Kesibukan Guru Setelah Ulangan Tengah Semester

Kesibukan guru setelah ulangan tengah semester- Memasuki masa-masa pertengahan semester, guru pasti disibukkan dengan yang namanya ulangan tengah semester. Ulangan tengah semester dilaksanakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti tiga bulan proses pembelajaran. Biasanya kompetensi dasar yang diukur oleh guru mencakup setengah dari jumlah kompetensi dalam satu semester.

Sebelum kegiatan ulangan tengah semester berlangsung maka perlu persiapan yang matang. Salah satunya adalah membuat kisi-kisi ulangan tengah semester. Kisi-kisi dibuat sesuai dengan kompetensi yang sudah diselamatkan kepada siswa. Dalam kegiatan ulangan tengah semester biasanya diukur setengah dari jumlah kompetensi dasar yang dibelajarkan dalam satu semester.
Komposisi soal untuk ulangan tengah semester saya rasa mungkin berbeda di tiap sekolah. Menurut saya komposisi yang cukup ideal dalam membuat jumlah soal adalah 25 soal pilihan ganda , 10 soal isian, dan 5 soal uraian.

Mengenai pensekoran dalam ulangan tengah semester, untuk soal pilihan ganda diberikan skor 1, untuk soal isian atau jawaban singkat diberikan skor 2, kemudian untuk soal uraian diberikan skor 3. Sehingga untuk komposisi dengan jumlah seperti yang saya sampaikan, maka skor maksimalnya adalah 60. Jadi nilai maksimal yang diraih oleh siswa adalah ( skor perolehan : skor maksimal x 100 )

Kesibukan guru setelah melaksanakan ulangan tengah semester adalah mengoreksi hasil ulangan siswa. Saran saya di dalam koreksi lebih baik Anda lakukan sendiri dan jangan melibatkan siswa. Dengan Anda mengoreksi sendiri maka Anda akan lebih fokus dalam memberikan penilaian. Kalau Anda melibatkan siswa, Mama usahakan koreksi pilihan gandanya saja. Untuk soal jawaban singkat dan uraian sebaiknya Anda lakukan sendiri.

Setelah koreksi selesai Anda lakukan. Maka segera input nilai tersebut ke dalam daftar nilai. Tempatkan pada daftar nilai, khusus untuk ulangan tengah semester. Nantinya nilai ulangan tengah semester juga anan diperhitungkan dalam menentukan nilai raport siswa. Hal ini khusus untuk kelas yang masih menerapkan kurikulum dengan tingkat satuan pendidikan  ( KTSP)

Nah, buat anda yang masih baru membuat persiapan ulangan tengah semester atau yang sudah mulai melaksanakan ulangan tengah semester , saya ucapkan selamat melaksanakan tugas. Dan jangan lupa setelah selesai maka berbagilah pengalaman anda bersama kami. Wasalam !!!

0 Response to "Kesibukan Guru Setelah Ulangan Tengah Semester"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel