Cara Melatih Siswa Bertanggung Jawab di Sekolah

Cara melatih siswa bertanggung jawab di Sekolah - Kegiatan belajar yang dilakukan siswa di sekolah tidak hanya sebatas mempelajari pengetahuan semata. Siswa tidak hanya dididik untuk menjadi pribadi yang cakap dalam akademik tetapi unggul dalam sikap sosial dan spiritual.

Salah satu sikap yang dibelajarkan di sekolah adalah belajar bersikap bertanggung jawab.
Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu sikap berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Pentingnya dibelajarkan bertanggung jawab sejak dini akan menjadikan diri anak menjadi sosok yang memiliki integritas yang tinggi. Anak akan memiliki kemampuan berhati-hati dalam bekerja serta menjadikan dirinya sosok yang jujur.

Lalu bagaimana membelajarkan kepada anak tentang sikap bertanggung jawab di sekolah? Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam membina anak agar lebih bertanggung jawab.

Cara ini mungkin bukan cara yang satu-satunya tepat untuk dilaksanakan di semua tempat. Namun, tidak ada salahnya anda mencobanya.

#Mengalami masalah dimana anak sering melalaikan tugas piket di sekolah

Latar belakang saya mencoba untuk membuat sebuah tindakan agar siswa lebih bertanggung jawab lagi dalam melaksanakan tugas di sekolah adalah saat tugas yang saya berikan kepada siswa, sering dilalaikan oleh siswa.

Siswa tidak begitu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Sering kali tugas yang diberikan tidak dilaksanakan dengan maksimal. Masih saja ada anak yang tidak ikut mengambil tugasnya. Padalah saya sudah berulangkali memberikan pengarahan kepada siswa dan selalu memberikan penguatan manakala siswa tersebut mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Namun, tetap saja ditemukan adanya siswa yang tidak bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya.


#Kegiatan yang dilakukan untuk melatih siswa bertanggung jawab dalam kegiatan di sekolah

Sebagai solusi atas masalah tersebut saya pun mencoba beberapa kegiatan kreatif untuk membelajarkan siswa lebih bertanggung jawab. Apa saja itu?

1. Senantiasa memberikan mereka penguatan atas pekerjaan yang telah dilaksanakan
Siswa sekolah dasar merupakan tahapan anak yang masih membutuhkan perhatian yang lebih pada setiap kegiatan yang mereka lakukan.

ketika siswa mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, maka mereka akan lebih berusaha untuk memberikan yang terbaik lagi pada kegiatan berikutnya.

Sama dengan pengalaman saya ini. Ketika satu kelompok berhasil mengerjakan tugas dengan baik dalam pekerjaan piket, maka dengan segera saya pun membanggakan siswa tersebut. Sehingga tumbuh dalam diri mereka perasaan tergugah untuk terus maju.

2. Memberikan contoh kepada siswa untuk senantiasa bertanggung jawab
Guru hendaknya bisa menjadi contoh dalam berdisiplin, misalnya tepat waktu. Siswa tidak akan memiliki disiplin manakala melihat gurunya sendiri juga tidak disiplin. Guru harus menghindari kebiasaan masuk menggunakan jam karet, molor dan selalu terlambat masuk kelas.

3. Memberlakukan peraturan tata tertib yang jelas dan tegas, sehingga mudah untuk diikuti dan mampu menciptakan suasana kondusif untuk belajar

4. Secara konsisten para guru terus mensosialisasikan kepada siswa tentang pentingnya bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas di sekolah.

0 Response to "Cara Melatih Siswa Bertanggung Jawab di Sekolah"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel