Jangan Punya Pemikiran Seperti Ini Bila Anda Ingin Menjadi Seorang Penulis Langsung ke konten utama

Jangan Punya Pemikiran Seperti Ini Bila Anda Ingin Menjadi Seorang Penulis

Anda Ingin Menjadi Seorang Penulis - Menulis mungkin bagi sebagai orang bukanlah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Tetapi saya yakin bagi para penulis baik itu pemula maupun profesional, menulis adalah sebuah kesenangan yang tidak terkira. Manakala melihat tulisan yang kita publikasikan dibaca bahkan ada beberapa orang yang senantiasa menantikan tulisan kita.

Bila anda baru berkeinginan untuk menulis saya yakin pasti pernah mengalami kebingungan. Bingung akan apa yang hendak ditulis. Sebuah sikap yang wajar, karena saya juga penah mengalami hal tersebut.

Kalau anda tanya sekarang, apakah saya sudah menjadi penulis yang profesional? Maka saya pun akan menjawabnya, saya masih belajar. Kategori profesional menurut saya adalah membuat karya tulis yang mampu menginspirasi seseorang serta susunan bahasa dalam tulisan sangat rapi, runtut dan padu.

Bila Anda baru menjalani aktivitas menulis, maka hindarkan dari Anda dari pemikiran seperti berikut ini :

1. Berpikir menulis itu sulit
Pemikiran yang belum mencoba sudah mengatakan kalau sesuatu itu sulit sama halnya dengan seorang pengecut. Bagaimana Anda berani berkata kalau menulis itu sulit kalau Anda belum mencoba.  Berpikirlah kalau menulis itu mudah. Tulislah apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Tulis apa yang ada dibenak anda. Jangan berpikir bisa atau tidak. Anggap saja menulis itu seperti Anda ngobrol dengan rekan Anda. Sehingga nantinya tulisan Anda akan menarik untuk dibaca.

2. Jangan berpikir kalau menulis itu membuang waktu
Pengalaman ini saya alami sendiri. Manakala waktu itu istri saya sempat berpikiran kalau aktivitas menulis yang saya lakukan hanya buang waktu saja. Saya tidak menyalahkan istri begitu saja. Wajar, karena ia melihat saya berjam-jam hanya duduk di depan laptop sambil jemari tangan menari-nari di atas keyboard. Ia pun sempat menyeloroh seperti ini " mas, apa sih yang kamu kerjakan. Gak ada kerjaan lain apa buang waktu aja"  istri saya itu memang adalah seorang ibu rumah tangga. Jadi urusan rumah tangga ia lah jagonya.

Bagi mereka yang tidak tahu manfaatnya dari menulis pasti akan melihat kalau menulis hanyalah sebuah kegiatan percuma. Namun, pernahkah anda bertanya berapa uang yang didapatkan seorang penulis buku dari hasil karyanya? Pernahkah anda tahu berapa jasa yang diperoleh dari seorang jurnalis? Pernahkah anda tanya berapa hadiah dari sebuah kejuaraan lomba yang hanya membuat cerita pendek atau bergambar dengan panjang hanya 400 kata?

Semua aktivitas menulis seperti apa yang saya sampaikan di atas semuanya selalu dihargai. Jadi apakah Anda masih berani berpikir kalau menulis itu kegiatan yang membuang waktu?? Buang pemikiran seperti itu jauh-jauh.

3. Menulis itu sekali jadi.
Yang namanya sebuah karya pasti membutuhkan sebuah proses. Sama halnya  dengan patung di taman kota atau di sebuah perempatan jalan. Semua karya tersebut pasti perlu proses agar barhasil dengan baik.

Demikian pula dengan karya tulis. Bila Anda ingin tulisan Anda baik serta mampu memikat hati pembaca. Maka Anda harus selalu mengecek dan mengecek kembali tulisan yang sudah Anda buat.

Jangan hanya sekali tulis langsung Anda publikasikan. Cobalah untuk mengecek kembali tulisan Anda tersebut.

4. Menulis itu harus ilmiah 
Hindarkan pemikiran anda seprti ini.Tidak selamanya menulis itu harus berupa karya ilmiah yang sudah pasti kebenarannya. Anda bisa menulis opini Anda. Atau mungkin pengalaman yang pernah alami. Bisa juga sebuah prosedural di dalam membuat suatu produk.

Apapun yang namanya pemikiran baik pasti akan mendatangkan hasil yang baik pula.  Namun bila Anda sudah memiliki pemikiran untuk bisa.  Maka dengan latihan dan membaca Anda akan mampu menjadi seorang penulis pemula. Yang lambat laun akan berhasil jua.

Demikian artikel singkat ini. Semoga anda manfaatnya bagi kita semua. Nantikan artikel menarik selanjutnya dan nanhan lupa berikan masukan kepada kami sebagai penyempurnaan artikel kami. Wasalam.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar