Sesuatu yang Kerap Dilupakan Guru Ketika Membuka Pembelajaran Langsung ke konten utama

Sesuatu yang Kerap Dilupakan Guru Ketika Membuka Pembelajaran

Sesuatu yang kerap dilupakan guru ketika membuka pembelajaran - Menjadi seorang guru yang profesional bukanlah suatu hal yang mudah. Semua itu butuh proses dan keuletan dalam belajar. Seorang guru yang profesional tentunya mampu menciptakan sebuah kegiatan belajar yang menyenangkan.

Dalam proses pembelajaran, semua dilakukan dengan perencanaan. Setelah perencanaan barulah penerapan. Dalam penerapannya di kegiatan belajar mengajar, ada tahapan yang harus dilakukan guru. Antara lain : kegiatan pendahuluan , kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Ketika memasuki kegiatan pendahuluan, inilah yang merupakan gerbang awal dam membuka kegiatan pembelajaran. Membuka awal kegiatan pembelajaran, merupakan aspek penting yang harus diperhatikan guru dalam mempersiapkan jiwa siswa supaya siap menerima materi pembelajaran.

Membuka pembelajaran sering kali kurang diperhatikan oleh beberapa guru, padahal membuka pembelajaran merupakan gerbang awal untuk mengantarkan materi pembelajaran kepada siswa.

Ada sesuatu hal yang kerap guru lupakan dalam membuka pembelajaran. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran tidak mampu dicapai dengan optimal. Sesuatu tersebut diantaranya :

1. Menyiapkan secara fisik dan psikis siswa

Mengapa perlu disiapkan secara fisik dan psikis? Hal ini perlu dilakukan supaya perhatian siswa penuh tertuju pada kegiatan pembelajaran. Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis siswa dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan misalnya, menyapa siswa, menanyakan kabar mereka, memuji penampilan mereka, menanyakan kegiatan belajar mereka kemarin, serta perjalanan mereka ke sekolah. Bisa juga guru menyiapkan fisik dengan cara mengatur tempat duduk siswa.


2. Apersepsi sesuai dengan materi yang akan dipelajar

Setiap anda akan membuka pembelajaran maka lakukanlah apersepsi sebelumnya. Apersepsi penting dilakukan karena dengan apersepsi kita akan mampu membuka pengetahuan awal siswa terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari.


3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kebanyakan guru ketika memasuki ruang kelas dan langsung menanyakan PR atau tugas kepada siswa. Kemudian mulai mengajarkan materi baru atau melanjutkan materi sebelumnya. Menyampaikan tujuan pembelajaran ketika membuka pembelajaran adalah sebuah kewajiban bagi seorang guru. Dengan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa, maka akan memberikan gambaran kepada mereka akan kegiatan pembelajaran nanti serta mengetahui apa yang harus mereka kuasai setelah kegiatan pembelajaran selesai.

4. Memaparkan kegiatan yang akan dilakukan siswa saat itu

Sebelum membuka pembelajaran guru sebaiknya menjelaskan apa yang akan dilakukan siswa pada pembelajaran kali ini. Dengan demikian mereka akan lebih bersemangat dalam belajar nanti karena sudah mengetahui apa kegiatan yang akan mereka lakukan.


5 Menyampaikan manfaat materi yang akan dipelajari

Dalam membuka pembelajaran guru juga sebaiknya menyampaikan manfaat materi yang akan dipelajari. Hal ini penting dilakukan diawal pembelajaran. Dengan menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari akan memberikan dorongan dari dalam diri siswa untuk sungghh-sungguh mempelajari materi yang diberikan guru.

Demikian ulasan singkat saya kali ini tentang sesuatu hal yang tidak boleh guru lupakan dalam membuka pembelajaran. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat. Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya di situs RIYANPEDIA . Wasalam !!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar