Ternyata Ini Bisa Dijadikan Pertolongan Pertama Pada Luka

Pertolongan pertama pada luka terbuka dengan batang pisang - Yang namanya luka hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Luka disebabkan karena terjatuh kemudian lecet. Luka karena tersayat saat memotong sayuran. Atau luka karena tergores benda tajam lainnya.

Mengalami luka terbuka seperti itu tentu yang namanya darah pastilah akan mengucur dengan derasnya. Jalan cepat yang anda lakukan pastilah segera membersihkan luka tersebut dengan air bersih. Kemudian mengambilkan kapas, selanjutnya diisi dengan obat merah yang kemudian menempelkannya pada luka, dan diperban dengan rapat. Atau paling tidak anda mengambilkan plaster luka yang segera bisa ditempelkan pada luka terbuka, di tangan, kaki, wajah atau bagian lainnya.  Semua pertolongan pertama tersebut bisa anda lakukan tatkala kita berada di rumah dengan perlengkapan pertolongan pertama yang sudah siap. Lalu bagaimana bila kita sedang berada diluar rumah dengan minim sarana pengobatan.

Bila anda sedang berkemah, atau berada di sebuah tempat di luar rumah. Misalnya sedang memancing di tepi danau, sedang bermain layang-layang di pantai atau di tengah sawah. Berada di tempat-tempat tersebut bisa saja anda mengalami luka. Mungkin tergores pisau yang anda bawa ketika sedang memperbaiki layang-layang. Atau tertusuk pancing yang anda bawa saat memperbaiki pancing yang tersangkut. Nah, semua itu bisa saja terjadi. Kita mungkin selalu menginginkan yang terbaik terjadi kepada kita. Namun, semua bisa terjadi. Karena semua ini kuasa Tuhan.

Nah, bila anda mengalami luka terbuka karena sedang berada di tempat yang sulit mencari obat merah atau sekedar plaster luka untuk menghambat darah yang keluar mengalir. Anda bisa menggunakan bahan atau benda berikut ini sebagai penutup luka terbuka, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Serat batang pisang

Saat anda mengalami luka terbuka dan tidak memiliki plaster yang anda gunakan sebagai penutup luka. Maka anda bisa menggunakan serat batang pisang sebagai pertolongan pertama untuk menutup lupa anda. Caranya mudah sekali. Cukup dengan mengupas pelepah batang bisang, setelah itu anda tinggal mengorek-orek batang bisang yang sudah terkelupas dari pelepahnya tersebut. Anda akan memperoleh serat dari mengorek batang bisang. Serat tersebut bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk menutup luka terbuka yang anda alami. Luka yang bisa anda tutup dengan serat batang pisang ini adalah luka goresan atau sayatan yang tidak terlalu dalam dan lebar.

2. Akar alang-alang

Mungkin sering anda melihat tayang di iklan televisi kalau akar alang-alang ternyata mengandung vitamin C yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Nah, berdasarkan pengalaman yang saya alami sewaktu kecil dulu. Akar alang-alang bisa saya jadikan sebagai pertolongan pertama pada luka terbuka. Caranya cukup mudah, tinggal mengambil alang-alang, kemudian mencuci alang-alang tersebut. Setelah bersih tinggal menghaluskannya hingga lembut. Selanjutnya tinggal menempelkan pada luka terbuka yang anda alami.

3. Daun kaki kuda / pegagan

Nah, berikutnya adalan daun kaki kuda atau pegagan. tanaman yang satu ini saya rasa semua sudah pada tahu. Apalagi selama duduk dibangku sekolah dasar sering sekali guru menjelaskan cara perkambang biakan jenis tanaman ini. Pegagan bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama dalam menutup luka terbuka. Caranya mudah sekaki, tinggal mengambil beberapa helai daun kaki kuda selanjutnya tinggal anda hancurkan bisa dengan cara diulek hingga halus. Setelah itu tinggal menempelkan pada luka.

Semua bahan-bahan tersebut adalah bahan alami sebagai pertolongan pertama. Selanjutnya anda lebih baik membawa ke dokter jika masih berlanjut. Luka goresan atau sayatan kecil bisa sembuh dengan cepat menggunakan bahan-bahan tersebut. Apa yang kami sajikan disini adalah alternatif dalam memberikan pertolongan pertama manakala anda sedang tidak membawa plaster, obat merah dan perban untuk menutup luka.
Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, dan nantikan artikel menarik selanjutnya hanya di Riyan Pedia dot com. Wasalam !!!

0 Response to "Ternyata Ini Bisa Dijadikan Pertolongan Pertama Pada Luka"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel