Tidak Hanya Sekedar Lancar Membaca Tetapi Juga Pemahaman Isi Buku Langsung ke konten utama

Tidak Hanya Sekedar Lancar Membaca Tetapi Juga Pemahaman Isi Buku

Tidak hanya sekedar lancar membaca tetapi juga pemahaman isi buku - Gerakan literasi melalui membaca buku 15 menit sebelum memulai pelajaran yang dicetuskan oleh menteri pendidikan sebelumnya dikritisi oleh menteri pendidikan Muhadjir Effenfy.

Pak Muhadjir menegaskan bahwa dalam kegiatan membaca buku 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran bukan hanya bertujuan agar siswa lancar membaca.

Guru harus lebih membina siswa dalam memahami isi buku yang telah dibaca. Menurut Pek Menteri, banyak di beberapa sekolah terutama siswa SMA, belum memiliki kemampuan memahami bacaan dengan baik. 

"Saya prihatin melihat kemampuan baca siswa SMA kita. Kemampuannya setara dengan siswa SMP," kata Menteri Muhadjir seperti yang dilangsir dari JPNN (28/10)

Budaya literasi melalui gerakan membaca 15 menit sebelum mulai pelajaran

Menteri Muhadjir juga menyerukan agar para guru lebih gereget dalam mengajar. Jangan hanya memfokuskan pada lancar membaca saja, tetapi bagaimana membuat siswa agar memahami isi buku yang dibaca.

Beliau juga menambahkan bahwa pendidikan selama ini hanya menuntut agar siswa lebih lancar membaca. Kalau kita tanya apa isi buku tersebut, siswa akan kesulitan untuk mengutarakannya.

Jadi, para guru yang sudah mendapat gaji dari mahal dari pemerintah, sudah merupakan kewajiban untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara ini. 

Guru tidak hanya menyuruh siswa untuk membaca selama 15 menit saja, tetapi juga memahami isi bukunya.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

  1. Pada dasarnya tujuan pembelajaran membaca memang agar siswa memahami isi bacaan, menyerap informasi yang ada di dalamnya. Mungkin butuh inovasi dalam metode pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas Rudhy Benjal inovasi dalam menumbuhkan budaya membaca sangat dibutuhkan. Kreativitas guru dan sekolah untuk membuat inovasi tersebut.

      Hapus
  2. Saya setuju bahwa tujuan membaca itu bukan sekedar membaca melainkan proses pemahaman isi bacaan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mas Mohammad Agustiar semoga kita senantiasa menggagas budaya membaca.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !