira
Dari  kegiatan yang menyenangkan maka akan tercipta suatu perasaan dan suasana yang bergembira. Maka dari itu disetiap pembelajaran yang Anda lakukan selalu selingi dengan mengajak anak bermain , game, kuis atau menyanyi.

7. Berbobot
Berbobot disini bermaksud agar kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang anda lakukan hendaknya memberikan pengalaman bermakna bagi skswa. Bukan sekedar bermain atau hura-hura.

Demikian art

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar