Tips Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan Langsung ke konten utama

Tips Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Tips cara belajar yang efektif dan menyenangkan - Bagi seorang siswa belajar adalah sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan setip harinya dan jangan sampai dilupakan. Dengan belajar kita bisa membuat diri kita menjadi lebih baik. Belajar pula memberikan bekal bagi kehidupan kita kelak. Lihat saja beberapa anak jalanan yang berharap bisa mengenyam pendidikan dan merasakan bagaimana rasanya belajar setiap pagi bersama teman-teman dalam sebuah kelas dengan suasana yang menyenangkan. Nah, bagi kita yang sudah memperoleh kesempatan bersekolah dan belajar, bersyukurlah. Jangan sia-siakan kesempatan yang sudah diperoleh.

Terkadang belajar tidak berjalan dengan baik. Artinya apa yang anda pelajari tidak bisa diserap dengan baik oleh pikiran. Bahkan terkadang anda tidak bisa bertahan lama untuk belajar, baru sekedar buka buku sudah membosankan, bahkan kalau dipaksanakan membaca, hanya mampu mengingat beberpa kalimat saja. Kondisi ini sangat kurang mendukung bagi anda yang menginginkan belajar berjalan dengan efektif.


Untuk anda yang menginginkan cara belajar yang efektif dan menyenangkan, sehingga apa yang menjadi tujuan anda dalam belajar bisa terwujud dengan baik.

1. Pilih waktu yang tepat untuk belajar
Belajar akan berjalan dengan baik bila waktu yang anda pilih tepat untuk belajar. Jangan sampai anda memilih waktu belajar yang tidak tepat. Misalnya pada waktu jam makan, sampai anda lupa makan. Biasanya kalau saya memilih waktu belajar adalah pada pagi dinihari sekitar jam lima pagi. Karena pada waktu itu suasana masih hening tidak bising oleh keributan keluarga yang berebut untuk memilih chanel televisi. Mungkin bagi anda waktu yang saya sampaikan kurang tepat, tetapi tidak ada salahnya anda mencoba untuk mempraktekkannya.

2. Membuat rangkuman materi dan menempelkan di dinding kamar
Pikiran akan cepat mengingat dan lebih lama ingatnya bila kita sering melihat dan membaca materi tersebut. Nah, dengan membuat rangkuman dan menempelkannya pada dinding kamar, maka anda akan bisa membacanya setiap waktu. Mungkin ketika anda belum bisa tidur, anda bisa membaca rangkuman tersebut hingga nantinya anda telelap. 

3. Memanfaatkan waktu luang untuk membaca
Cara belajar efektif berikutnya adalah dengan memanfaatkan waktu setiap saat. Ketika saya masih menjaga padi di sawah, saya selalu menyempatkan diri untuk membawa beberapa buku sambil membacanya di sawah. Duduk diatas pohon, sambil menjaga padi agar tidak dimakan burung. Bila dikaitkan dengan jaman sekarang ini. Anda bisa menggunakan gadget sebagai pengganti buku. Membaca buku melalui smartphone akan memberikan anda kemudahan. Karena sangat praktis untuk dibawa. 

4. Membuat group sosial media 
Cara belajar efektif dan menyenangkan yang satu ini mungkin akan lebih digunakan oleh siswa yang berada di lingkungan dengan sarana intenet yang memadai. Tidak ada salahnya untuk di coba. Kita bisa lihat bagaimana anak muda sekarang ini sudah begitu pesatnya menggunakan media sosial, seperti facebook. Agar belajar lebih menyenangkan, anda bisa membuat group di sosial media, kemudian belajar bersama disana. Salah satu teman menyampaikan sebuah permasalahan, kemudian ditanggapi bersama. Tentu tidak akan membosankan. Begitu mudah dan menyenangkan.

5. Gunakan gaya belajar yang sesuai
Pilih lah gaya belajar sesuai selera Anda:
jika Anda sedang belajar di sekolah, maka ini terkait dengan metode maupun media pembelajaran yang digunakan oleh Guru. Intinya simak/ikuti secara aktif kegiatan pembelajaran tersebut

jika Anda sedang belajar mandiri di rumah, lakukan sesuka hati, misalnya Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, dan sebagainya

Jadi fokus lah pada proses, bukan produk/hasil. Jika Anda menikmati proses belajar, maka hasil belajar akan lebih Anda nikmati secara abadi.

Demikian tentang Tips Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat !!!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

  1. Mantap mas, cara ini perlu diterapkan oleh anak agar bisa meningkatkan pembelajarannya yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Irman Syamsuar tas kunjungannya.

      Hapus
  2. Baik guru ataupun pembelajar itu sendiri memang harus selalu mncari cara untuk dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Artikel ini sangat bagus, gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mas Ahiday, semoga bermanfaat.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !