Membuat Perpustakaan Lebih Menarik Untuk Dikunjungi Siswa

Membuat perpustakaan lebih menarik untuk dikunjungi siswa - Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang harus ada di semua sekolah, tidak terkecuali pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Perpustakaan menjadi sebuah tempat yang menyediakan beragam referensi yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Seiring dengan budaya literasi yang digalakan oleh pemerintah, maka sudah seharusnya sekolah mengembalikan gairah membaca siswa melalui pembaharuan perpustakaan.

Sekarang ini dibeberapa sekolah yang sudah memiliki perpustakaan masih mengalami kendala di dalam meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan untuk membaca. Hal ini menurut saya mungkin disebabkan dari beberapa faktor. Seperti , kurangnya jam yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan membaca ke perpustakaan, koleksi buku perpustakaan yang kurang, dan bisa juga karena suasana perpustakaan yang kurang nyaman.

Untuk menunjang buku koleksi perpustakaan agar memiliki koleksi yang memadai, tentu diperlukan dukungan dari para pemangku pendidikan. Namun, sekolah juga bisa mensiasati cara membuat agar perpustakaan lebih menarik selain dengan memperbaharui koleksi buku-buku perpustakaan. sehingga akan membuat siswa mau berkunjung dan membaca koleksi buku di perpustakaan. Berikut ini akan kami sajikan beberapa tips yang bisa kawan-kawan coba di sekolah untuk membuat perpustakaan lebih menarik untuk dikunjungi siswa.

1. Menghiasi ruang perpustakaan dengan poster gemar membaca
Siswa sekolah dasar merupakan usia anak yang senang dengan kegiatan meniru atau mencontoh. Dengan memberikan contoh berupa gambar anak yang gemar membaca, maka secara tidak langsung mereka akan terpengaruh akan manfaat yang diperoleh dari kegiatan membaca sehingga akan menyukai aktivitas membaca.

2. Pajang hasil karya tulis siswa
Bila anda ingin perpustakaan anda ramai dikunjungi siswa, maka anda mesti menempatkan hasil karya siswa di perpustakaan. Karya yang bisa dipajang di perpustakaan bisa berupa puisi, cerita pendek, laporan kunjungan atau kliping yang dibuat siswa dengan tema tertentu. Dengan adanya hasil karya tersebut maka siswa akan tertarik untuk membaca hasil karya dari teman-teman mereka.

3. Memberikan ruang khusus selain tempat membaca
Bila kawan-kawan menginginkan perpustakaan lebih menarik untuk dikunjungi siswa, maka buatlah sebuah ruang khusus kepada siswa. Misalnya ruangan untuk berdiskusi, membaca sambil mendengarkan musik, atau ada ruang bermain. Jadi mungkin dirasa cukup nyeleneh, tapi tentu bisa anda pilih mana yang layak untuk dipakai.

Dengan menciptakan ruang perpustakaan tidak hanya sebagai ruang membaca, maka tentunya akan memberikan ketertarikan bagi para pengunjung untuk senantiasa datang kembali keperpustakaan. Memberikan kenyamanan ruang perpustakaan merupakan hal yang patut diperhatikan bagi sekolah. Semoga kedepannya perpustakaan sekolah lebih berfungsi sebagai ruang yang memberikan kesempatan tidak hanya sekedar membaca.

0 Response to "Membuat Perpustakaan Lebih Menarik Untuk Dikunjungi Siswa"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel