Lemak Tidak Selamanya Jahat Bagi Tubuh

Lemak tidak selamanya jahat bagi tubuh - Ketika anda membaca judul artikel ini mungkin yang akan terlihat dibenak anda bahwa lemak selama ini adalah musuh bagi kesehatan manusia. Penyebab obesitas atau kegemukan tentu merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena timbunan lemak yang berlebihan. Selain itu lemak juga dapat menghambat aliran darah dan kinerja jantung.

Namun, dibalik dari semua itu bukanlah lemak yang menyebabkan itu terjadi. Pengaruh karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Kurang makan sayuran juga berpengaruh dalam kondisi kesehatan tubuh. Kemudian kurang aktivitas olahraga juga bisa menyebabkan timbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Dan satu lagi karena kebiasaan makan jajanan capat saji.

Lemak, tidak hanya jahat bagi tubuh kita. Ada lho beberapa lemak baik yang patut ada dan terpenuhi asupannya dalam tubuh kita. Lemak baik dapat mengurangi berat badan, mencegah penyakit jantung, serta, melancarkan meatbolisme.

Lemak baik ternyata masih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari lemak baik yang kami himpun dari Republika diantaranya adalah sebagai berikut :

Lemak baik dapat mencegah pikun dan demensia
Lemak sehat adalah nutrisi yang sangat penting untuk fungsi otak. Diet kaya lemak sehat dan rendah karbohidrat sangat dianjurkan bagi penderita alzheimer dan demensia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memakan lemak sehat berisiko lebih rendah terkena demensia. Orang yang mengonsumsi ikan memiliki 44 persen kemungkinan penurunan risiko demensia. Begitu pula dengan minyak zaitun dan biji kenari dapat menurunkan risiko demensia hingga 60 persen.

Lemak sehat baik bagi penderita serangan jantung, depresi, autis, trauma 
Otak memerlukan 60 persen lemak dan banyak lemak terbentuk dari omega-3 serta kolesterol. Omega-3 dikenal sangat bagus untuk otak dan sudah menjadi salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Mengonsumsi omega-3 sangat dianjurkan pagi orang-orang yang mengalami cedera otak. Lemak omega-3 membantu meningkatkan aktivitas sel otak, meningkatkan koneksi antara sel otak dan membantu membentuk formasi sel otak baru (neurogenesis).

Lemak sehat dapat mengurangi penyakit inflamasi dan autoimun
Asam lemak omega-3 diketahui sangat baik untuk mengobati penyakit inflamasi dan autoimun. Omega-3 yang terdapat pada minyak ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Asam lemak lainnya yang efektif bagi pencegahan autoimun adalah asam Gamma-linolenat atau GLA.

Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif. Dalam hal colitis, minyak ikan akan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.

Demikian kutipan singkat tentang manfaat lain dari lemak bagi tubuh kita. Semoga atikel ini memberikan sedikit informasi yang bermanfaat bagi kita. Wasalam!!!

0 Response to "Lemak Tidak Selamanya Jahat Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel