Penyebab Anak Malas Belajar

Penyebab anak malas belajar – Apabila ditanya tentu setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang rajin. Salah satunya adalah rajin belajar. Anak  yang sudah memasuki masa sekolah pasti diketemukan malas belajar. Kadang kondisi ini membuat beberapa orang tua dan guru kelimpungan untuk mengatasi keadaan tersebut.

Rasa malas anak untuk belajar itu bisa disebabkan karena faktor dari dalam diri anak itu sendiri dan dari lingkungan. Mengetahui penyebab tersebut akan memberikan peluang bagi anda untuk memperbaiki dan membuat anak anda semakin rajin belajar. Berikut ini akan saya sajikan apa saja penyebab anak malas belajar, antara lain :

PENYEBAB ANAK MALAS BELAJAR FAKTOR DARI DALAM DIRI 

1. Kesehatan
Anak yang sehat dan penuh semangat serta ceria pasti akan memiliki motivasi yang tinggi untuk beraktivitas, salah satunya belajar. Manakala anak anda dalam kondisi yang tidak fit maka akan mengurangi tingkat konsentrasi mereka. Kondisi ini yang menjadi penyebab akan membuat anak anda malas untuk beraktivitas apalagi belajar yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Nah, bila anda ingin anak anda tidak malas belajar maka perhatikan dahulu kondisi kesehatan mereka. Bila sakit atau kurang sehat maka anda jangan meminta mereka untuk belajar, sebab hasilnya akan kurang bagus dan malah bisa membuat sang anak menjadi tambah sakit.

2. Minat yang rendah
Penyebab anak malas belajar selanjutnya yang bersumber dari diri anak itu sendiri adalah minat yang rendah untuk belajar. Minat sangat berpengaruh terhadap kemauan anak untuk melakukan sesuatu. Bila sudah tidak memiliki minat untuk belajar maka akan sulit untuk membuat mereka bisa belajar secara mandiri, bahkan mencari sendiri informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Penyabab anak malas belajar ini sebenarnya bisa anda atasi dengan mensiasati suasana belajar, contoh-contoh bagaimana manfaat dari semangat belajar dan sebuah penghargaan kecil yang diberikan ketika mereka telah berhasil belajar.

3. Tingkat konsentrasi yang rendah
Penyebab anak malas belajar pada faktor dalam diri anak disebabkan karena tingkat konsentrasi anak yang rendah. Bila anak atau siswa anda memiliki kemampuan konsentrasi yang sangat kurang, maka jangan berikan mereka porsi belajar yang lama dan monoton. Terkadang para orang tua kurang memperhatikan penyebab yang satu ini. Kadang karena disebabkan kesibukan, orang tua hanya menyuruh anak belajar saja tanpa memberikan perhatian bagaimana suasana mereka dalam belajar. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menyajikan kegiatan belajar yang menarik atau materi belajar dibuat menjadi lebih menarik dan menantang. Dengan demikian anak akan lebih tergugah untuk mendalami apa yang mereka pelajari.

4. Kemampuan penguasaan materi sebelumnya
Penyebab anak malas belajar selanjutnya adalah kemampuan anak dalam penguasaan materi pelajaran sebelumnya. Anak yang lambat dalam menguasai sebuah kompetensi dalam pelajaran tertentu akan sedikit malas untuk mempelajari materi tersebut. Kondisi ini kadang menjadi penyebab anak akan selalu ketinggalan pelajaran dari teman-temanya. Guru dan para orang tua hendaknya mendampingi dan memberikan pembinaan khusus bagi anak untuk mengulang kembali pelajaran sebelumnya.

PENYEBAB ANAK MALAS BELAJAR FAKTOR DARI LUAR / LINGKUNGAN

Disamping faktor dari dalam diri ada juga faktor dari luar yang bisa menjadi penyebab anak malas belajar. Menurut pengalaman yang saya alami, faktor dari luar yang menyebabkan anak malas belajar adalah sebagai berikut :

1.Kurangnya perhatian dari orang tua
Dengan kondisi ekonimi yang beragam, membuat para orang tua berjuang dengan keras untuk bekerja agar roda perekonomian bisa bejalan. Sering kali orang tua bekerja siang dan malam tanpa peduli waktu dan sampai lupa memperhatikan anak. Kondisi ini lah kadang membuat anak tidak peduli akan kewajibabnya sebagai seorang siswa. Mereka lebih memilih kegiatan yang lebih menyenangkan bagi mereka. Ketika anak sudah bertambah remaja, kondisi ini akan menjadi penyabab anak terjerumus ke dalam kenakalan remaja.

2. Lingkungan yang kurang mendukung
Penyebab anak malas belajar yang satu ini bersumber dari lingkungan yang kurang mendukung, seperti ; kondisi rumah tangga yang hancur, orang tua yang sakit, serta lingkungan yang kena musibah. Kalau seperti itu jelas siswa akan sedikit terganggu untuk belajar.

0 Response to "Penyebab Anak Malas Belajar"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel