Kenampakan Alam Daratan Indonesia Langsung ke konten utama

Kenampakan Alam Daratan Indonesia

Kenampakan alam daratan di Indonesia -  Kenampakan alam merupakan penampakan dipermukaan bumi yang terbentuk secara alami. Materi kenampakan alam ini merupakan materi ajar di kelas V sekolah dasar.

Kenampakan alam dapat kita bedakan menjadi dua jenis. Penampakan alam daratan dan menampakan alam perairan. Kenampakan alam daratan di Indonesia ada berbagai macam jenis. Pada kesempatan. Ini akan saya rangkuman materi tentang kenampakan alam daratan.

Penampakan alam daratan di Indonesia sangat memukau sekali. Tentu anda sepakat, kalau Indonesia memang memiliki kenampakan alam yang sangat indah. Keindahan ini membuat alam Indonesia sangat dikenal hingga keseluruh negeri. Sebelum lanjut mengenal kenampakan alam daratan Indonesia ada baiknya kita mengenal kembali apa yang dimaksud dengan daratan.
Kenampakan alam

Daratan adalah bagian permukaan bumi yang tidak digenangi air. Kenampakan alam daratan di Indonesia dapat bedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pegunungan
Menurut Wikipedia Pegunungan atau disebut juga Barisan dan Banjaran merupakan suatu area geografis dengan gunung-gunung yang terkait secara geologis. Di Bumi, pegunungan biasanya terbentuk dari pergerakan lempeng tektonik melalui sederetan proses. Pegunungan juga ditemukan di Planet selain Bumi di Tata Surya dan merupakan bentang alam yang umum dijumpai pada Planet kebumian. Kenampakan alam daratan berupa pegunungan di Indonesia sangat beragam. Anda bisa temukan ada banyak jenis pegunungan, diantaranya :
Pegunungan tinggi KERINCI terletak di provinsi Sumatra Barat

Pegunungan tinggi KARO terletak di provinsi Sumatra Utara
Pegunungan tinggi KAPUAS HULU terletak di provinsi Kalimantan Barat
Pegunungan tinggi JAYAWIJAYA terletak di provinsi Papua
Pegunungan tinggi GAYO terletak di provinsi Aceh
Pegunungan tinggi DIENG terletak di provinsi Jawa Tengah
Pegunungan tinggi CIANJUR terletak di provinsi Jawa Barat
Pegunungan tinggi BUKIT BARISAN terletak di provinsi Bengkulu
Pegunungan tinggi BINGKOKU terletak di provinsi Sulawesi Tenggara
Pegunungan tinggi TENGGER terletak di provinsi Jawa Timur
Pegunungan tinggi TOMONI terletak di provinsi Sulawesi Selatan


2. Gunung
Mungkin sewaktu anda duduk dibangku sekolah sering kali diajak menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung. Yah, gunung memang daratan yang menjulang tinggi. Bila kita naik keatasnya, maka keindahan akan tampak dari atas sana. Pengertian gunung menurut wikipedia dijelaskan bahwa Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclop√¶dia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

3. Dataran rendah
Kenampakan alam daratan berikutnya adalah dataran rendah. Dataran rendah merupakan kenampakan alam daratan dengan hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 m dpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.
Kenampakan alam daratan yang berupa dataran rendah ini paling sering digunakan sebagai tempat pemukiman penduduk dan pertanian.

4. Dataran tinggi
Kenampakan alam daratan dataran tinggi merupakan bentang alam yang memiliki ketinggian sampai dengan 700 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi paling cocok digunakan sebagai tempat perkembunan cengkeh, kopi atau teh.

5. Tanjung
merupakan kenampakan alam daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya. Tanjung yang luas disebut semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.


6. Karts
Kenampakan alam daratan berikut ini Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Karts sering dikenal dengan nama pegunungan kapur.

Demikian ulasan artikel singkat saya kali ini tentang Kenampakan Alam Daratan di Indonesia. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Dan jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya setiap hari di RIYANPEDIA. Wasalam !!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar