Cara Membuat Laporan Pengamatan Siswa Kelas V SD

Cara membuat laporan pengamatan siswa kelas V SD - Laporan pengamatan merupakan hasil dari sebuah kegiatan pengamatan. Bagi siswa sekolah dasar, membuat laporan pengamatan mungkin merupakan sebuah pengalaman yang sedikit sulit untuk melakukannya bagi mereka. Namun, dengan kreatifitas guru untuk membelajarkan siswa membuat laporan pengamatan hal tersebut tentu tidak akan sulit bagi mereka.

Sebelum siswa membuat laporan pengamatan maka ada beberapa hal yang harus dibelajarkan kepada siswa. Hal apa itu? Mengamati. Siswa harus dibelajarkan bagaimana cara mengamati suatu benda, tempat atau sebuah peristiwa. Anda bisa menggunakan ruang kelas sebagai contoh tempat yang akan diamati.

Ketika anda menggunakan ruang kelas sebagai media untuk belajar mengamati, maka tuntunlah siswa untuk belajar mengamati. Ajukan beberapa pertanyaan kepada siswa. Misalnya , “ Apa saja yang terdapat di dalam ruang kelas V  hari ini?  “ Bagaimana kondisi lantai kelas V?”  “ Berapa ada lemari di kelas V dan bagaimana kondisinya?”  “ Apa saja yang terpajang di dinding kelas V”

Tuntunlah siswa untuk bisa mengamati. Sampaikan bahwa di dalam melakukan pengamatan kita harus jujur dan benar-benar menuliskan apa yang dilihat pada waktu mengamati.

Penting pula dibelajarkan kepada siswa sebelum melakukan pengamatan, siswa harus menulis kerangka melakukan pengamatan. Kerangka dalam membuat sebuah pengamatan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Dalam membuat laporan pengamatan, yang dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan hal yang akan diamati.

Bimbing siswa dalam menentukan hal apa yang akan diamati. Misalnya akan mengamati tumbuhan yang ada di halaman sekolah. Jadi, ajaklah siswa anda langsung ke halaman sekolah. Berikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan halaman sekolah.

Selanjutnya setelah menentukan hal yang diamati, maka siswa diajak untuk menentukan kapan waktu pengamanatan. Waktu pengamatan bisa anda tentukan bersama siswa. Atau anda juga bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih sendiri waktu pengamatan.

Hal yang ketiga yang harus diperhatikan dalam membuat laporan pengamatan untuk siswa kelas V adalah dengan memperhatikan tujuan pengamatan. Kembali ke contoh semula melakukan pengamatan tumbuhan di lingkungan sekolah. Tujuan pengamatan yang dilakukan misalnya, mengetahui ciri-ciri dari tanaman bunga mawar.

Setelah menentukan tujuan pengamatan, maka siswa diajak untuk melakukan pengamatan dan menuliskan hasil pengamatan pada lembar pengamatan.

Hasil pengamatan inilah yang akan dituliskan menjadi laporan pengamatan. Untuk laporan pengamatan siswa kelas V, guru bisa melatih siswa  untuk menyusun temuan selama pengamatan dalam bentuk rangkaian cerita yang berisikan temuan hasil pengamatan.

Setelah hasil pengamatan ditulis dengan lengkap. Maka selanjutnya membelajarkan siswa dalam membuat kesimpulan dari pengamatan.

Membelajarkan siswa dalam membuat kesimpulan laporan pengamatan bisa anda lakukan dengan mengajak siswa merenung dan bertanya akan hal-hal apa saja yang menarik dari temuannya tersebut.

Dengan demikian siswa tidak akan kebingungan di dalam membuat laporan pengamatan.

Mengenai contoh laporan pengamatan siswa kelas V SD, secara  selengkapnya akan saya publish nanti setelah ada hasil laporan dari Anak didik saya. Wasalam !!!! (*penulis : Gus Yan )

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Laporan Pengamatan Siswa Kelas V SD "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !